Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S8

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S8

Galaxy S8 merupakan salah satu smartphone flagship tersukses Samsung di tahun 2017 ini. Produk yang satu ini memiliki spesifikasi hardware mumpuni, fitur menarik, dan desain yang elegan.

Samsung Galaxy S8 ini menawarkan sesuatu yang baru kepada penggunanya dengan layar bezel-less dan memenuhi bagian depan yang belum pernah ada di smartphone Samsung kelas atas generasi sebelumnya.

Meskipun harganya mahal, namun Samsung Galaxy S8 ini menjadi salah satu smartphone flagship yang pantas dibeli pada tahun 2017 ini. Nah, bagi Gadgeter yang penasaran dengan kelebihan dan kekurangan dari smartphone ini maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini :

Kelebihan

Desain Unik Layar Infinity Display

Smartphone flagship Samsung ini memiliki desain yang berbeda dengan generasi sebelumnya, dimana Galaxy S8 telah menerapkan layar Infinity Display yang memiliki lebar 5,8 inci beresolusi QuadHD+ (2.960x 1.440 piksel), aspek rasio 18,5:9, berteknologi Super AMOLED, dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5, dan lengkung di kedua sisinya sehingga membuat layarnya memenuhi bagian depan smartphone.

Tahan Air dan Debu

Samsung Galaxy S8 sudah dibekali dengan sertifikat IP68 yang membuktikan bahwa smartphone ini telah terhadap debu dan air hingga kedalaman maksimal 1,5 meter dengan waktu yang mencapai 30 menit.

Spesifikasi Hardware Mumpuni

Perangkat yang satu ini telah dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 835 Octa-core atau Exynos 8895 Octa-core, RAM 4 GB, dan storage internal 64 GB yang dapat ditambahkan microSD. Dengan kombinasi hardware ini dapat membuat Galaxy S8 melahap semua game berat maupun multitasking yang banyak.

Kamera Utama 12 MP Dual-Pixel yang Bagus

Meskipun Galaxy S8 tidak mengikuti tren dua kamera saat ini, namun smartphone ini memiliki kamera utama 12 MP dual-pixel yang dapat menghasilkan foto dengan bagus. Bahkan kamera utamanya juga dibekali dengan aperture f/1.7, Phase Detection Autofocus, OIS, dan LED Flash. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 8 MP yang dapat menghasilkan foto selfie dengan baik.

Sensor Biometrik yang Canggih

Produk ini telah dibekali dengan sensor biometrik yang cukup banyak, mulai dari pemindai wajah, pemindai retina mata, pengukur detak jantung, hingga sensor fingerprint yang banyak. Bisa dibilang penggunanya diberikan kemudahan untuk membuka kunci smartphone dengan cepat.

Asisten Virtual Bixby

Pada Galaxy S8 ini telah disematkan asisten virtual Bixby yang terus dikembangkan. Dengan hadirnya Bixby ini dapat memudahkan penggunanya dalam mengakses smartphone setiap harinya. Samsung mengklaim bahwa Bixby dibekali dengan kecerdasan buatan yang akan memberikan kemudahan dari penggunanya.

Bisa menjadi Komputer Desktop

Fitur yang satu ini cukup menarik karena membuat Samsung Galaxy S8 bisa menjadi layaknya komputer desktop dengan menggunakan dock khusus yang bernama Samsung DeX Station. Nantinya Station ini akan menyambungkan tampilan Galaxy S8 ke monitor dan bisa difungsikan layaknya komputer dengan keyboard maupun mouse.

Kekurangan

Slot SIM 2 bersifat Hybrid

Kita ketahui bersama bahwa smartphone dengan dua kartu SIM dengan slot Hybrid merupakan salah satu yang mengganggu karena penggunanya hanya bisa memilih menggunakan dua kartu SIM tanpa microSD atau satu kartu SIM dengan microSD.

Letak Sensor Fingerprint

Bisa dibilang Smasung gagal menyematkan sensor fingerprint di bawah layar sehingga pada mendekati peluncurannya sensor ini dipindahkan ke bagian belakangnya. Sayangnya penempatan sensor fingerprint terlalu dekat dengan kamera sehingga tidak nyaman untuk disentuh karena suka salah menyentuh kamera utama.

Baterai Tidak Dapat Dilepas

Bisa dibilang smartphone flagship masa kini memiliki baterai tidak dapat dilepas karena biasanya produsen percaya bahwa baterainya akan awet. Namun apabila baterainya rusak atau sudah aus maka untuk menggantinya harus langsung dilakukan di service center dan tidak bisa sendiri.

Harganya Mahal

Harga resmi yang dibanderol pada Samsung Galaxy S8 ini di Indonesia bisa dibilang mahal karena mencapai Rp 10.499.000. Bagi kalian yang memiliki budget lebih mungkin bisa jadi pertimbangan, namun kalau Gadgeter memiliki budget yang pas-pasan sebaiknya membeli smartphone yang lebih ekonomis.

Leave a Comment