Tips dan Trik

3 Cara Screenshot di Samsung Galaxy S7 Yang Beda Dari Biasanya

Cara Screenshot Samsung Galaxy S7

Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge merupakan dua smartphone flagship besutan Samsung yang lahir pada tahun 2016. Spesifikasi hardware yang ditawarkan pada kedua smartphone ini pun sangat mumpuni. Namun, tahukah kamu kalau ada yang berbeda dari cara screenshot Galaxy S7 ini?

Seperti yang diketahui kalau smartphone ini menggunakan prosesor Exynos 8890 Octa-core berkecepatan 2,3 GHz, RAM 4 GB, dan penyimpanan internal dengan pilihan 32 GB atau 64 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 256 GB pada Samsung Galaxy S7.

Terlepas dari spesifikasi hardware yang bertenaga, sebagian orang masih bertanya bagaimana cara screenshot Samsung Galaxy S7 ini karena untuk bisa melakukan screenshot pada smartphone ini, caranya tidak bisa sama dengan perangkat Android lainnya yang menggunakan kombinasi tombol power + volume bawah.

Untuk melakukan screenshot pada Samsung Galaxy S7 ini Gadgeter dapat melakukan 3 cara yang sudah ditawarkan oleh pihak Samsung. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan cara screenshot Galaxy S7 maka dapat langsung melihat tutorial yang disajikan sebagai berikut ini.

1. Kombinasi tombol power + home

Cara Screenshot Samsung Galaxy S7 Power Home[sumber gambar : Youtube]

Berbeda dengan smartphone Android pada umumnya yang menggunakan tombol power + volume bawah, untuk smartphone Samsung Galaxy S7 atau S7 Edge dapat melakukan screenshot hanya dengan menekan tombol power + home secara bersamaan dan hasilnya akan disimpan di penyimpanan smartphone. Untuk melihatnya, Gadgeter hanya tinggal mengunjungi aplikasi Gallery.

2. Menggunakan telapak tangan

Cara Screenshot Samsung Galaxy S7 Telapak Tangan[sumber gambar : Youtube]

Selain kombinasi tombol, Gadgeter juga dapat menggunakan telapak tangan untuk mengambil screenshot. Untuk mengaktifkan fitur ini, Gadgeter dapat mengunjungi aplikasi atau menu Settings > pilih menu Advanced Features > aktifkan Palm Swipe to Capture dan Smart Capture.

Selanjutnya, Gadgeter hanya perlu mengarahkan telapak tangan dari kiri ke kanan Samsung Galaxy S7 atau sebaliknya dan secara otomatis smartphone akan menyimpan gambar screensot di penyimpanan internal maupun microSD tergantung pengaturan.

3. Melakukan Scroll Screenshot (panjang)

Cara Screenshot Samsung Galaxy S7 Longshot[sumber gambar : Youtube]

Apabila Gadgeter sedang membuka web atau dokumen tentunya pernah berpikir ingin mengabadikan informasi yang panjang dalam satu gambar sehingga akan dengan mudah diperlihatkan kepada orang lain.

Ternyata dalam Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge terdapat fitur Scroll Screenshot (panjang) untuk menyatukan informasi yang panjang dari web atau dokumen menjadi satu gambar.

Untuk bisa mengaktifkan fitur ini, Gadgeter dapat mengunjungi aplikasi atau menu Settings > pilih menu Advanced Features > aktifkan Smart Capture. Selanjutnya, Gadgeter dapat mengambil gambar screenshot dengan salah satu dari metode kombinasi tombol atau telapak tangan.

Setelah screenshot diambil maka secara otomatis smartphone akan menampilkan menu Capture More, Share, dan Crop. Apabila Gadgeter sedang mengakses sebuah web maka pilih menu Capture More dan scroll halaman web ke bawah dan lakukan secara berulang hingga mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan.

Apabila tidak ada menu Capture More maka namanya telah berganti menjadi Scroll Capture tergantung versi sistem operasi Android pada smartphone. Selamat mencoba.

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Pengguna OnePlus yang suka dengan dunia Gadget dan IT. Sekarang jadi Lead Editor di Gadgetren. Instagram : @awpwebanimator

Leave a Comment