Tips dan Trik

Tanpa Tombol, Cara Screenshot Alternatif Ini Dapat Digunakan di Samsung Galaxy J7 Prime

Cara Screenshot Samsung Galaxy J7 Prime Tanpa Tombol Header

Gadgetren – Screenshot adalah salah satu teknologi yang banyak disisipkan ke dalam perangkat ponsel pintar, termasuk di dalamnya adalah Samsung Galaxy J7 Prime.

Screenshot merupakan metode yang tepat untuk digunakan pengguna ponsel berbagi layar yang dijalankannya. Dengan metode ini, pengguna dapat berbagi cara menggunakan aplikasi, menyimpan sebuah bukti, ataupun menyimpan gambar yang tidak bisa untuk diunduh.

Secara default, Samsung Galaxy J7 Prime memiliki screenshot bawaan yang dapat digunakan dengan menekan kombinasi tombol fisik, yaitu tombol power + tombol home.  Menggunakan kombinasi ini, banyak pengguna Samsung Galaxy J7 Prime takut tombol fisik tersebut akan lebih cepat rusak.

Kira-kira ada atau tidak ya cara melakukan screenshot tanpa perlu menekan tombol fisik tersebut?

Cara Screenshot di Samsung Galaxy J7 Prime Tanpa Tombol

Berbeda dengan cara screenshot bawaan Samsung, yang harus menggunakan tombol, screenshot di Samsung Galaxy J7 Prime dapat dilakukan tanpa menekan tombol fisik dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Salah satu aplikasi yang cukup direkomendasikan adalah Screenshot Easy. Screenshot Easy merupakan aplikasi screenshot buatan Ice Cold Apps yang menawarkan beberapa alternatif screenshot, seperti tombol ikon melayang, ikon di notifikasi, menggoyang perangkat, dan lain sebagainya sebagai pengganti penggunaan tombol fisik.

Dengan menggunakan aplikasi Screenshot Easy ini, pengguna Samsung Galaxy J7 Prime dapat melakukan screenshot tanpa perlu takut tombol fisiknya akan rusak karena terlalu sering ditekan-tekan.

Baca Juga: OPPO F3 dengan Samsung Galaxy J7 Prime, siapa juaranya?

Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menggunakan Screenshot Easy di Samsung Galaxy J7 Prime, sehingga pengguna dapat melakukan screenshot tanpa perlu menekan tombol fisik:

Cara Screenshot Samsung Galaxy J7 Prime Tanpa Tombol dengan Screenshot Easy

  1. Tentu saja seperti kebanyakan tips dan trik dengan bantuan pihak ketiga, pengguna harus menginstal aplikasi Screenshot Easy yang dapat diunduh dengan gratis melalui Google Play Store sebelum dapat menggunakannya
  2. Setelah terinstal, buka aplikasi tersebut, dan tunggu proses deteksi screenshot bawaan Samsung Galaxy J7 Prime
  3. Setelah selesai, pilih metode yang akan digunakan untuk menggantikan kombinasi tombol fisik dalam mengambil screenshot, saya menyarankan menggunakan Overlay Icon (tombol melayang) atau Notification Icon (ikon notifikasi) yang lebih mudah digunakan
  4. Kemudian tekan tombol START CAPTURE
  5. Jika tombol START CAPTURE telah berubah menjadi STOP CAPTURE, pengguna Samsung Galaxy J7 Prime kini dapat melakukan screenshot dengan cara yang dipilih
  6. Pergi ke layar yang ingin ditangkap, kemudian tekan tombol ikon Screenshot Easy yang melayang di layar atau menggunakan metode yang telah dipilih
  7. Tunggu beberapa saat, karena proses pengambilan tangkapan layar sedikit lama dengan menggunakan aplikasi ini
  8. Setelah itu, pengguna dapat mengedit gambar hasil tangkapan layar atau dapat membiarkannya saja

Sekarang pengguna Samsung Galaxy J7 Prime tidak perlu lagi melakukan screenshot dengan menggunakan kombinasi tombol fisiknya, dan takut tombol-tombol tersebut cepat rusak. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar