Gadget Smartphone

Huawei Nova 2i vs Oppo F5 – Siapa Pemenang Ponsel di Kelas Fotografi?

Huawei Nova 2i vs Oppo F55 Feature fix

Gadgetren – Pasar ponsel kelas menengah saat ini sedang ramai dengan kehadiran dua perangkat baru dari Huawei dan Oppo, yaitu Huawei Nova 2i dan Oppo F5.

Kedua vendor ini telah merilis dua perangkat andalanya tersebut untuk menyasar pengguna yang memiliki hobi fotografi beberapa waktu lalu. Ponsel Oppo F5 hadir lebih dulu di tangan konsumen Indonesia, baru kemudian disusul dengan kedatangan perangkat Huawei Nova 2i.

Hadir dalam kurun waktu yang terpaut sangat dekat, kedua perangkat ini harus saling berhadapan dengan menawarkan kelebihan dan kekurangannya. Baik spesifikasi, maupun harga jualnya, Huawei Nova 2i dan Oppo F5 memiliki hal yang sangat jauh berbeda, meskipun menyasar pengguna yang setipe.

Huawei Nova 2i vs Oppo F5

Performa

Berurusan di kelas yang sama, Huawei Nova 2i dan Oppo F5 memiliki jeroan yang sangat jauh berbeda. Jika perangkat Huawei Nova 2i mengandalkan prosesor miliknya sendiri, yaitu prosesor Huawei Kirin 659, perangkat Oppo F5 lebih mengandalkan prosesor MediaTek Helio P23. Meskipun berbeda, kedua prosesor ini mengusung teknologi prosesor dengan delapan inti.

Untuk mengimbangi prosesornya, Huawei Nova 2i menawarkan RAM berkapasitas 4 GB dengan memori internal yang sangat lega sebesar 64 GB. Sedangkan Oppo F5 menawarkan dua varian perangkat untuk urusan RAM dan memori internal, yaitu kombinasi RAM 3 dengan memori internal 32 GB dan kombinasi RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB.

Untuk menyokong kualitas jeroannya, kedua perangkat ini sama-sama telah dibekali dengan Android Nougat di dalamnya, dengan ROM berbeda. Huawei menawarkan Android Nougat dengan EMUI 5.1, sedangkan Oppo F5 menggunakan ColorOS 3.2.

Kamera

Sebagai ponsel yang mengusung tema fotografi, kedua ponsel besutan Huawei dan Oppo ini memiliki spesifikasi kamera yang cukup menjanjikan. Namun, sedikit berbeda, jika Huawei menyasar kelas fotografi dengan kedua kameranya, Oppo hanya menyasar pengguna fotografi dengan kemampuan kamera selfie-nya.

Huawei membekali teknologi kamera ganda pada kedua kameranya, baik kamera primer maupun sekundernya. Pada bagian kamera sekunder, Huawei Nova 2i mengusung kamera beresolusi 13 MP + 2 MP dengan bukaan rana sebesar f/2.2. Sedangkan kamera belakangnya beresolusi 16 MP + 2 MP dengan bukaan rana sebesar f/2.0.

Berbeda dengan Huawei, Oppo F5 lebih memanjakan penggunanya dengan kamera selfie tunggal, namun beresolusi yang cukup tinggi sebesar 20 MP dengan bukaan rana sebesar f/2.0. Dan pada bagian belakang, Oppo juga menawarkan kamera tunggal dengan resolusi 16 MP dengan bukaan rana f/1.8.

Baterai

Baterai salah satu kriteria yang dapat digunakan untuk memilih ponsel pintar. Untuk menyokong kekuatan prosesor dan hardware lainnya, Huawei Nova 2i dilengkapi dengan baterai 3.340 mAH yang diklaim bisa bertahan selama 20 jam saat digunakan untuk telepon.

Mengusung prosesor yang berbeda dengan Huawei Nova 2i, Oppo F5 dengan prosesor MediaTek dilengkapi dengan kapasitas baterai yang lebih kecil yaitu sebesar 3.200 mAH yang juga dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Layar

Layar yang diusung oleh kedua ponsel ini pun sedikit berbeda. Sama-sama mengusung layar beresolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel) dan aspek rasio 18:9, Huawei Nova 2i dan Oppo F5 memiliki ukuran layar yang berbeda. Jika ponsel yang dikembangkan oleh Huawei tersebut dibekali dengan layar berukuran 5,9 inchi, Oppo F5 memiliki ukuran layar yang lebih besar dengan ukuran layar 6 inchi.

Harga

Menawarkan spesifikasi yang berbeda cukup timpang, kedua perangkat ini memiliki harga yang terpaut relatif cukup dekat. Dengan spesifikasinya yang menawarkan kamera ganda pada kedua kameranya, Huawei Nova 2i dibanderol dengan harga yang lebih murah, yaitu Rp 4 Jutaan dengan bonus senilai Rp 600.000,-.

Sedangkan, Oppo F5 yang mengusung dua varian kombinasi RAM dan memori internal memiliki harga sekitar Rp 4,2 Jutaan untuk versi yang paling rendah, yaitu versi yang mengusung kapasitas RAM sebesar 3 GB dan memori internal 32 GB.

 Bagi saya kedua ponsel ini memiliki daya tarik sendiri-sendiri. Namun, melihat spesifikasi kamera dan harga yang ditawarkan, saya cenderung memilih perangkat Huawei Nova 2i. Perangkat Huawei Nova 2i memiliki spesifikasi yang tak kalah dari Oppo F5, namun memiliki harga yang lebih murah.

Tinggalkan Komentar