Berita

Nokia Android Segera Hadir di Indonesia, HMD Global Umumkan Pemenuhan TKDN 30%

Nokia 8 Header

HMD Global merupakan perusahaan yang berasal dari Espoo, Finlandia, secara resmi telah menjadi rumah baru bagi ponsel Nokia.

Bisa dibilang HMD Global telah meluncurkan smartphone Nokia berbasis Android di dunia, mulai dari Nokia 8, Nokia 6, Nokia 5, dan Nokia 3. Ketika dijual pertama kali di Tiongkok, Nokia 6 sendiri mendapatkan sambutan hangat dengan laku keras.

Dua hari lalu secara resmi HMD Global mengadakan acara untuk menegaskan komitmennya terhadap pasar Indonesia dengan mengumumkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dan dimulainya produksi smartphone Nokia Android di Indonesia.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh I Gusti Putu Suryawirawan selaku Direktur Jenderal Untuk Industri Logam, Mesin, Peralatan Transportasi dan Elektronik, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia mengonfirmasi pemenuhan HMD Global dalam persyaratan komponen lokal minimum 30% dan menghargai upaya yang dilakukan oleh HDM untuk bekerja sama dengan para mitra lokal dalam memenuhi persyaratan TKDN.

Menariknya HMD Global bekerja sama dengan PT. Sat Nusapersada Tbk. (Satnusa) di Pulau Batam untuk menggunakan fasilitas produksi baru di pabriknya. Sementara kerja sama dengan PT. Tata Sarana Mandiri (TSM) sebagai mitra desain lokal. Selanjutnya, HMD Global juga bekerja sama dengan lokal PT Inovidea Magna Global dan PT MP Games untuk pengembangan aplikasi lokal sehingga membuat smartphone Nokia Android buatan HMD ini telah memenuhi persyaratan TKDN hingga 30,52%.

Selain itu, HMD Global akan bekerja sama dengan PT Erajaya Swasembada Tbk untuk pendistribusian dan penjualan smartphone Nokia Android di Indonesia. HMD Global sendiri percaya dengan nama besar dari Erajaya yang memiliki banyak gerai sehingga bisa membuat Nokia Android sukses di pasar Indonesia.

Menurut Hasan Aulia selaku CEO PT Erajaya Swasembada Tbk mengatakan bahwa “Hubungan kerja sama kami dengan Nokia telah terjalin sejak lama. Kali ini, kerjasama kami memasuki tingkat kolaborasi yang lebih tinggi, lebih strategis dan lebih maju. Kehadiran smartphone Nokia tentu akan menambah pilihan bagi konsumen Indonesia untuk memenuhi kebutuhan gaya hidupnya.”

Dalam acara tersebut juga HMD Global mengumumkan bahwa memiliki rencana untuk melakukan peluncuran smartphone baru Nokia Android yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 September 2017 di Jakarta. Tentu saja, smartphone Nokia bersistem operasi Android ini akan memberikan pengalaman berbeda dengan ponsel Nokia yang selama ini beredar di Indonesia.

Leave a Comment