Gadget Smartphone

Oppo F5 vs Vivo V7 Plus – Siapa Pemilik Kamera Selfie Terbaik di Kelas Menengah?

Oppo F5 vs Vivo V7 Plus Header

Gadgetren – Kalau ngomongin gadget baru, Oppo dan Vivo selalu memiliki produk yang bisa diadu. Kalau Oppo punya F5, maka Vivo pun punya v7+ yang bisa dikomparasikan.

“Sedarah tapi beda kubu”. Mungkin kalimat itu bisa menggambarkan kakak-adik Oppo dan Vivo. Masih satu payung dibawah BBK Electronics, namun dua vendor ponsel ini selalu bersaing mengamankan pelanggan yang tak jarang di kelas yang sama.

Dalam kasus ini pun juga, Oppo F5 merupakan produk yang akan bersaing dengan Vivo v7+ di kelas menengah. Lalu apakah keduanya punya spesifikasi yang sama? Tentu saja berbeda. Setiap ponsel, baik dari Oppo maupun Vivo, memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Oppo f5 merupakan ponsel baru yang baru saja kenalkan di negara tetangga, Filipina. Perangkat ini dijual dengan kisaran harga Rp 4,2 jutaan untuk tipe terendah di Filipina. Sementara itu, lawan tandingnya, Vivo v7+ sudah dirilis di Indonesia dengan banderol harga yang sedikit lebih mahal, yaitu kisaran Rp 4,6 jutaan.

Performa

Menilik jeroan yang digunakan, kedua ponsel ini memiliki spesifikasi yang sangat kontras berbeda. Jika Vivo v7+ mengusung prosesor besutan Snapdragon, Oppo menawarkan prosesor dari MediaTek.

Perangkat besutan Oppo dibekali dengan prosesor MediaTek Helio P23 Octa-core, diduetkan kapasitas RAM yang divariasi menjadi dua, yaitu 4 GB dan 6 GB. Sedangkan perangkat Vivo v7+ menggunakan Snapdragon 450 yang diklaim irit baterai, dipasang bersaman dengan RAM berkapasitas 4 GB.

Perangkat Oppo F5 juga memiliki dua varian kapasitas memori internal, 32 GB untuk tipe berkapasitas RAM 4 GB dan 64 GB untuk tipe RAM 6 GB. Di sisi ini, perangkat Vivo v7+ hanya menawarkan satu tipe dengan kapasitas sebesar 64 GB.

Kamera

Tahun 2017 merupakan tahun dimana ponsel-ponsel di kelas menengah beradu kamera selfie. Termasuk dua jagoan yang sedang kita adu kali ini. Kedua perangkat yang kita bandingkan ini memiliki kamera selfie yang resolusinya lebih besar dari kebanyakan ponsel lama yang beredar di pasaran.

Sama-sama mengusung kamera tunggal, namun Oppo mengusung kamera depan beresolusi 20 MP dengan bukaan aperture f/2.0 ditambah dengan kercedasan buatan untuk kamera. Di kubu Vivo v7+, pengguna akan dimanjakan dengan resolusi yang lebih tinggi dari kubu Oppo, yaitu sebesar 24 MP, dengan aperture berukuran sama.

Dengan kualitas masing-masing kameranya, kedua perangkat ini sama-sama mampu menghasilkan foto selfie bokeh, yaitu foto kekinian dengan pemandangan dibelakang blur.

Untuk kamera belakangnya, Vivo v7+ dan Oppo F5 menggunakan kamera beresolusi sama 16 MP. Namun, kedua perangkat ini memiliki aperture berbeda, Oppo memiliki bukaan lensa 1/1.8 dan Vivo hanya memiliki bukaan lensa 1/2.0.

Baterai

Untuk urusan baterai, kedua perangkat ini memiliki perbedaan yang tidak terlalu besar. Oppo F5 yang mengusung MediaTek Helio P23 dilengkapi dengan baterai 3.200 mAh untuk menunjang performanya. Berbeda sedikit, Vivo v7+ yang menggunakan prosesor seri Snapdragon 450 mengusung baterai yang lebih besar dengan kapasitas 3.225 mAh.

Layar

Layar menjadi perbedaan yang cukup kentara antara dua ponsel ini. Oppo F5 memiliki layar dengan ukuran 6 inchi, resolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel) dan aspect ratio 18:9. Sedangkan penantangnya, Vivo v7+, memiliki layar dengan ukuran 5,99 inci, beresolusi HD+ (1.440 x 720 piksel) dan aspect ratio 18 :9.

Nilai plusnya, Vivo v7+ telah memiliki layar dengan perlindungan kaca anti gores Corning Gorilla Glass 4, sedangkan Oppo sama sekali tidak menawarkan perlindungan anti gores ini.

Fitur Lain

Untuk menjalankan sistemnya, Oppo F5 menggunakan ColorOS 3.2 yang berjalan di atas Android 7.1.2 Nougat, sedangkan Vivo v7+ menggunakan Funtouch OS 3.2 yang berbasis sistem operasi Android 7.1 Nougat.

Selain itu, Oppo F5 dan Vivo v7+ sama-sama menawarkan sensor pemindai sidik jari, accelerometer, proximity, dan compass. Namun, hanya Vivo v7+ yang menawarkan sensor gyro dan hanya Oppo F5 saja yang menawarkan fitur fast charging.

Melihat beberapa data di atas, menurut saya Vivo v7+ memiliki spesifikasi yang cenderung lebih komplit dan gahar, seperti sensor dan kamera selfienya, melihat harga tawar yang hanya terpaut Rp 500 ribuan.

Leave a Comment