Berita

Youtube Go Rilis di Indonesia – Apa Sih Fungsinya?

Youtube Go apa itu adalah Header

Setelah diakusisi oleh Google pada tahun 2006 silam, Youtube telah menjelma menjadi layanan video streaming yang paling populer digunakan oleh banyak orang.

Bahkan fitur dan layanan yang diberikan oleh Youtube semakin menarik serta canggih. Kini semua orang dapat berbagi videonya di Youtube dan juga bisa meraup keuntungan dari videonya tersebut.

Bisa dibilang memang Youtube menjadi salah satu platform yang banyak dicari orang dalam hal melihat tutorial, iklan, video musik, acara besar, pagelaran musik, film, dan masih banyak lagi. Selain itu, Youtube telah memiliki aplikasi di smartphone bersistem operasi Android dan iOS.

Apa Itu Youtube Go?

Youtube Go adalah aolikasi yang akan lebih memudahkan penggunanya dalam mengakses di perangkat mobile. Bahkan terdapat fitur-fitur menarik yang hadir di aplikasi Youtube, seperti penggunanya dapat melakukan Download video sehingga dapat diakses secara offline di aplikasi Youtube ketika sedang tidak ada akses Internet.

Youtube Go Fitur dan Fungsi

Namun terkadang juga aplikasi Youtube ini sangat sulit diakses ketika koneksi Internet sedang lambat. Untuk itu, Youtube baru saja meluncurkan aplikasi terbarunya di smartphone Android yang bernama Youtube Go.

Awalnya Youtube Go versi beta telah dirilis di Google Play Store pada bulan April 2017 silam, namun kini Youtube telah mengumumkan bahwa aplikasi ini secara resmi telah tersedia di India dan Indonesia.

Apa Fungsinya?

Sekilas, Youtube Go merupakan aplikasi streaming video yang hemat data sehingga bisa dijalankan ketika kecepatan Internet sedang lambat. Untuk mencoba fitur yang dihadirkan dalam aplikasi ini, saya langsung mengunduhnya di Google Play Store.

Setelah aplikasi Youtube Go terinstal di smartphone Android, saya langsung diminta untuk memasukkan nomor telepon untuk memantau teman yang menggunakan aplikasi ini juga. Selanjutnya, saya diminta untuk memasukkan email sebagai akun di Youtube Go ini. Terakhir, saya akan diberikan kode verifikasi melalui SMS dan memasukkan kode tersebut pada tempat yang telah disediakan aplikasi.

Hal yang membedakannya dengan Youtube biasa, aplikasi Youtube Go akan memperlihatkan pilihan kualitas video yang akan ditonton oleh penggunanya mulai dari Basic Quality (144p), Standard Quailty (360p), dan High Quality (480p). Bahkan penggunanya juga akan diberikan pilihan untuk langsung menonton dengan menu Play atau mengunduh videonya dengan menu Download.

Tentu saja apabila video diunduh maka secara otomatis dapat dinikmati juga ketika tidak adanya akses Internet. Fitur menarik lainnya terdapat pada Send dan Receive yang memudahkan sesama pengguna Youtube Go dapat berbagi video unduhannya melalui koneksi Bluetooth serta Wi-Fi Direct.

Tiga hal utama yang ditekankan Youtube pada aplikasi ini terdiri dari kemudahan penggunanya untuk dapat mengakses video Youtube dari seluruh dunia, memungkinkan penggunanya dapat menikmati video Youtube ketika tidak ada koneksi Internet dengan mengunduhnya, dan berbagi video Youtube, dengan teman maupun keluarga.

Nah, bagi kamu yang tertarik menggunakan aplikasi Youtube Go ini maka dapat langsung mengunduhnya di Google Play Store  Sayangnya untuk pengguna iPhone, iPad, dan iPod Touch belum bisa menikmati aplikasi ini.

Leave a Comment