Smartphone

OPPO F5 vs Samsung Galaxy S8. Manakah Smartphone Terbaik?

OPPO F5 vs Samsung Galaxy S8 Header

OPPO baru saja meluncurkan smartphone terbarunya yang bernama F5 di Indonesia. Smartphone yang satu ini dikabarkan memiliki kamera depan yang bagus dan desain yang menarik.

OPPO F5 sendiri hadir dengan varian RAM 6 GB + storage internal 64 GB yang bisa dibilang tinggi untuk keluarga F dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Sementara itu, banyak masyarakat Indonesia yang penasaran apakah smartphone ini mampu disandingkan dengan Samsung Galaxy S8.

Kita ketahui bersama bahwa Samsung Galaxy S8 merupakan smartphone flagship buatany Samsung yang memiliki spesifikasi hardware mumpuni dan fitur yang menarik. Nah, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingannya maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini :

OPPO F5 vs Samsung Galaxy S8

Layar

OPPO F5 telah menggunakan layar penuh 6 inci dengan resolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel), berteknologi IPS, dan aspect ratio 18 : 9 yang memenuhi bagian depannya. Sedangkan Samsung Galaxy S8 telah memiliki layar Super AMOLED 5,8 inci dengan resolusi Quad HD+ (2.960 x 1.440 piksel) dan aspect ratio 18,5:9 yang memenuhi bagian depannya. Tentu saja ukuran layar Samsung Galaxy S8 lebih kecil karena layarnya yang lebih lebar dan memiliki bezel yang lebih tipis.

Kamera

Samsung Galaxy S8 dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 8 MP dan kamera belakang 12 MP dual-pixel yang dapat menghasilkan foto dengan sangat bagus. Sedangkan OPPO F5 telah dibekali dengan kamera depan beresolusi 20 MP dan kamera belakang dengan resolusi 16 MP yang dapat menghasilkan foto dengan bagus. Terlihat OPPO lebih unggul pada kamera depan dan Samsung Galaxy S8 lebih unggul di kamera depan.

Spesifikasi Hardware

OPPO F5 mengusung prosesor MediaTek MT6763T Helio P23 Octa-core berkecepatan 2,5 GHz, RAM dengan pilihan 4 GB atau 6 GB, dan storage internal dengan pilihan 32 GB atau 64 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Sedangkan Samsung Galaxy S8 memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 835 Octa-core berkecepatan 2,35 GHz atau Exynos 8895 Octa-core berkecepatan 2,3 GHz, RAM 4 GB, dan storage internal 64 GB. Terlihat performa Galaxy S8 yang lebih unggul.

Baterai

OPPO F5 dibekali dengan baterai berkapasitas 3.200 mAh. Sedangkan Samsung Galaxy S8 dilengkapi dengan baterai berapasitas 3.000 mAh. Meskipun kapasitas baterainya beda sedikit, namun karena Samsung Galaxy S8 lebih tahan lama daya baterainya.

Fitur Lainnya

OPPO F5 telah dibekali dukungan dua kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE, Face Unlock, sensor fingerprint, kecerdasan buatan pada kamera, port microUSB 2.0, port jack audio 3,5mm, dan bodi berbahan logam.

Sedangkan Samsung Galaxy S8 telah dilengkapi dengan dukungan dua kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE, sensor fingerprint, face recognition, iris scanner, port USB Type-C, NFC, pengukur detak jantung, dan bodi berbahan logam yang dibalut kaca.

Harga

OPPO F5 memiliki harga yang mencapai Rp 4,1 juta untuk varian paling rendah. Sementara Samsung Galaxy S8 dibanderol dengan harga yang mencapai Rp 10,5 juta.
Kesimpulan

Dari sektor performa, kamera belakang, daya tahan baterai, fitur, layar, dan desain yang dimiliki maka Samsung Galaxy S8 juaranya. Namun dari segi harga dan kamera depan maka OPPO F5 bisa menjadi pilihannya.

Leave a Comment