Berita Smartphone

Layarnya Ajaib! Apple Luncurkan iPhone X dengan Face ID dan Apple A11 Bionic

Apple iPhone X Header

Dini hari tadi secara resmi Apple meluncurkan beberapa perangkat terbarunya di Steve Jobs Theater, Amerika Serikat.

Produk terbaru Apple yang paling menarik dalam acara Apple Special Events adalah iPhone X (dibaca : iPhone Ten). Perangkat ini diciptakan sebagai smartphone spesial untuk memperingati ulang tahun iPhone ke-10 sejak pertama kali dirilis oleh Steve Jobs pada tahun 2007 silam.

iPhone X ini bisa dibilang sangat spesial dibandingkan iPhone standar yang diluncurkan dari generasi awal hingga saat ini. Produk ini memiliki layar penuh pada bagian depannya dan hampir tanpa bezel.

Layarnya sendiri memiliki lebar 5,8 inci dengan resolusi 2.436 x 1.125 piksel dan berteknologi OLED yang dikembangkan yang menjadi Super Retina Display. Selain itu, layarnya didukung juga HDR10, Dolby Vision, dan 3D Touch.

Apple iPhone X All

Dengan kata lain secara resmi Apple menghilangkan tombol fisik Touch ID di bagian depannya karena tidak ada ruang yang tersisa. Untuk itu, Apple menyematkan fitur Face ID untuk membuka kunci smartphone dan Apple Pay.

Untuk bisa mewujudkan Face ID yang bagus, Apple menyematkan kamera Inframerah, Dot projector, dan Floo Illuminator agar hasilnya akurat dan mampu mengenali wajah penggunanya hingga 3D. Bahkan Apple mengklaim bahwa Face ID ini mampu memindai wajah pada kondisi gelap.

Sementara itu, dapur pacu iPhone dipercayakan pada chipset Apple A11 Bionic terbaru yang memiliki hexa-core dengan konfigurasi dual-core untuk kinerja tinggi dan quad-core untuk efisiensi energi. Bahkan chipset ini telah mendukung Augmented Reality dan Machine Learning.

Fitur unggulan lainnya terdapat pada dual-camera utama yang memiliki konfigurasi 12 MP wide-angle dengan aperture f/1.8 dan 12 MP telephoto dengan aperture f/2.4. Dual-camera ini juga bisa melakukan 2x optical zoom dan 10x digital zoom.

Portrait mode yang hadir pada smartphone ini memungkinkan dual-camera utama dapatn menghasilkan foto dengan efek bokeh. Sementara Portrait Light mode memungkinkan penggunanya dapat mengambil foto dengan efek dan cahaya yang menarik.

Sedangkan kamera depan TrueDepth 7 MP dengan kemampuan mengambil foto selfie bokeh berkat hadirnya fitur Portrait Mode. Selain itu, Portrait Light Mode juga dihadirkan untuk mendukung kamera depannya agar bisa mengambil foto selfie bokeh dengan memainkan efek dan cahaya.

iPhone X juga merupakan salah satu smartphone pertama dari Apple yang telah mendukung Qi Wireless Charging sehingga memudahkan penggunanya dapat melakukan pengisian daya baterai iPhone X hanya dengan menaruhnya pada tatakan bernama AirPower.

Bahkan Apple mengatakan bahwa pengisian Wireless Charging ini juga didukung Fast Charging yang memungkinkan pengisian daya baterai iPhone X sebesar 50% hanya dalam waktu 30 menit.

Nantinya pre-order iPhone X akan dimulai pada tanggal 8 Oktober 2017 dan penjualan perdananya dimulai 3 November 2017. Smartphone ini juga memiliki dua pilihan warna yang terdiri dari Silver atau Space Grey.

Untuk harganya mencapai US$999 atau sekitar Rp 13,1 jutaan untuk varian storage 64 GB. Sementara untuk varian storage 256 GB belum diketahui harganya. Sayangnya Apple belum mengumumkan kapan kehadiran iPhone X ini di Indonesia. Nah, kira-kira apakah kamu akan membeli produk ini?

Leave a Comment

1 Comment