Tips dan Trik

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Untuk Membeli Ponsel Untuk Orang Tua

Tips Membeli HP Untuk Orang Tua Header[Sumber: Pixabay]

Gadgetren – Memberi kado sebuah perangkat seluler untuk kedua orang tua kita merupakan hal yang akan sangat membahagiakan bagi mereka.

Di sisi lain banyaknya perangkat selulser baru yang dapat dipilih, dari mulai kelas entry hingga kelas flagship, membeli perangkat seluler tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan kita. Selain berpegang pada selera, kebutuhan pokok penggunaan ponsel perlu dipertimbangkan agar kita tidak salah saat akan membeli ponsel baru.

Berbeda dengan membeli ponsel untuk diri kita sendiri, membeli ponsel untuk kado orang tua juga perlu mempertimbangkan beberapa kriteria. Tentunya sebagian dari kita tidak ingin menyia-nyiakan kebahagiaan tersebut.

Berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum kita membeli hp untuk orang tua, agar tidak salah beli dan menjadikannya hal yang cukup sia-sia.

Komunikasi Sebagai Fungsi Andalan

Tips Membeli HP Untuk Orang Tua - Komunikasi yang Utama[Sumber: Pixabay]

Berbeda dengan anak muda yang punya segudang kepentingan dalam menggunakan perangkat seluler, orang tua kita biasanya memerlukan perangkat seluler sebatas untuk berkomunikasi dengan kerabat, mitra, dan keluarga.

Beberapa orang tua mungkin sudah mulai menggunakan ponsel untuk melakukan berbagai macam hal, termasuk bermedia sosial, mendengarkan musik, dan aktivitas lainnya. Namun, sebagian besar lainnya masih terbatas pada bertukar kabar saat rindu dengan anaknya di perantauan, bertukar informasi dengan teman sebaya atau kerabat jauh, dan beberapa hal yang bersinggungan dengan tujuan komunikasi.

Bahkan secara khusus, beberapa diantaranya tidak membutuhkan pesan teks yang ada di perangkat telepon. Kebanyakan orang tua lebih cenderung untuk melakukan panggilan suara, panggilan video, dan komunikasi lain yang lebih mudah untuk digunakan.

Tak Harus Canggih, Kemudahan Menggunakan Lebih Diutamakan

Tips Membeli HP Untuk Orang Tua - Mudah Digunakan[Sumber: Flickr]

Masih berkaitan dengan kriteria yang pertama, kemudahan untuk menggunakan adalah nilai yang sangat penting sebelum membeli ponsel untuk orang tua. Hal ini disebabkan bukan karena mereka yang tidak mau untuk menggunakannya, tapi ada hal lain yang menjadi keterbatasan mereka.

Terdapat banyak orang tua yang mau belajar terhadap berbagai macam hal baru, termasuk mempelajari fitur canggih dari ponsel baru. Namun, keterbatasan daya ingat mereka menjadi penghambat saat harus menggunakan ponsel dengan mengingat berbagai macam cara menggunakan fitur-fitur tersebut.

Oleh karena itu, ponsel dengan dukungan fitur easy mode di dalamnya dapat menjadi alternatif pilihan yang tepat. Saat ini, fitur ini sudah cukup banyak tersedia berdampingan dengan fitur Kids mode yang ramah anak.

Layar lebar juga belum menjamin orang tua kita dapat mengakses menu dengan mudah. Oleh karena itu, tombol fisik juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk memberikan kemudahan bagi orang tua dalam menggunakan perangkat seluler. Andromax Prime bisa menjadi salah satu contohnya.

Daya Tahan Baterai, Sinyal Kuat, Dan Hiburan Sebagai Tambahan

Tips Membeli HP Untuk Orang Tua - Baterai Awet dan Sinyak Kuat[Sumber: Pixabay]

Untuk menunjang komunikasi, daya tahan baterai dan sinyal kuat adalah dua hal yang tidak bisa ditinggalkan. Oleh karena itu, dua hal ini cukup perlu dipertimbangkan sebelum membeli perangkat seluler untuk kedua orang tua kita, melihat kecenderungan sebagian orang tua yang tidak cukup terbiasa melakukan pengisian daya perangkat seluler di berbagai macam kondisi.

Selain itu, media hiburan juga menjadi nilai plus yang dapat menjadi kriteria saat membeli perangkat seluler. Hal tersebut seperti loudspeaker yang cukup bagus untuk mendengarkan langgam ataupun lagu kesukaan mereka, dan juga layar yang baik untuk melihat video, foto, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Komentar