ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

OPPO F5 vs Xiaomi Mi 6. Manakah Smartphone RAM 6 GB Terbaik?

OPPO F5 tigaan header

Kini OPPO telah berhasil menjadi peringkat kedua di Indonesia berkat pemasarannya yang gencar, baik secara offline maupun online.

Baru-baru ini OPPO telah meluncurkan senjatanya barunya yang bernama F5 di Indonesia. Tentu saja, OPPO telah melakukan peningkatan kemampuan selfie dari samrtphone ini. Bahkan fitur-fitur baru telah hadir di dalamnya.

Selanjutnya, ternyata banyak orang yang bertanya-tanya mengenai perbandingan antara OPPO F5 vs Xiaomi Mi 6. Kita ketahui bersama bahwa Mi 6 merupakan smartphone flagship dari Xiaomi yang memiliki spesifikasi hardware mumpuni dan dua kamera utama.

Nah, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingan antara kedua smartphone ini maka dapat melihat informasiinya sebagai berikut ini :

OPPO F5 vs Xiaomi Mi 6

Layar

OPPO F5 dibekali dengan layar 6 inci beresolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya. Sementara Xiaomi Mi 6 dilengkapi dengan layar 5,15 inci beresolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel), berteknologi IPS, dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 4.

Kamera

OPPO F5 mempunyai kamera depan beresolusi 20 MP dengan kecerdasan buatan dan kamera belakang beresolusi 16 MP. Sedangkan Xiaomi Mi 6 memiliki kamera depan beresolusi 8 MP dan dua kamera belakang beresolusi 12 MP. Bisa dibilang kamera depan OPPO F5 lebih unggul, namun dua kamera Mi 6 tidak dapat dipandang remeh.

Spesifikasi Hardware

OPPO F5 mempunyai chipset MediaTek MT6763T Helio P23 Octa-core berkecepatan 2,5 GHz, RAM dengan pilihan 4 GB atau 6 GB, dan storage internal 32 GB atau 64 GB. Sementara itu, Xiaomi Mi 6 mempunyai chipset Qualcomm Snapdragon 835 Octa-core, RAM dengan pilihan 4 GB atau 6 GB, dan storage internal dengan pilihan 64 GB atau 128 GB.

Baterai

OPPO F5 mempunyai baterai berkapasitas 3.200 mAh dan XIaomi Mi 6 memiliki baterai berkapasitas 3.350 mAh. Terlihat Xiaomi Mi 6 memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan OPPO F5.

Fitur Lainnya

Kedua smartphone ini sama-sama telah dibekali dengan dukungan dua kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, sensor fingerprint, dan sistem operasi Android Nougat. Namun Xiaomi Mi 6 mempunyai port USB Type-C, sensor inframerah, dan NFC. Sementara OPPO F5 mempunyai kemampuan Facial Unlock.

Harga

OPPO F5 telah dijual resmi di Indonesia dengan harga yang mencapai Rp 3.999.000 untuk varian RAM 4 GB dan Rp 5.199.000 untuk varian RAM 6 GB. Sedangkan Xiaomi Mi 6 belum resmi di Indonesia, namun memiliki harga US$350 atau sekitar Rp 4,72 jutaan untuk RAM 4 GB dan US$415 atau sekitar Rp 5,6 jutaan untuk varian RAM 6 GB + storage internal 64 GB.

Kesimpulan

Dari sisi spesifikasi hardware, performa, kamera utama, dan fitur maka Xiaomi Mi 6 dapat diunggulkan. Namun dari segi harga, kamera depan, dan keresmian maka OPPO F5 bisa menjadi pilihan Gadgeter.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar