ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Xiaomi Mi A1 vs ASUS Zenfone 4 Max Pro. Manakah Smartphone Dua Kamera Terbaik?

ASUS Zenfone 4 Max Pro Dual Cam

Baru dijual beberapa minggu di Indonesia, Xiaomi telah mengumumkan bahwa stok dari Mi A1 selalu habis dalam beberapa menit di penjualannya.

Hal ini disebabkan karena harganya yang terjangkau, namun memiliki fitur dan spesifikasi hardware yang menarik. Salah satu fitur andalan Xiaomi Mi A1 terdapat pada dukungan dua kamera utama yang dapat menghasilkan foto bokeh dengan instan serta mampu melakukan 2x optical zoom.

Bisa dibilang era smartphone dua kamera utama ini sudah dimulai dan banyak vendor yang telah meluncurkannya. Selain Xiaomi Mi A1, ternyata banyak orang juga yang penasaran dengan dua kamera yang dimiliki oleh ASUS Zenfone 4 Max Pro.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingan antara Xiaomi Mi A1 dan ASUS Zenfone 4 Max Pro maka dapat melihat informasi yang saya sajikan sebagai berikut ini :

Xiaomi Mi A1 vs ASUS Zenfone 4 Max Pro

Spesifikasi Hardware

Xiaomi Mi A1 telah dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core berkecepatan 2 GHz, RAM 4 GB, dan storage internal 64 GB. Sedangkan ASUS Zenfone 4 Max Pro dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 430 Octa-core berkecepatan 1,4 GHz, RAM 3 GB, dan storage internal 32 GB. Terlihat XIaomi Mi A1 lebih unggul dalam hal spesifikasi hardware dan performa.

Layar

Xiaomi Mi A1 memiliki layar dengan lebar 5,5 inci beresolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel), berteknologi IPS LCD, dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3. Sedangkan ASUS Zenfone 4 Max Pro mempunyai layar 5,5 inci dengan resolusi HD (1.280 x 720 piksel) dan berteknologi IPS LCD.

Kamera

Xiaomi Mi A1 memiliki kamera depan dengan resolusi 5 MP dan dua kamera utama yang memiliki kombinasi 12 MP lensa wide-angle dan 12 MP lensa telephoto. Sementara ASUS Zenfone 4 Max Pro mempunyai kamera depan beresolusi 16 MP dan dua kamera utama yang memiliki kombinasi 16 MP lensa normal dan 5 MP lensa wide-angle.

Sayangnya hanya Xiaomi Mi A1 yang bisa menghasilkan foto berefek bokeh (background blur). Sementara dua kamera utama ASUS Zenfone 4 Max Pro hanya mampu mengambil foto dengan area yang luas saja.

Baterai

Kapasitas baterai yang dimiliki Xiaomi Mi A1 mencapai 3080 mAh yang diklaim pihak Xiaomi dapat bertahan cukup lama berkat hadirnya prosesor Qualcomm Snapdragon 625 membuat daya tahannya menjadi awet. Sementara, ASUS Zenfone 4 Max Pro memiliki baterai berkapasitas 5000 mAh yang dapat bertahan lebih dari 1 hari dalam penggunaan biasa.

Fitur Lainnya

Kedua smartphone ini sama-sama telah mendukung dua slot dengan jaringan 4G-LTE, slot microSD, WiFi, Bluetooth, dan sensor fingeprint. Namun Xiaomi Mi A1 memiliki keunggulan pada port USB Type-C dan IR blaster.

Harga

Xiaomi Mi A1 secara resmi dijual di Indonesia dengan harga yang mencapai Rp 3.099.000 yang hampir sama dengan India. Sementara ASUS Zenfone 4 Max Pro dibanderol dengan harga resmi yang mencapai Rp 2.999.000.

Kesimpulan

Dari sektor hardware, performa, kamera, layar, dan fitur maka Xiaomi Mi A1 menjadi juaranya. Namun apabila dilihat dari daya tahan baterainya maka ASUS Zenfone 4 Max Pro bisa menjadi pilihan yang menarik. Namun lebih menarik Xiaomi Mi A1 karena fitur yang ditawarkan lebih baik dan harganya pun tidak terpaut jauh dari Zenfone 4 Max Pro.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar