Operator Seluler Tips dan Trik

Apa itu Kuota Lokal Telkomsel dan Kenapa Tidak Bisa Digunakan?

Kuota Lokal Telkomsel Header

Gadgetren – Untuk bersaing dengan operator lainnya di Indonesia, Telkomsel telah memberikan beragam promo dan paket yang menarik agar pelanggannya betah dalam menikmati layanannya.

Salah satu hal menarik yang dilakukan Telkomsel dengan menghadirkan bonus tambahan pada beberapa paketnya berupa kuota lokal. Bonus ini sendiri biasanya hanya bisa dilakukan di wilayah tertentu saja.

Kamu yang mendapatkan bonus ini past bingung apa maksudnya dan bagaimana cara menggunakannya bukan? Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat rincian berikut.

Apa Itu Kuota Lokal Telkomsel?

Kuota Lokal Telkomsel adalah kuota tambahan pada suatu paket tertentu yang biasanya hanya dapat digunakan di sekitar area atau wilayah ketika kamu mengaktifkan pertama kali paket data tersebut.

Berbeda dengan kuota reguler dan malam yang dapat digunakan secara nasional atau di seluruh wilayah Indonesia. Namun kuota lokal terbatas pada suatu daerah saja sehingga pemakaiannya tidak sebebas kuota utama.

Sebagai contohnya pada saat kamu mengaktifkan suatu paket data di daerah Bogor, maka bonus kuota lokal yang didapat hanya bisa digunakan di wilayah Bogor saja. Misal jika kamu sedang berada di Bandung, secara otomatis kuota tidak dapat digunakan sama sekali.

Apabila digunakan di luar wilayah aktivitas paket data, maka konsumsi pemakaian internet akan dialihkan ke jenis kuota lain (internet reguler, malam, atau 4G) atau langsung memotong pulsa sesuai tarif yang berlaku ketika tidak ada kuota internet lain sama sekali.

Oleh karena itu, kamu dapat mengaktifkan paket yang memiliki kuota Lokal Telkomsel pada saat berada di lokasi yang paling sering dikunjungi agar bisa memanfaatkannya secara maksimal.

Seperti yang disinggung sebelumnya, kuota Lokal Telkomsel tidak dibeli secara satuan, melainkan biasanya sebagai pembagian dari paket tertentu. Semakin mahal harganya, maka paket kuota lokal yang ditawarkan biasanya memiliki kuota yang lebih besar.

Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel

  1. Aktifkan paket yang mempunyai kuota Lokal Telkomsel melalui kodeUMB, aplikasi MyTelkomsel, SMS, maupun GraPari terdekat
  2. Alihkan pemakaian internet di handphone atau tablet ke mode data seluler
  3. Pastikan sedang atau sering berada di daerah saat aktivasi paket data
  4. Nikmati layanan internet dengan menggunakan kuota Lokal Telkomsel

Kamu tidak perlu melakukan pengaturan apapun untuk bisa menikmati kuota Lokal Telkomsel. Hanya saja terkadang ada sedikit masalah yang mana kuota lokal ternyata tidak bisa digunakan sehingga kamu perlu menghubungi pihak Telkomsel untuk lebih jelas kenapa.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar

76 Komentar