Berita Smartphone

OPPO, Vivo, dan OnePlus Buatan Mana?

OPPO, Vivo, dan OnePlus Buatan Mana Header

OPPO merupakan salah satu perusahan smartphone asal Tiongkok yang berhasil menduduki peringkat 4 di dunia, peringkat 2 di Tiongkok, dan peringkat 2 di Indonesia.

Sebenarnya OPPO juga memproduksi produk lainnya, seperti pemutar media portabel, MP3 player, LCD-TV, eBook, dan pemutar DVD/Blu-Ray. Bahkan banyak yang beranggapan OPPO buatan Amerika Serikat padahal didirikan pada tahun 2004 di Tiongkok.

Selanjutnya, Vivo adalah salah satu penantang OPPO dari Tiongkok yang juga memproduksi smartphone. Sebelumnya Vivo sempat menduduki peringkat 5 di dunia, peringkat 3 di Tiongkok, dan peringkat 4 din Indonesia.

Meskipun namanya Vivo, namun perusahaan ini benar-benar didirikan oleh Shen Wei pada tahun 2009 di TIongkok. Selain itu, Vivo juga memproduksi perangkat lunak dan jasa di bidang teknologi.

Tak hanya, OnePlus juga merupakan salah satu vendor smartphone asal Tiongkok yang namanya cukup terkenal, meskipun tidak pernah masuk 5 besar dunia. Hal ini disebabkan oleh peluncuran smartphone yang sedikit setiap tahunnya.

Namun setiap OnePlus meluncurkan smartphone akan memiliki spesifikasi hardware flagship dengan harga yang terjangkau. OnePLus sendiri didirikan Pete Lau dan Carl Pei pada tanggal 16 Desember 2013 di Tiongkok.

Fakta mengejutkannya adalah OPPO, Vivo, dan OnePlus merupakan saudara di bawah naungan perusahaan induk yang bernama BBK Electronics Corporation. Padahal awalnya, BBK Electronics tidak bermain di industri ponsel.

Berkat pemasaran yang gencar dari OPPO dan Vivo dalam menjual produk-produk smartphone sehingga membuat BBK Electronics ikut melambung namanya. Meskipun bersaudara, namun OPPO, Vivo, dan OnePlus tetap bersaing dengan sehat untuk mendapatkan hati pelanggan.

Namun desain smartphone OPPO, Vivo, dan OnePlus ini memiliki kesamaan mirip seperti iPhone. Selain itu, ketiga vendor ini juga sama-sama menerapkan teknologi dual-camera pada beberapa smartphone buatannya dengan penempatan yang hampir sama. Kemungkinan besar, ketiganya juga pernah melakukan riset smartphone bersama untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Leave a Comment