Mading

Bagaimana Cara Memilih HP Yang Bagus Untuk Berjualan Olshop?

HP Olshop Header[sumber gambar: Pixabay]

Gadgetren – Di era digital ini yang memberikan kemudahan di berbagai hal membuat orang mulai berbisnis kecil – kecilan berjualan dengan membuka olshop (Online Shop) di Tokopedia atau Bukalapak.

Buat yang mungkin kurang paham soal smartphone mungkin akan kebingungan bagaimana cara memilih smartphone yang cocok untuk digunakan berjualan di olshop. Tenang aja ada Gadgetren di sini yang membantu kamu.

Untuk mencari smartphone apa yang bagus untuk berjualan di olshop tentunya kamu harus tahu faktor apa saja yang harus diperhatikan dari HP tersebut. Tidak banyak kok hal yang harus kamu perhatikan, berikut penjelasannya.

Kualitas Kamera Belakang

HP Olshop Kamera[sumber gambar: Pixabay]

Kamera belakang merupakan hal paling utama yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu dibandingkan lainnya saat mencari smartphone untuk digunakan berjualan di olshop. Alasannya tentu dikarenakan foto barang yang akan kita cantumkan harus lah jernih dan akurat agar konsumen merasa tertarik, percaya, dan mengetahui secara jelas kondisi produk yang ada.

Mungkin kamu berpikir yang penting punya kamera dengan MegaPixel (MP) besar sudah cukup, bukan?

Hal ini sebenarnya setengah benar karena MP besar memungkinkan gambar untuk di-zoom lebih baik dan lebih detil, namun ada yang tidak kalah lebih penting dari itu, yakni optimalisasi perangkat lunak. Jadi bisa saja sebuah smartphone punya resolusi MP besar tetapi hasil foto terlihat “keruh” atau kasar.

Untuk mengetahui smartphone mana yang punya kualitas kamera belakang baik tidak bisa cukup melihat dari kertas spesifikasi begitu saja terutama saat keadaan cahaya redup yang bisa menghasilkan bintik – bintik (noise) di foto. Maka dari itu sebaiknya kamu mencari review atau ulasan dari smartphone tersebut agar dapat melihat hasil foto.

Ada beberapa yang jenis smartphone yang dijamin pasti punya kamera belakang bagus, yakni iPhone, seri Samsung S, seri Huawei P, dan seri Xiaomi Mi. Kalau kamu memilih salah satu smartphone dari seri tersebut dipastikan tidak akan kecewa akan kemampuan kameranya.

Kemampuan Multitasking

HP Olshop RAM

Berjualan di olshop merupakan kegiatan yang membutuhkan multitasking atau tugas ganda karena kamu pastinya akan sering berpindah – pindah aplikasi maupun tab saat tengah browsing. Sebagai contoh jika smartphone tersebut kurang kuat, maka kinerja akan melambat saat berpindah aplikasi dan bahkan tidak menutup kemungkinan terjadinya crash atau tertutup paksa.

Beberapa dari kamu pastinya punya anggapan sebaiknya mencari smartphone dengan RAM besar itu lebih baik karena pasti lebih cepat, namun tahu kah kamu apa keuntungan sebenarnya?

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory yang fungsi penjelasan singkatnya merupakan sebagai tempat penyimpanan sementara. Setiap aplikasi yang kamu jalankan membutuhkan tempat untuk menyimpan dan memanggil data yang berubah – ubah secara cepat dan tempat tersebut terletak di RAM.

Untuk saat ini sangat disarankan memilih smartphone Android dengan RAM 3GB agar ada ruang lengang dengan pembagian biasanya 1GB untuk sistem, 1GB untuk aplikasi, dan 1GB untuk jaga – jaga. Walaupun begitu smartphone 2GB sebenarnya sudah termasuk mencukupi digunakan berjualan di olshop.

Alhasil smartphone dengan RAM besar seperti itu kamu bisa menyimpan aplikasi berjalan lebih banyak sehingga saat kamu membuka kembali aplikasi bisa melanjutkan dari posisi terakhir digunakan seperti pause video. Saat RAM tidak cukup, maka sistem operasi akan memaksa salah satu aplikasi yang berjalan dibelakang untuk ditutup yang menyebabkan harus menjalankan aplikasi dari awal saat kamu buka lagi nantinya.

Selain RAM, banyaknya inti atau core di prosesor juga berpengaruh karena semakin banyak inti maka akan semakin ringan beban kerja smartphone. Jadinya perpindahan antar aplikasi akan berjalan lebih mulus dan teratur.

Ukuran Layar

HP Olshop Layar[sumber gambar: Flickr]

Untuk bagian yang satu ini sebenarnya cukup jelas sekali, semakin besar layar maka akan semakin nyaman kamu untuk melihat dan mengatur jualan kamu di olshop. Dengan layar berukuran 4 inci pastinya kamu akan sedikit kesulitan dan harus melihat layar dalam jarak cukup dekat agar bisa terlihat dengan baik dibandingkan smartphone berukuran 5,5 inci.

Jadi sangat disarankan kamu mengambil smartphone dengan layar terbesar sebisa mungkin seperti pada seri Note yang mencapai 6 inci. Besaran resolusi baik itu antara HD 720p atau Full HD 1080p tidak akan berpengaruh terlalu banyak untuk konten seperti ini jadi tidak perlu terlalu dipikirkan.

Sistem Operasi Yang Digunakan

HP Olshop OS[sumber gambar: Flickr]

Saat ini ada dua sistem operasi (OS) smartphone paling umum digunakan, yakni Android dan iOS di iPhone. Memang ada OS lainnya seperti Windows 10 Mobile, Tyzen, atau BB10 yang tersedia tetapi saya tidak menyarankan untuk memilih smartphone dengan OS tersebut. Hal ini lebih disebabkan soal dukungan dari aplikasi olshop yang kamu gunakan.

Misalnya Tokopedia dan Bukalapak hanya dapat kamu download di smartphone berbasis Android atau iOS saja sehingga tidak tersedia di OS lainnya. Jadi alangkah baiknya kalau kamu memilih antara dua sistem operasi tersebut saja agar tidak mengalami kesulitan nantinya. Bahkan beberapa pengembah aplikasi hanya fokus terhadap salah satu OS saja sehingga pastikan juga dulu olshop yang kamu inginkan tersedia di mana.

Dukungan Jaringan

HP Olshop Jaringan[sumber gambar: Flickr]

Dukungan jaringan operator yang ada di smartphone memang terlihat sepele, namun bisa berakhir menjengkelkan kecuali kalau kamu menggunakan jaringan WiFi maka segmen ini tidak perlu kamu baca lebih lanjut.

Jaringan internet stabil dan cepat akan sangat dibutuhkan saat berjualan di olshop terutama buat kamu yang punya banyak sekali jenis barang dan harus sekaligus upload foto – fotonya. Oleh karena itu pilih smartphone dengan dukugan standar jaringan paling cepat saat ini seperti dukungan 4G LTE. Namun, masih ada hal lain soal jaringan yang harus kamu ketahui.

Percaya atau tidak, sebenarnya setiap smartphone memiliki kemampuan menangkap sinyal berbeda – beda. Salah satu komponen yang dikurangi pada smartphone murah biasanya merupakan antena karena konsumen tidak bisa tahu secara jelas akan hal ini. Jadi tidak heran kalau kamu menggunakan kartu operator sama tetapi mengalami kekuatan tingkat sinyal berbeda, bahkan bisa tertulis penuh padahal susah terhubung ke internet.

Agar terhindar dari masalah tersebut, pilih lah smartphone yang termasuk ke dalam lini utama dari sebua vendor. Contohnya kalau kamu ingin merek Samsung maka pilih di antara seri J, A, S, atau Note karena lini tersebut merupakan lini utama smartphone Samsung yang tetap memperhatikan kualitas dan didukung lebih baik oleh Samsung.


Setelah menjelaskan semua itu, lalu smartphone apa yang memenuhi kriteria tersebut? Banyak sekali sebenarnya, kamu juga tidak perlu membeli seri smartphone terbaru karena yang sudah diluncurkan 2 tahun lalu pun sudah lebih cukup. Contohnya lebih baik memilih Samsung Galaxy S5 keluaran 2014 yang jauh lebih unggul dibandingkan Oppo A37 keluaran 2016.

Apa bisa smartphone seharga Rp 1 jutaan untuk digunakan olshop? Bisa kok karena smartphone murah kebanyakan saat ini sudah memiliki spesifikasi yang lumayan dan cukup lancar. Hanya saja tentu kamu ingin smartphone tersebut tahan lama apalagi akan digunakan terus – menerus setiap hari tanpa henti. Tidak ada salahnya untuk berinventasi sedikit agar tidak cepat gonta – ganti smartphone.

Kalau kamu bingung apakah smartphone tersebut bagus atau tidak, kirimkan saja tipe modelnya dan dana yang tersedia di kolom komentar. Nanti akan saya jawab dan mungkin bisa memberikan rekomendasi smartphone lebih baik kalau ada.

Tinggalkan Komentar

21 Komentar