Berita PC Unik

IdeaCentre Stick 300 – Komputer Mini Berukuran FlashDrive Besutan Lenovo

Lenovo Ideacentre stick 300

Kalau dahulu komputer berukuran besar, kini komputer telah banyak yang berukuran mini bahkan sangat kecil berukuran flashdrive. Beberapa produsen seperti Intel dan Asus telah mengembangkan komputer mini tersebut.

Bisa kita lihat Intel telah mengembangkan Intel Compute Stick dan Asus mengembangkan Asus VivoStick. Nah dalam perkembangannya, Lenovo juga tidak mau ketinggalan kedua produsen tersebut dengan mengembangkan komputer mini yang bernama IdeaCentre Stick 300.

Ideacentre Stick 300 ini memiliki ukuran yang cukup kecil dengan dimensi sebesar 100mm x 38mm x 15mm. Tentunya dengan ukuran sekecil ini memudahkan penggunanya untuk membawa maupun menaruhnya di berbagai tempat ketika bepergian layaknya sebuah flashdrive.

Lenovo Ideacentre stick 300 logo

Untuk dapur pacunya, Lenovo mempercayakan prosesor Intel Atom Z3735F Bay-Trail berkecepatan 1,33 GHz. Dalam mengimbangi kemampuan dari prosesornya ini Lenovo juga menyematkan RAM 2 GB DDR3L-RS. Sementara itu, komputer mini ini memiliki penyimpanan internal sebesar 32 GB.

Dari sisi konektivitasnya, IdeaCentre Stick 300 ini telah dilengkapi dengan Bluetooth 4.0 dan Wi-Fi. Selain itu, tersedia juga 1 port HDMI, 1 port USB 2.0, dan 1 slot pembaca SD Card.

Untuk menggunakan komputer ini penggunanya cukup menghubungkannya dengan monitor maupun televisi melalui port HDMI. Nantinya secara otomatis monitor maupun televisi akan menampilkan tampilan antarmuka layaknya sebuah komputer pada umumnya. Sementara itu, IdeaCentre Stick 300 ini memiliki daya listrik dari kabel yang disambungkan pada port USB 2.0 yang tersedia.

Sistem operasi yang disematkan dalam IdeaCentre Stick 300 ini telah menggunakan Windows 8.1 yang dijanjikan dapat diperbarui hingga Windows 10. Selain itu, tersedia Microsoft Office 365 yang aktif selama satu tahun untuk menunjang aktivitas pekerjaan dari penggunanya.

Untuk harga yang dibanderol pada komputer mini ini di luar negeri adalah sebesar £ 129.99 atau sekitar 2,89 juta Rupiah. Sedangkan untuk kehadirannya di Indonesia belum bisa dipastikan sehingga bagi pembaca yang ingin membelinya harus bersabar terlebih dahulu dan berharap harganya tidak jauh lebih mahal ketika dijual di Indonesia secara resmi.

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Pengguna OnePlus yang suka dengan dunia Gadget dan IT. Sekarang jadi Lead Editor di Gadgetren. Instagram : @awpwebanimator

Leave a Comment