Tips dan Trik

Cara Mengaktifkan Lampu LED Notifikasi Di HP Oppo

Cara Mengaktifkan LED Oppo Header

Gadgetren – Penasaran apakah smartphone Oppo kamu punya lampu LED notifikasi atau tidak seperti di Oppo A37 atau Oppo F1s? Atau mungkin bingung kenapa tidak aktif?

Lampu LED notifikasi yang tersemat pada smartphone Android sangat membantu kita dalam mengetahui ada notifikasi apa yang masuk baik itu SMS, email, ataupun dari aplikasi yang terpasang. Oleh karena itu sudah sewajarnya para vendor termasuk Oppo seharusnya menyematkan fitur ini untuk semua model smartphone.

Sayangnya hal tersebut sepertinya masih belum bisa terpenuhi karena beberapa model seperti Oppo A37 yang tidak memiliki lampu LED notifikasi. Namun, model kelas atas seperti Oppo F1s atau F1 sudah dapat menikmati fitur ini sehingga buat kamu yang sanga membutuhkan lampu LED notifikasi lebih baik memilih model tersebut.

Walaupun begitu beberapa pengguna ada yang heran dan kebingungan apakah smartphone Oppo mereka memiliki lampu LED notifikasi atau tidak. Hal ini disebabkan karena sistem operasi ColorOS milik Oppo mematikan fitur ini. Untungnya kamu dapat mengaturnya secara manual juga untuk memilih aplikasi mana saja yang dapat menggunakan lampu LED notifikasi.

Buat kamu yang mungkin baru pertama kali menggunakan smartphone Oppo, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengaktifkan LED notifikasi pada smartphone Oppo.

Cara Mengaktifkan LED Notifikasi di Oppo

  1. Pastikan kamu sudah menggunakan sistem operasi ColorOS terbaru
  2. Kunjungin Settings (Pengaturan) > Manage Notifications (Atur Notifikasi)Oppo Manage Notification
  3. Pilih aplikasi apa saja yang ingin kamu perbolehkan mengakses LED notifikasiOppo Aplikasi Notifikasi
  4. Tahap akhir kamu tinggal mengaktifkan fitur Notification Light FlashingOppo Light Flashing

[sumber gambar: gadgetdetail.com]

Selain cara tersebut, Oppo juga memberikan fitur bernama Easy Light seperti pada Oppo A57 atau Find 7. Fungsinya fitur ini sebenarnya sama, yakni memberikan lampu LED notifikasi saat ada pemberitahuan. Easy Light bisa kamu temukan pada bagian notifikasi dan status di menu pengaturan utama.

Oppo Easy Light

Tes Apakah LED Notifkasi Sudah Aktif

Setelah kamu mengaktifkan LED notifikasi di smartphone Oppo, jangan lupa untuk mengetesnya untuk mengetahui apakah fitur ini berfungsi dengan baik. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, namun saya menyarankan untuk melalui kode *#808# yang sudah disediakan langsung oleh Oppo.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi bernama LED Color Tester yang tersedia di Play Store (download di sini). Cara menggunakannya cukup mudah kok, kamu tinggal memilih warna apa saja yang ada. Jika lampu LED notifikasi di smartphone kamu mendukung warna tersebut, maka dia akan langsung menyala.

Atau bisa langsung coba saksikan video tes dari aplikasi LED Color Tester.

About the author

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga selalu memantau perkembangan teknologi terbaru terutama yang berhubungan dengan gaming

Writer di Gadgetren

Leave a Comment

2 Comments