Tips dan Trik

Cara Aktivasi Kartu Smartfren Prabayar di Smartphone dan Modem

Gambar Cara Aktivasi Smartfren[Sumber: PublicDomainPicture]

Gadgetren – Setiap kartu perdana baru membutuhkan proses aktivasi sebelum digunakan, termasuk kartu perdana Smartfren. Akan tetapi, tidak semua orang dapat melakukan proses aktivasi tersebut. Berikut ini cara aktivasi kartu Smartfren.

Smartfren merupakan salah satu penyedia layanan telekomunikasi yang cukup lama menanamkan basisnya di Indonesia. Mengusung jaringan berbasis CDMA (Code division multiple access) pada awalnya, Smartfren mampu menjadi salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi yang mampu bertahan di Indonesia.

Kalau operator lain menawarkan jaringan 3G pada generasi sebelumnya, Smartfren satu-satunya perusahaan telekomunikasi yang berani menawarkan jaringan yang setara menggunakan jaringan mobile broadband EV-DO, yaitu jaringan sepadan 3G yang mengusung teknologi CDMA.

Namun, tak banyak pengembang perangkat mobile yang turut serta menggunakan teknologi CDMA dalam mengembangkan perangkatnya. Kebanyakan ponsel yang beredar di pasaran merupakan ponsel-ponsel yang menggunakan teknologi 3G untuk mendukung jaringannya.

Oleh karena itu, Smartfren bekerja sama dengan beberapa vendor pengembang perangkat mobile dan merilis produk Andromax series andalannya. Produk-produk Andromax dijual dengan harga yang cukup murah pastinya, namun jangan tanya soal biaya operasional yang harus dikeluarkan.

Hadir dengan teknologi generasi keempat teknologi mobile-internet, Kartu Operator Smartfren kini sudah dapat digunakan di perangkat ponsel GSM pada jaringan 4G-nya. Untuk menggunakan operator ini, Gadgeter tidak perlu lagi membeli perangkat berbasis jaringan CDMA.

Menurut saya, jaringan 4G Smartfren merupakan salah satu jaringan yang dapat diandalkan. Beranjak dari teknologi CDMA, jaringan 4G Smartfren memiliki jaringan yang cukup luas dan konektivitas yang stabil. Hal ini didukung dengan adanya fakta bahwa Smartfren memiliki FDD (Frequency Division Duplex) lebih luas dan TDD(Time Division Duplex) yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan operator lain.

Cara menggunakan kartu Smartfren 4G sama dengan menggunakan kartu lain pada umumnya. Gadgeter harus melakukan aktivasi terlebih dulu, sebelum menggunakan kartu Smartfren 4G.

Cara Aktivasi Kartu Smartfren

Sebagai upaya mendukung program pemerintah untuk mengurangi penyalahgunaan kartu baru, Smartfren pun ikut menggalakan registrasi data untuk penggunaan kartu Smartfren. Registrasi ini dapat dilakukan secara langsung di Galeri Smartfren, atau dapat dilakukan mengikuti petunjuk cara aktivasi kartu smartfren berikut ini:

  1. Buka laman https://my.smartfren.com/prepaid_reg.php
  2. Isi lengkap formulir yang tertera
  3. Jika Gadgeter memerlukan nomor PUK, nomor PUK dapat dilihat pada bagian belakang kartu SIM
  4. Jika Gadgeter memerlukan nomor kode aktivasi (Gadgeter yang menggunakan perangkat Smartfren), kode aktivasi dapat dilihat pada bagian stiker box perangkat Smartfren
  5. Jika sudah terisi seluruhnya, klik tombol Lanjut
  6. Setelah itu, cek Email untuk mendapatkan verifikasi email

Jika Gadgeter masih kesulitan dalam melakukan aktivasi kartu secara mandiri, sebaiknya Gadgeter datang langsung ke Galeri Smartfren terdekat. Adapun daftar galeri terdekat dapat dilihat pada tautan berikut ini.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar