Tips dan Trik

Cara Download Video di Facebook Untuk Ditonton Nanti

Cara download Video di Facebook Banner[Sumber: Pixabay]

Gadgetren – Selain banyak hoax-nya, Facebook merupakan salah satu media sosial yang memiliki banyak konten menarik di platform-nya.

Dikenalkan ke masyarakat luas pada tahun 2006, Facebook saat ini menjadi media sosial yang memiliki cukup banyak peminat. Tak mengenal usia, batasan kelas, setiap orang yang memiliki email atau nomor telepon genggam dapat mendaftar secara gratis di platform ini.

Pada awalnya, Mark Zuckerberg mengenalkan Facebook sebagai buku kumpulan mahasiswa tempatnya menimba ilmu, yaitu Harvard University. Namun untuk membuat direktori foto dan informasi dasar mahasiswa, Mark meretas jaringan komputer Harvard dan mengambil data pribadi mahasiswa.

Terlepas dari cara yang kurang tepat ini, Facebook pada akhirnya dapat menjadi perusahaan teknologi yang sangat besar. Sempat mengakuisi Instagram dan Whatsapp, Facebook mampu menunjukkan bahwa perusahaan tersebut tak dapat diragukan sepak terjangnya.

Tak hanya sekedar untuk bersosialisasi, Facebook menyediakan berbagai macam aplikasi dan game di dalam platform-nya. Facebook memiliki toko aplikasi sendiri, sehingga kita tidak harus mencari aplikasi tersebut melalui pihak ketiga. Aplikasi ini pun tidak memerlukan proses instalasi, karena pada dasarnya game atau aplikasi yang ditawarkan merupakan aplikasi berbasis web.

Jejaring sosial raksasa ini juga memiliki banyak sekali pengguna aktif tiap bulannya. Hal ini menyebabkan banyak bermunculan konten yang menarik di dalam media sosial ini. Tidak hanya konten berupa teks, konten-konten dalam format gambar dan video menjadi dua konten yang dapat mempercantik beranda (sebutan untuk laman utama Facebook).

Baca Juga: Lupa kata sandi dan ingin hapus akun Facebook? Ini caranya loh

Bahkan tidak jarang konten berformat video atau gambar tersebut lebih menarik ketimbang konten yang hanya berwujud teks. Oleh karenanya, sebagian dari kita tentu kadang kala berkeinginan untuk menyimpannya, agar dapat dinikmati kembali tanpa menggunakan kuota.

Jika Anda adalah pengguna Facebook sekaligus pengguna Android, berikut ini cara mudah mendownload video dari Facebook:

Cara download video di Facebook dengan Google Chrome Android

Google Chrome biasanya telah menjadi aplikasi bawaan yang ditawarkan oleh perangkat Android, namun jika perangkat Anda belum memiliki aplikasi peramban ini, Anda dapat mengunduhnya secara gratis di Google Play Store.

Meskipun aplikasi Facebook telah dikembangkan sendiri, namun Google Chrome menawarkan cara download video yang sangat mudah tanpa perlu tambahan aplikasi pihak ketiga. Caranya pun cukup ringkas.

  1. Pertama-tama buka Facebook.com melalui Google Chrome
  2. Login menggunakan akun yang dimiliki
  3. Jika telah berhasil, cari video yang ingin disimpan secara offline
  4. Setelah ketemu, tekan dan tahan pada video sampai muncul opsi Download Video
  5. Klik pilihan Download Video

Secara otomatis peramban besutan Google ini akan mendownload video dari Facebook tersebut. Namun jika pilihan ini tidak muncul, atau Anda mengalami beberapa kendala, coba pastikan aplikasi Google Chrome yang terinstall merupakan Chrome dengan versi terbaru. Jika belum, maka Anda dapat mengunduhnya terlebih dulu.

Baca Juga: Cara agar video Facebook berhenti dan tidak tampil otomatis

Tinggalkan Komentar