Berita

Keren! Qualcomm Snapdragon 845 akan Hadir Untuk Samsung Galaxy S9 dan Xiaomi Mi 7 Pertama Kali

Snapdragon 845 Xiaomi Header

Pada ajang Snapdragon Tech Summit di Huawei, Amerika Serikat, Qualcomm telah meluncurkan chipset flagship terbarunya yang bernama Snapdragon 845.

Chipset yang satu ini akan hadir di berbagai smartphone kelas atas yang hadir di tahun 2017. Dalam presenstasinya, Qualcomm memaparkan bahwa Snapdragon 845 akan memberikan dukungannya terhadap AI (Artificial Intelligence), VR (Virtual Reality), dan AR (Augmented Reality).

ES Jung selaku President dan General Manager of Foundry Business dari Samsung Electronics mengatakan bahwa Snapdragon 845 dibuat di pabrik Samsung. Bisa dibilang Snapdragon 845 menggunakan teknologi proses 10 nm generasi kedua yang merupakan pengembangan dari Snapdragon 835 dengan teknologi proses 10 nm generasi pertama.

Chipset ini juga akan memiliki modem Snapdragon X20 LTE yang memiliki konektivitas jaringan lebih dari 1 Gbps atau disebut Gigabit LTE. Meskipun belum diketahui konfigurasi lengkapnya, namun Snapdragon 845 akan lebih bertenaga dan hemat baterai dibandingkan dengan Snapdragon 835.

Dalam acara ini juga, Lei Jun selaku CEO Xiaomi telah mengonfirmasi bahwa MI 7 akan menjadi smartphone pertama Xiaomi yang menggunakan chipset flagship Qualcomm Snapdragon 845. Tentu saja, Xiaomi akan memanfaatkan beberapa fitur terbaru dari chipset ini agar lebih mengoptimalkan Mi 7.

Sebagai perusahaan yang mengembangkan Snapdragon 845, Samsung akan menyematkan juga chipset ini untuk Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+. Bisa dibilang kedua smartphone ini akan menjadi yang pertama menggunakan Snapdragon 845 di dunia.

Hal ini hampir sama seperti, Qualcomm Snapdragon 835 yang pertama kali hadir di Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+ karena Samsung mempunyai andil dalam mengembangkan chipset kelas atas tersebut.

Menariknya lagi, Qualcomm juga memperkenalkan laptop bersistem operasi Windows 10 dari ASUS dan HP yang pertama kali menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 835 di dunia. Laptop ini sendiri berjenis hybrid 2-in-1 sehingga dapat menjadi tablet juga.

Bahkan ASUS NovaGO yang menggunakan Snapdragon 835 dapat bertahan selama 22 jam dalam pemakaian normal atau 30 hari ketika siaga. Kemungkinan besar, pada tahun 2018 juga akan hadir laptop 2-in-1 dengan chipset Snapdragon 845 lebih awal dibandingkan kehadiran dua laptop ini. Bagaimana menurut Gadgeter? Apakah smartphone dengan Qualcomm Snapdragon 845 layak ditunggu?

[Sumber : Gizmochina]

Leave a Comment