Tips dan Trik

Kenapa Fitur Lokasi di Instagram Tidak Bisa Digunakan?

Kenapa Lokasi di Instagram Tidak Bisa Digunakan Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Menggunakan lokasi di unggahan Instagram memang bisa sangat membantu pengguna dalam memberikan informasi tambahan. Namun ternyata banyak pengguna yang mengalami kesulitan saat melakukannya.

Instagram sendiri merupakan platform media sosial dengan pengguna aktif yang sangat besar di Indonesia. Hal ini mengindikasikan bahwa platform yang kini di bawah naungan Facebook ini menjadi salah satu platform yang tepat untuk mengembangkan bisnis.

Apalagi Instagram telah meluncurkan berbagai macam fitur khusus untuk menunjang hal tersebut. Selain akun bisnis yang bisa menjadi andalan, fitur tambahan seperti lokasi juga cukup penting untuk memberikan kredibilitas lebih jauh.

Fitur lokasi pun tidak hanya bisa disematkan di halaman profil akun pengguna saja melainkan juga bisa digunakan secara lebih fleksibel dan dipasang pada konten yang telah diunggah sehingga pengguna tidak perlu mengunjungi halaman akun untuk mendapatkan alamat bisnis.

Untuk menggunakannya fitur lokasi ini pun terbilang sangat mudah, pengguna hanya perlu mengetuk tombol Add Location saat mengunggah gambar atau video lalu mencari dan memilih lokasi yang diinginkan. Jika dirasa sudah selesai, maka pengguna bisa mengetuk tombol Share seperti biasa.

Meski mudah untuk digunakan, sayangnya sebagian pengguna mengeluhkan bahwa mereka tidak bisa menggunakan fitur lokasi tersebut di Instagram. Lalu kenapa bisa seperti itu? Bagaimana cara mengatasinya?

Salah satu yang menyebabkan permasalahan ini sering terjadi dikarenakan layanan lokasi tidak bisa diakses oleh aplikasi Instagram sehingga fitur tersebut juga tidak bisa digunakan. Hal ini bisa terjadi akibat pengguna lupa menyalakan fitur lokasi di dalam smartphone.

Pengguna bisa mengaktifkan fitur lokasi melalui Settings > Connection > Location (bisa disesuaikan berdasarkan perangkat yang digunakan) atau beberapa smartphone memungkinkan pengguna untuk mengaktifkannya melalui quick settings.

Jika fitur lokasi perangkat sudah aktif tetapi Instagram masih belum bisa membaca lokasi, maka kemungkinan besar aplikasi belum mendapatkan izin untuk mengakses layanan lokasi yang biasanya muncul saat pengguna memasang aplikasi pertama kali.

Kenapa Lokasi di Instagram Tidak Bisa Digunakan

Jika lupa apakah sudah mengaktifkannya atau belum, kamu bisa mengeceknya lagi melalui Settings > Apps > Instagram > Permissions (sesuaikan dengan perangkat yang digunakan). Pastikan tombol geser pada opsi Location aktif dan tidak berwarna abu-abu.

Jika fitur lokasi masih belum bisa digunakan juga setelah menggunakan kedua cara di atas, maka bisa jadi aplikasi yang dipasang sudah usang. Ada baikny kamu melakukan pembaruan aplikasi melalui Google Play Store atau iTunes sesuai dengan sistem operasi yang digunakan.

Selain itu, kamu juga bisa coba membersihkan cache atau data terlebih dahulu. Waluapun cache memang sangat berguna, namun ketidaksesuaian data lama dan baru bisa menyebabkan aplikasi malah menjadi bermasalah.

Lalu bagaimana kalau masih tidak bisa digunakan juga? Ada baiknya kamu untuk langsung menghubungi pihak Instagram melalui [email protected] Saat mengirimkan keluhan yang terjadi, jangan lupa untuk menyebutkan tipe perangkat yang digunakan.

Tinggalkan Komentar