Smartphone

OPPO F5 vs Xiaomi Mi A1. Manakah Smartphone RAM 4 GB Terbaik?

OPPO F5 vs Xiaomi Mi A1 Header

Xiaomi merupakan salah satu vendor asal Cina yang berhasil menjual smartphone buatannya di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Bisa dibilang smartphone yang ditawarkan perusahaan ini memiliki spesifikasi hardware menarik dengan harga terjangkau. Bahkan Xiaomi telah meluncurkan smartphone dua kamera murah yang bernama Xiaomi Mi A1.

Selain itu, Xiaomi Mi A1 sendiri merupakan proyek Android One sehingga bisa dibilang akan mendapatkan sistem operasi Android yang lebih duluan dibandingkan smartphone Android biasa lainnya.

Tak mau ketinggalan, OPPO juga baru saja meluncurkan smartphone terbarunya di Indonesia yang bernama F5. Produk yang satu ini memiliki keunggulan pada kamera depannya yang beresolusi 20 MP dengan kecerdasan buatan dan layar penuh di bagian depannya.

Ternyata masih banyak yang bertanya-tanya mengenai perbandingan antara OPPO F5 vs Xiaomi Mi A1. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini :

OPPO F5 vs Xiaomi Mi A1

Layar

OPPO F5 telah menggunakan layar penuh 6 inci dengan resolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel), berteknologi IPS, aspect ratio 18 : 9, dan memenuhi bagian depannya. Sedangkan Xiaomi Mi A1 mempunyai layar dengan lebar 5,5 inci yang beresolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel), bertknologi IPS, dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3. Terlihat layar OPPO F5 lebih menarik.

Kamera

OPPO F5 telah dibekali dengan kamera depan beresolusi 20 MP dan kamera belakang dengan resolusi 16 MP yang dapat menghasilkan foto dengan bagus. Sedangkan Xiaomi Mi A1 memiliki kamera depan dengan resolusi 5 MP dan dual-camera utama yang memiliki kombinasi 12 MP lensa wide-angle dan 12 MP lensa telephoto. Terlihat OPPO F5 memiliki kamera depan yang unggul dan XIaomi Mi A1 memiliki kamera belakang yang unggul.

Baterai

OPPO F5 dibekali dengan baterai berkapasitas 3.200 mAh. Sementara baterai Xiaomi Mi A1 memiliki kapasitas yang mencapai 3.080 mAh. Terlihat dari kapasitas baterai OPPO F5 menang, namun dari segi daya tahan baterai maka Mi A1 lebih unggul karena memiliki chipset Qualcomm Snapdragon 625 yang hemat dalam konsumsi baterai.

Spesifikasi Hardware

OPPO F5 mengusung prosesor MediaTek MT6763T Helio P23 Octa-core berkecepatan 2,5 GHz, RAM dengan pilihan 4 GB atau 6 GB, dan storage internal dengan pilihan 32 GB atau 64 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Sedangkan Xiaomi Mi A1 telah memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core berkecepatan 2 GHz, RAM 4 GB, dan storage internal 64 GB. Bisa dibilang performa OPPO F5 lebih unggul, namun Snapdragon 625 efisien dalam mengonsumsi energi.

Fitur Lainnya

Kedua smartphone ini sama-sama telah dibekali dengan slot microSD, dukungan dua kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE, sensor fingerprint, Wi-Fi, dan Bluetooth. Namun OPPO F5 memiliki fitur Facial Unlock untuk membuka kunci smartphone dengan menggunakan wajah. Sedangkan Xiaomi Mi A1 memiliki port USB Type-C dan IR Blaster.

Harga

OPPO F5 memiliki harga yang mencapai Rp 4 juta untuk RAM 4 GB dan Rp 5,2 juta untuk RAM 6 GB. Sementara Xiaomi Mi A1 mempunyai harga yang mencapai Rp 3,1 juta. Terlihat Mi A1 telah unggul dalam hal harga.

Kesimpulan

Dari sektor performa, layar, spesifikasi, fitur, kapasitas baterai, dan kamera depan maka OPPO F5 pemenangnya. Sedangkan Xiaomi Mi A1 unggul dalam hal daya tahan baterai, harga, dan dua kamera belakang.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar

  • Kebetulan saya pakai ke 2 gadget ini bersamaan
    Kalau dengan pemakaian yg krg lebih sama , oppo f5 unggul hampir segala sektor dari xiaomi mi a1.
    Oppo lebih gesit , batere jauh lebih awet meskipun selisih sedikit kapasitasnya dari xiaomi. dual sim + micro SD/triple slot, dual WA dan BBM tanpa Harus membuka cloningan nya, fingerprint lebih cepat daripada mi A1 , ada face unlock juga. Dan bbrp fitur lain yg sebenarnya saya gak seberapa memakainya
    Xiaomi unggul dalam kamera belakang . Dan harga nya lebih terjangkau .
    Tapi dengan harga yg di tawarkan saya rasa ke 2 smartphone ini sangat layak beli,tergantung dari budget calon pemakai