Bengkel Featured

Apakah Langsung Mencabut Flashdrive dari PC atau Laptop, Berbahaya?

Rabu merupakan hari yang paling dinantikan karena kini tim Gadgetren akan membahas mengenai artikel kategori Bengkel dengan ulasan mengenai solusi, tips, dan trik yang dapat dilakukan oleh Gadgeter ketika gadget yang dimilikinya mengalami masalah.

Pada kesempatan kali ini, redaksi Gadgeter telah mendapatkan pertanyaan mengenai bahaya yang akan terjadi apabila mencabut flashdrive langsung tanpa proses Eject. Untuk itu, tim Gadgeter akan memberitahukan dampaknya sebagai berikut ini

Pertanyaan :

Mas, Apakah langsung mencabut Flashdrive dari PC atau laptop akan berbahaya?

Jawaban :

Flashdrive merupakan salah satu penyimpanan data yang kini umum digunakan oleh banyak orang di berbagai negara. Bahkan perangkat yang satu ini lebih banyak digunakan dibandingkan CD-R. CD-RW, DVD-R, maupun DVD-RW.

Salah satu alasan yang menyebabkan Flashdrive populer digunakan untuk saat ini adalah ukurannya yang kecil mudah ditaruh di saku atau digantung. Selain itu, kapasitas penyimpanannya pun besar mulai dari 8 GB hingga 512 GB.

Perangkat yang satu ini juga memiliki kecepatan transfer data yang cepat sehingga akan sangat efektif ketika melakukan pemindahan file berukuran besar. Namun kecepatan ini sendiri tergantung dari jenis yang dikeluarkan oleh produsen karena akan bervariasi dan juga dilihat dari harganya.

Namun masih banyak orang yang masih banyak mencabut Flashdrive langsung tanpa melalui proses Eject padahal akibat akan fatal pada perangkat. Sekilas, ketika Gadgeter mencolok atau menyambungkan Flashdrive maka secara otomatis proses baca tulis data akan dimulai.

Meskipun Flashdrive yang dimiliki oleh Gadgeter tahan banting, namun apabila langsung dicabut ketika sedang terhubung dengan PC atau laptop maka akan langsung rusak karena pada saat sistem sedang menunggu sampai sejumlah proses dipenuhi, seperti mentransfer data ke PC maupun sebaliknya.

Biasanya data pada Flashdrive akan berubah menjadi RAW sehingga dikatakan data corrupt atau rusak. Untuk itu, Gadgeter perlu melakukan proses Eject atau Safely Remove sehingga Flashdrive dapat memberitahukan bahwa tugasnya telah selesai dan Gadgeter bisa mencabutnya dengan aman.

Solusi dengan Eject atau Safely Remove

Flashdrive Safely Remove

Untuk melakukan proses Eject ini bisa dibilang cukup mudah, dimana Gadgeter dapat membuka aplikasi Windows Explorer > klik kanan pada drive yang dibaca FlashDrive > pilih Eject dan nantinya akan muncul notifikasi yang menyatakan FlashDrive dapat dengan aman untuk dicabut.

Selain cara Eject, Gadgeter juga dapat melakukan dengan Safely Remove dengan membuka menu di bagian kanan bawah Taskbar dan memilih menu Safely Remove Hardware and Eject Media > klik FlashDrive yang sedang terhubung dan nantinya akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa FlashDrive sudah aman untuk dicabut.

* Jika kamu ingin mengirimkan pertanyaan, bisa dikirimkan via email ke tanya@gadgetren.com. Pertanyaan terpilih akan dijawab di artikel Bengkel setiap hari Rabu.

Leave a Comment