ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Xiaomi Mi A1 vs OPPO F3. Manakah Smartphone RAM 4 GB Terbaik?

Xiaomi Mi A1 vs OPPO F3 Header

Xiaomi merupakan salah satu vendor asal Tiongkok yang kini berhasil menduduki peringkat kelima di Indonesia.

Bisa dibilang salah satu peran besarnya berkat penggemarnya (Mi Fans) yang gencar mempromosikan Xiaomi tanpa dibayar. Selain itu, memang smartphone buatan Xiaomi memiliki spesifikasi hardware yang menarik dengan harga terjangkau.

Bisa dibilang Mi A1 merupakan salah satu smartphone primadona Xiaomi di Indonesia saat ini karena menawarkan chipset Qualcomm Snapdragon 625, dua kamera, dan sistem operasi Android Nougat murni yang dapat ditingkatkan menjadi Android Oreo.

Namun sebagian Gadgeter masih penasaran dengan perbandingan Xiaomi Mi A1 melawan OPPO F3. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran mengenai perbandingan kedua smartphone ini maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini :

Xiaomi Mi A1 vs OPPO F3

Spesifikasi Hardware

Xiaomi Mi A1 telah dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core berkecepatan 2 GHz, RAM 4 GB, dan storage internal 64 GB. Sedangkan Sementara OPPO F3 mempunya prosesor MediaTek MT6750T Octa-core berkecepatan 1,5 GHz, RAM 4 GB, dan penyimpanan internal 64 GB. Terlihat XIaomi Mi A1 lebih unggul dalam hal spesifikasi hardware dan performa.

Layar

Xiaomi Mi A1 memiliki layar dengan lebar 5,5 inci beresolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel), berteknologi IPS LCD, dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3. Sedangkan OPPO F3 memiliki layar dengan lebar 5,5 inci, beresolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel), dan berteknologi IPS LCD.

Kamera

Xiaomi Mi A1 memiliki kamera depan dengan resolusi 5 MP dan dua kamera utama yang memiliki kombinasi 12 MP lensa wide-angle dan 12 MP lensa telephoto. Sedangkan OPPO F3 mempunyai kamera utama beresolusi 13 MP dan dual-camera depan beresolusi 16 MP + 8 MP.

Sayangnya hanya Xiaomi Mi A1 yang bisa menghasilkan foto berefek bokeh (background blur) di bagian belakang. Sedangkan OPPO F3 menggunakan dua kamera depannya untuk menghasilkan foto selfie atau wefie dengan wide-angle maupun efek bokeh.

Baterai

Kapasitas baterai yang dimiliki Xiaomi Mi A1 mencapai 3080 mAh yang diklaim pihak Xiaomi dapat bertahan cukup lama berkat hadirnya prosesor Qualcomm Snapdragon 625 membuat daya tahannya menjadi awet. Sementara OPPO F3 telah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3.200 mAh. Terlihat kapasitas baterai OPPO F3 sedikit lebih besar, namun dari kehematan daya baterai tentu saja Mi A1 juaranya.

Fitur Lainnya

Kedua smartphone ini sama-sama telah mendukung dua slot dengan jaringan 4G-LTE, slot microSD, WiFi, Bluetooth, dan sensor fingeprint. Namun Xiaomi Mi A1 memiliki keunggulan pada port USB Type-C dan IR blaster.

Harga

Xiaomi Mi A1 secara resmi dijual di Indonesia dengan harga yang mencapai Rp 3.099.000 yang hampir sama dengan India. Sementara OPPO F3 dibanderol secara resmi di Indonesia dengan harga yang mencapai Rp 3.499.000.

Kesimpulan

Dari sektor hardware, performa, kamera utama, daya tahan baterai, harga dan fitur maka Xiaomi Mi A1 menjadi juaranya. Namun apabila dilihat dari kamera depan maka OPPO F3 dapat menjadi salah satu pilihannya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar