Smartphone

iPhone X vs Samsung Galaxy Note 8. Manakah Raja Smartphone Flagship?

iPhone X vs Galaxy Note 8 Header

Setelah meluncurkan Galaxy S8 dan Galaxy S8+ di Indonesia,  kini Samsung telah menjual secara pre-order Samsung Galaxy Note 8 yang memiliki dual-camera dan S-Pen ajaib.

Bisa dibilang, smartphone keluarga Galaxy Note sendiri merupakan pelopor dari split-screen yang memungkinkan dua aplikasi dapat berjalan dalam satu layar. Kini Galaxy Note 8 membawa fitur terbaru, spesifikasi hardware dan mumpuni.

Sementara itu, banyak yang bertanya mengenai perbandingan antara iPhone X vs Samsung Galaxy Note 8. Kira-kira menurut Gadgeter, manakah smartphone yang memiliki performa terbaik untuk saat ini?

iPhone X vs Samsung Galaxy Note 8

Spesifikasi Hardware

Apple iPhone X telah dilengkapi dengan prosesor A11 Bionic Hexa-core, RAM 3 GB, dan storage internal dengan pilihan 64 GB atau 256 GB. Sedangkan Samsung Galaxy Note 8 telah dibekali prosesor dengan pilihan Exynos 8895 Octa-core atau Snapadragon 835 Octa-core, RAM 6 GB, dan storage internal dengan pilihan 64 GB, 128 GB, atau 256 GB.

Meskipun terlihat Samsung Galaxy Note 8 memiliki spesifikasi hardware lebih tinggi, namun nyatanya Apple iPhone X dengan chipset A11 Bionic mampu mengalahkan semua smartphone flagship Android, termasuk Samsung Galaxy Note 8 dan OnePlus 5 dengan RAM 8 GB.

Desain dan Layar

Dibandingkan iPhone lainnya, iPhone X memiliki desain yang revolusioner karena menggunakan layar penuh di bagian depannya dan memiliki bezel yang sangat tipis. Sedangkan Samsung Galaxy Note 8 hadir dengan desain ramping dengan layar Infinity Display dengan lengkungan di kedua sisinya, namun berbentuk lebih gagah dibandingkan Galaxy S8.

Kamera

Apple telah melengkapi iPhone X dengan dual-camera utama dengan kombinasi 12 MP dengan aperture f/1.8 wide-angle dan 12 MP dengan aperture f/2.4 telephoto. Selain mampu melakukan 2x optical zoom, dual-camera utama ini mampu menghasilkan foto bokeh dengan instan. Untuk kamera depannya memiliki resolusi 7 MP dengan aperture f/2.2 yang dapat menghasilkan foto selfie dengan baik, bahkan foto selfie bokeh.

Sedangkan Samsung Galaxy Note 8 dilengkapi dual-camera utama dengan kombinasi 12 MP dengan aperture f/1.7 wide-angle dan 12 MP dengan aperture f/2.4 telephoto. Dual-camera utama ini mampu melakukan 2x optical zoom dan menghasilkan foto bokeh dengan mudah. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 8 MP dengan aperture f/1.7 yang sudah dapat mengakomodasi foto selfie maupun wefie dengan bagus.

Fitur Lainnya

iPhone X ini telah dibekali dengan sensor Face ID pemindai wajah, port Lightning, NFC (untuk Apple Pay), Bluetooth 5.0, Wi-Fi, asisten virtual SIRI, dan iOS 11. Sedangkan Samsung Galaxy Note 8 telah dilengkapi dengan NFC, Bluetooth 5.0, Wi-Fi, asisten virtual Bixby, port USB Type-C, sensor fingerprint, face recognition, dan sistem operasi Android 7.0 Nougat yang bisa ditingkatkan hingga Android Oreo.

Harga

iPhone X secara resmi memiliki harga mulai dari US$999 atau sekitar Rp 13 juta di Amerika Serikat. Dikabarkan iPhone X akan memiliki harga Rp 20 juta untuk storage internal 64 GB dan Rp 27 juta untuk storage internal 256 GB ketika hadir di Indonesia. Sementara harga resmi Samsung Galaxy Note 8 dengan storage internal 64 GB di Indonesia hanya mencapai Rp 13 juta untuk paket regular atau Rp 13,5 juta untuk paket produktivitas.

Kesimpulan

Ketika kita melihat performa, spesifikasi hardware, dan efisiensi sistem operai maka Apple iPhone X dapat dinobatkan sebagai juaranya. Namun apabila dari sisi harga, tentu saja Samsung Galaxy Note 8 lebih murah dan memiliki performa yang bisa dibilang kencang.

Leave a Comment