ASUS Zenbook DUO UX8406
Mading

Penting Gak Sih Sebetulnya Banyak Kamera dalam Sebuah Smartphone?

Quad Camera

Smartphone jaman sekarang sering menyajikan kamera dalam jumlah banyak dan bahkan frasa “quad camera” nampaknya menjadi frasa ampuh untuk memasarkan sebuah smartphone.

Dibalik banyaknya jumlah kamera pada smartphone, sebetulnya kamera jenis apa saja yang benar-benar diperlukan? Menurut saya hanya beberapa saja yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari bagi pengguna umum.

Saya sendiri mengklasifikasikan kamera smartphone ke dalam tiga kategori yaitu kamera yang wajib ada, kamera yang bagus jika ada, dan kamera yang sebetulnya tidak begitu diperlukan.

Kamera yang Wajib Ada

Samsung Galaxy S20 Ultra

Kamera di kategori ini wajib ada agar sebuah ponsel dapat berfungsi layaknya sebuah smartphone. Tanpa mereka, berbagai fungsi penting pada smartphone akan hilang.

Kamera Utama
Kamera yang satu ini esensial untuk menangkap mayoritas momen hidup seseorang seperti aktivitas keluarga atau merekam pemandangan ketika bepergian.

Biasanya kamera utama di smartphone jaman sekarang sudah menggunakan lensa wide yang dapat menangkap gambar dengan sudut pandang sedang.

Selain digunakan untuk berfoto-foto, kamera utama pada smartphone juga dapat berfungsi untuk berbagai hal seperti untuk augmented reality dan pemindaian dokumen.

Kamera Depan
Kamera depan dalam sebuah smartphone sering kali digunakan untuk melakukan selfie maupun vlogging. Apalagi di jaman sekarang yang sedang populer membuat konten video dengan kamera depan untuk dibagikan di jejaring sosial.

Bagi yang tidak suka selfie, termasuk saya sendiri kecuali untuk kebutuhan review smartphone, kamera ini juga bermanfaat untuk melakukan aktivitas lain seperti panggilan video dan untuk keamanan seperti verifikasi data atau untuk login smartphone.

Sering kali verifikasi data terutama yang berkaitan dengan produk perbankan atau finansial memerlukan foto selfie bersama dengan KTP. Jika tidak ada kamera depan, tentu ini akan mempersulit proses verifikasi data.

Kamera yang Bagus Jika Ada

Telephoto[Kredit foto: Pixabay]

Kamera di kategori ini sebetulnya tidak esensial untuk sebuah smartphone tapi jika ada akan bermanfaat di berbagai situasi yang sering ditemukan pada aktivitas sehari-hari.

Kamera Ultra Wide-angle
Pernahkah ketika sedang bepergian lalu kesulitan menangkap gambar bangunan besar atau pemandangan yang luas? Atau memotret seluruh keluarga dalam acara keluarga besar? Situasi seperti ini saya yakin sering ditemukan.

Nah di sinilah peran kamera Ultra Wide-angle. Kameranya mampun menangkap foto dengan area yang luas secara mudah.

Mungkin muncul pertanyaan, kenapa tidak mundur aja untuk menangkap foto lebih luas? Kembali lagi ke pertanyaan di awal, seringkali juga dalam situasi tersebut kita terbatas dalam posisi menangkap foto entah itu karena terbentur tembok atau rintangan di jalan.

Kamera Telephoto
Kamera Telephoto ini utamanya berfungsi untuk melakukan pembesaran pada foto secara optik agar dapat menangkap objek foto dari jarak jauh dengan lebih jelas.

Fitur ini bermanfaat ketika misal sedang menonton konser dan menghadiri sebuah acara. Seringkali pada kasus tersebut posisi kita terletak pada kejauhan dibandingkan dengan objek yang ingin difoto dan tidak memungkinkan untuk mendekati objek foto.

Namun kamera yang satu ini agak sulit diemplementasikan dalam smartphone karena akan membuat smarpthone menjadi lebih gemuk dan juga lebih mahal. Kamera telephoto dengan pembesaran besar biasanya ditemukan di ponsel-ponsel kelas atas yang beredar saat ini.

Kamera yang Tidak Begitu Diperlukan

Macro[Kredit foto: Pixabay]

Kamera di kategori ini kehadirannya tidak begitu diperlukan dalam sebuah smartphone. Tanpanya, penggunaan smartphone untuk aktivitas sehari-hari tidak akan ada terasa efek besar kecuali bagi mereka yang memang memiliki kebutuhan tertentu.

Sensor Depth
Sensor kamera ini biasanya digunakan membuat efek bokeh yang lebih baik dan juga untuk augmented reality.

Namun nyatanya banyak smartphone yang dapat melakukan bokeh dengan baik tanpa menggunakan sensor depth dan lebih mengandalkan kemampuan komputasi fotografi.

Contohnya bisa dilihat di smartphone Pixel dan iPhone yang tidak menyajikan sensor depth namun hasil foto bokehnya tetap bagus.

Kamera Makro
Fungsi kamera makro cukup spesifik dan mungkin tidak sering ditemukan dalam aktivitas sehari-hari yaitu untuk memotret sebuah objek dalam jarak sangat dekat.

Kamera Makro seringkali ditemukan di smartphone kelas mengengah ke bawah saat ini. Dan biasanya kualitas kameranya pun tidak terlalu bagus. Kamera ini mungkin akan lebih bermanfaat bagi mereka yang memiliki hobi seperti memoto serangga atau tanaman.

Sensor Monochrome
Kamera yang satu ini sebetulnya jarang ditemukan, fungsinya untuk menangkap gambar dalam warna hitam dan putih serta untuk menghasilkan foto yang lebih tajam.

~

Dari kesemua kamera pada smartphone, hanya ada dua kamera yang menurut saya penting yaitu kamera belakang utama dan kamera depan. Semakin banyak kamera dalam sebuah smartphone sebetulnya bagus-bagus saja, mantra “lebih banyak lebih baik” berlaku di sini.

Tapi jika saya harus memilih dua smartphone dengan harga yang sama yang mana satu smartphone menyajikan sedikit kamera namun dengan kualitas yang bagus dan satu lagi menyajikan banyak kamera tapi kualitas foto standar, saya pribadi akan lebih memilih smarpthone dengan sedikit kamera tersebut.

Tentang penulis

Firman Nugraha

Editor-in-Chief Gadgetren yang sudah belasan tahun berpengalaman di dunia teknologi khususnya handphone. Awalnya ia pernah menjadi developer aplikasi Android di Nexian dan kini terjun ke dunia media.

Tinggalkan Komentar