Bengkel

Mengapa Smartphone Xiaomi Tidak Mendukung Tema MIUI dari Pihak Ketiga?

Xiaomi Mi A1 Header Indonesia

Biasanya Rabu merupakan hari yang paling ditunggu karena tim Gadgetren akan membahas mengenai artikel pada kategori Bengkel yang biasanya mengulasi solusi maupun tips dan trik untuk menghadapi permasalah yang terjadi terhadap gadget miliki Gadgeter.

Untuk kesempatankali ini, redaksi Gadgetren telah mendapatkan pertanyaan mengenai tema MIUI dari pihak ketiga yang tidak dapat diinstal pada smartphone Xiaomi dan sering muncul peringatan error. Untuk itu, tim Gadgetren akan memberikan alasan dan solusinya.

Pertanyaan :

Kak, mengapa ya tema MIUI dari pihak ketiga tidak bisa didukung smartphone Xiaomi saya?

Jawaban :

Xiaomi merupakan salah satu vendor asal Tiongkok yang menciptakan smartphone berspesifikasi menarik, namun dengan harga terjangkau. Hal ini terlihat dengan hadirnya Redmi 3S, Redmi 4X, Redmi Note 4, Redmi 4A, Redmi Note 5A, dan Mi A1 secara resmi di Indonesia.

Keenam smartphone tersebut bisa dibilang memiliki harga yang bisa dibilang tidak bikin kantong jebol. Bahkan smartphone flagship yang dirilis Xiaomi, seperti Mi 5S maupun Mi 6 memiliki harga yang terjangkau apabila dilihat dari spesifikasi hardware yang ditawarkannya.

Selain itu, smartphone yang dirilis Xiaomi juga memiliki daya tarik pada ROM MIUI yang merupakan sistem operasi hasil modifikasi Xiaomi sendiri yang berbasiskan sistem operasi Android. Bisa dibilang tampilan antarmuka, fitur, dan fungsi pun disesuaikan dengan keinginan dari masukkan penggemar Xiaomi (Mi Fans).

Namun, sebagian Gadgeter yang menggunakan smartphone Xiaomi banyak yang menanyakan mengenai tema pihak ketiga untuk MIUI yang tidak dapat diemplementasikan atau diinstal pada smartphone Xiaomi miliknya.

Alasanya sendiri karena Xiaomi semakin ketat dalam mebatasi akses tema agar tidak disalahgunakan atau mengandung malware terhadap MIUI ke depannya. Dengan kata lain Xiaomi hanya mengizinkan penggunanya untuk mendapatkan tema MIUI melalui Theme Manager yang sudah tersedia pada smartphone Xiaomi.

Padahal kita ketahui bersama bahwa para modifer tema MIUI memiliki desain dan fitur yang menarik. Bahkan biasanya tema MIUI buatan modifer atau pihak ketiga ini suka membaginya di jejaring sosial, situs, atau aplikasi perpesanan agar diketahui banyak orang.

Biasanya ketika kita mengunduh tema MIUI pihak ketiga dari situs tertentu dan akan diterapkan pada smartphone Xiaomi maka akan muncul pesan error yang berbunyi “Themes from third-party sources are not supported error: download|auth rejected 40” atau”Tidak mendukung tema dari sumber pihak ketiga error: download|auth rejected 402”.

Solusi

Namun tenang saja, Gadgeter bisa kok menginstal atau menerapkan tema MIUI dari pihak ketiga. Untuk itu, Gadgeter dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini :

MIUI Theme Editor

  • Pertama, Gadgeter dapat mengunduh atau download aplikasi MIUI Theme Editor dari Google Play Store
  • Setelah terinstal di smartphone Xiaomi maka Gadgeter dapat membuka aplikasi tersebut
  • Pada halaman utama aplikasi MIUI Theme Editor dapat memilih tombol PILIH TEMA (PICK A THEME) apabila tema pihak ketiga telah diimpor ke Theme Manager di smartphone dan mengalami error ketika diinstal atau pilih BROWSE (apabila temanya belum diunduh atau impor dari Internet)
  • Pada kasus ini, saya telah mengimpor tema dan gagal diinstal sehingga memiliki tombol PILIH TEMA (PICK A THEME)
  • Selanjutnya, Gadgeter dapat memilih tombol MULAI (START) dan menunggu proses beberapa saat
  • Setelah proses selesai akan masuk ke halaman Pilih Untuk Edit dan Gadgeter hanya cukup menekan tombol BERIKUTNYA (NEXT)
  • Setelah muncul halaman Tema Ekspor maka Gadgeter dapat langsung menekan tombol SELESAI (DONE)
  • Apabila proses telah selesai maka secara otomatis akan kembali ke halaman utama aplikasi
  • Selanjutnya, Gadgeter dapat membuka Theme Manager MIUI di smartphone Xiaomi dan dapat memilih langsung tema yang telah dedit tadi
  • Kemudian, langsung menekan tombol Apply (Terapkan) pada aplikasi MIUI Theme Manager
  • Terakhir, tema MIUI pihak ketiga dapat diinstal dengan baik di smartphone Xiaomi

Bisa dibilang ini merupakan salah satu cara yang ampuh untuk bisa menerapkan tema MIUI pihak ketiga apabila ditolak oleh smartphone Xiaomi. Semoga artikel penjelasan dan solusi dari Gadgetren ini bermanfaat bagi Gadgeter.

* Jika kamu ingin mengirimkan pertanyaan, bisa dikirimkan via email ke tanya@gadgetren.com. Pertanyaan terpilih akan dijawab di artikel Bengkel setiap hari Rabu.

Tinggalkan Komentar

3 Komentar