ASUS Zenbook DUO UX8406
Tips dan Trik Operator Seluler

Kuota Lokal Telkomsel – Penjelasan, Syarat, dan Cara Menggunakan

Kuota Lokal Telkomsel - Header

Gadgetren – Kuota lokal termasuk salah satu di antara kuota yang ditawarkan oleh Telkomsel sebagai benefit tambahan dari sistem pembagian di dalam sejumlah paket internet milik yang ditawarkan.

Dengan adanya benefit tersebut, paket data umumnya akan mempunyai kuota yang sangat besar tetapi tersedia secara lebih terjangkau. Jadi kita sebagai pelanggan dapat terus terhubung ke jaringan internet tanpa perlu mengkhawatirkan biayanya.

Namun sayangnya, kuota lokal Telkomsel juga sama seperti sejumlah jenis data dari sistem pembagian paket internet seperti kuota malam atau kuota multimedia. Kita hanya dapat memakainya setelah kondisi, syarat, dan ketentuan pemakaian dari kuota tersebut sudah terpenuhi.

Apa Itu Kuota Lokal Telkomsel?

Kuota lokal Telkomsel adalah jenis kuota internet yang hanya dapat digunakan secara terbatas di lokasi-lokasi tertentu saja. Kita makanya tidak bisa mengakses internet di sembarang tempat jika ingin terus memakainya alih-alih kuota utama.

Lokasi yang dimaksud biasanya merujuk kepada tempat pengaktifan. Namun tentu saja tidak selalu mengacu hal itu karena paket internet Telkomsel kadang-kadang juga mempunyai syarat dan ketentuan yang berbeda termasuk pembatasan wilayah pemakaiannya.

Sederhananya, kuota lokal Telkomsel hanya dapat digunakan pada wilayah yang ditentukan di mana bisa berbeda-beda untuk setiap paket data. Kita makanya perlu membaca keterangan lebih lanjut di halaman informasi produk supaya kuota tersebut dapat berhasil digunakan.

Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel

Kita untungnya tidak perlu melakukan pengaturan apapun supaya kuota lokal Telkomsel bisa digunakan. Setelah mengaktifkan paket data yang memuat kuota tersebut sebagai salah satu benefit, kita pun bisa langsung memakainya.

Jenis kuota tersebut umumnya akan ditempatkan oleh Telkomsel diurutkan lebih awal ketimbang kuota utama. Pemakaian data makanya akan langsung dialihkan ke kuota lokal secara otomatis selama akses internet dilakukan di lokasi yang ditentukan.

Selain lokasi, kita pun bisa memakainya untuk mengakses berbagai macam layanan internet tanpa batasan. Kita dapat memanfaatkannya untuk semua jenis aplikasi selama penggunaan dilakukan di wilayah yang sesuai dengan ketentuan.

Mirip seperti kuota utama, kita juga dapat memakainya berselancar di internet tanpa batasan waktu tidak seperti kuota malam yang hanya berlaku di jam-jam tertentu. Kita di samping itu juga dapat memanfaatkannya di semua jaringan milik Telkomsel.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

75 Komentar

  • Jd kalau kartu kita di aktifkan di lokasi medan…
    Terus kita pergi ke kota lain..
    Dan mengaktifkan kuota internet lokal di kota yg kita tuju apa akan berlaku kuota internet lokal tersebut??

  • kenapa telkomsel selalu seperti itu,digede gedin kuota lokal.sedangkan orang kan tidak selalu ditempat. pasti akan slalu adaacara keluar kota.mohon Telkomsel hilangkan sistem kuota lokal

  • Saya aktifasi di Jogja, tinggal di Jogja tapi kenapa internet lokal tetap tidak bisa digunakan ?
    Kan jadi mubadzir dan pemborosan ?

  • Sy beli paket data ada utk internet lokal di prigen- Pasuruan, tp knp paket data tersebut TDK bs dipakai di area tsb utk wa, FB, youtube

  • Ini internet lokal saya ga bsa di pake,padahal saya aktivasi sesuai daerah saya dan saya ga pergi kemana2,cba tolong ada yg bsa jelaskan,jdi kaya rugi aja soalnya udh numpuk ada 8 gb,

  • Ini memang akal2an BRENGSEK dari Telkomsel, jual lpaketanya sengaja dibuat Kuota Lokalnya sekitar 80% lebih besar dari Kuota Utama, jd Kuota utamanya hanya sekitar 10 – 20& saja dari total Kuota, BRENGSEK GA .?, menurut sy ini bukan cmn BRENGSEK, tapi BAJINGAN KEPARAT !!!!

  • saya saat ini sedang mengalami tidak dapat menikmati kuota internet lokal hanya karena saya berada diluar desa tempat saya aktivasi, padahal masih dalam satu wilayah kecamatan, sekejam itukah telkomsel?

  • Numpang nanya,kalau beli kartu dan aktivasi di bandung ,dan abis trs beli kuota lagi di garut masih bisa di pakai di bandung gk yang kuota lokalnya?

  • Maaf …. tapi saat ini saya berada di wilayah activasi ga bisa di pakai….mohon petunjuk nya

    Saya beli kartu di bekasi dan saat ini saya berada di kota yang sama tetap ga bisa

  • mau nnya nih min, tu kn katanya sesuai aktifasi paketanny, misal say beli krtu di jawa, trus saya pergi ke jkt, trus say isi ulang paketan data di jkt,, apa kuota lokalnya bisa digunakan atau tidak y d jkt, ap harus di jawa ?

  • saya beli paket 14 G telkomsel dibagi : internet local 10G, Internet 2G, videomax 2G. Saya activekan di Bogor dan saya blm sempat pergi keluar bogor, tp kenapa ya yg habis duluan internet 2 G, sedangkan local internet 10G tdk bisa digunakan lagi / tdk bisa dipakai .
    Oya, ini paket telkomsel perdana saya Jabotabek.

    • Langsung aja lapor ke customer service Telkomsel karena memang sistem deteksinya kurang baik. Banyak pengguna yang mengeluhkan hal sama.

  • permisi min mau tanya kan saya regristrasi pertama kali kartu telkomsel di magelang lalu mengisi paketan internet dan sudah habis kuotanya. lalu saya pergi ke bandung dan mengisi pulsa untuk paketan internet. nah apakah saya dapat menggunakan kuota internet lokal tersebut di bandung? trims

  • min mau tanya kan saya aktifasi kartu di magelang dan semua kuotanya sudah habis. lalu saya ke bandung, dan pas di bandung saya isi pulsa untuk paketan, nah apakah saya dapat menggunakan internet lokal tersebut. terimakasih

  • min ane beli kartu perdana paket telkomselnya di yogya, trus ane aktifin di kota lain dan makenya di kota itu juga, kenapa waktu internetan yg kesedot lokalnya, bukannya harusnya yg kuota non lokal ya,ato karena masih ada di zona yang sama?

    • Walaupun beli kartunya di Yogya tapi kalo aktivasi paket di Semarang maka paket lokal akan dipakasi saat ada di Semarang mengikuti lokasi dimana aktivasi

  • kalau beli paketannya ga beli kartu telkomsel lagi tapi lewat pulsa, berarti pemakaian kuota lokalnya ikut aktivasi yang pertama ya?

  • Mba kan saya belin kartu paket iyh data lokal nya gak bisa di pake man gede lgi sampe 6g . Saya ngaktifin nya masih di daerah saya..jj

  • Gan saya 7 Hari lalu beli perdana paket 17 GB, 1 GB Flash 2 GB Videomak 2 GB Chat Sosial media sisanya 12 GB internetlokal, pas flashnya dah abis knp internetnya ngk bisa? Padahal masih di daerah aktifasi. Knp internetnya ngk bisa jalan dgn kuota internetlokal? Apakah ini berarti telkomsel lg gangguan?

  • Seandainya beli kartu paket internet lokal di jakarta tapi kita pas mengaktivkan kartu tersebut di bogor . Apakah bisa di gunakan di bogor?

  • Tapi lokal data saya kok masih nggak bisa ya padahal kota tempat aktivasi data juga sama di daerah tempat tinggal saya. Itu gimana ya?

  • Saya berada di daerah pembelian kartu perdana saya..paket flash sudah habis tinggal yg lokalnya saja..tapi kenapa masih tidak bisa…

  • mas saya beli paket kuota 30gb ,aktivasi di jambi belum lama pulang ke jakarta dan sisa kuota masih ada apakah bisa di akumulasi jika saya beli paket 30gb lagi di jakarta kuota lokal sisa yang kemarin akan bisa di pakai kembali ….

  • Admin aku baru belik quota 30 gb telkom sel.
    Lokal datanya ngk bisa di pake. Padahal lokasi tidak jauh dari pembelian paket tersebut. Vidiomax nya juga ngk bisa di gunakan. Klo melalu i hooq harus berlangganan. Klo melalu i viu yg habis malah quota biasanya bukan vidiomax nya. Gmna atuh admin. Padahal telkomsel nomor 1 loh. Koq bisa gitu yah. Banyak orang yg komplein tu admin. Mudah mudahan segera di perbaiki.

    • Pakai aplikasi anonytun bro..liat di youtube banyak..biar kuota videomax bisa jadi kouta flash/reguler…saya dah buktiin jg..berhasil.

  • mas… saya beli kuota dan saya dapat INTERNET PERDANA tp ngax bisa digunakan padahal kuotanya besar
    saya mau nanya gimana mengunakanya

  • saya beli kuota internet lokal tapi gak bisa di gunakan padahal saya masih tetap di area saya beli kuota tadi bagaiama cara mengaktifkannya

  • mas klo misalkan kuota internet lokal ga bisa dipake karna lagi di luar kota trus mau nambah beli paket flash mingguan, itu jadinya ganti paket atau bertambah ke kuota yg lama?

  • Mas, saya aktifin paket lokal data di Bandung sudah berulang2 tapi gak pernah kepake kuota lokal datanya. Malah habis pulsa utama saya..

  • om maksud dari paket loop4g tuh gimana ya?
    terus cara menggunakan paket flash kuota flash diloop gimana?
    saya bingung masalahna kuota flash 4g saya saja yang habis dan hanya itu saja yang kepake ini gimana?

  • Mas saya mau nanya kan kemaren saya kerja di bekasi dan saya Membeli perdana di bekasi tapi sekarang udh pulang kampung. Tapi Kok dikampung gak bisa di pake Ya mas paketan nya.

    • Kalau itu ada kuota lokal data, berarti dcuma bisa dipakai di Bekasi lagi
      Untuk bisa internetan harus beli lagi di wilayah mas sekarang

  • Mas, kemaren saya beli paket internet simpati di Jakarta. Sampe skrg saya jg stay aja d Jkt. Kenapa ya local data nya ga bisa dipake?
    Justru pulsa utama saya trus berkurang.
    Terimakasih penjelasannya.

  • Mas kalau beli kartu nya di kuningan dan sudah pernah beli paket internet lokal disana, kemudian paket ku habis dan sekarang tinggal di karawang, dan berencana memperpanjang paket data local nya di karawang, apakah data lokal nya bisa dipakai di karawang ? Trmksh

    • iya bisa kok
      jadi paket beli di kuningan cuma bisa dipake dikuningan, paket beli di karawang kuota cuma bisa dipake dikarawang
      soalnya asal kartunya dari mana ga ada masalah

  • Satu lagi jangan lupa aktifin gps pada saat aktivasi…. Pengalaman lokal data ga bisa dipakai krn kata telkomsel sistemnya bingung….

  • mas, mau nanya apa sih kuota internet perdana di simpati telkomsel ? apa kegunaannya dan bagaimana mengguanakannya ??

  • kalau misal saya beli kartu dibandung dan diaktivasi disana lalu baru aktivasi paket di palembang nah local data nya bisa dipakai tidak