Gadget Smartphone

Huawei P9 vs P9 Lite, Apa Saja Perbedaannya Yang Harus Diketahui?

Huawei P9 Header

GADGETREN – Huawei beberapa waktu lalu sukses meluncurkan duo P9 dan P9 Lite yang menyita banyak perhatian hingga saat ini.

Buat kamu yang tertarik dengan salah satu smartphone ini tentu akan bertanya-tanya, apa sih sebenarnya antara Huawei P9 dengan P9 Lite? Apakah P9 Lite mempunyai konfigurasi dual-kamera juga?

Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut beberapa perbedaan yang harus kamu ketahui saat memili nantara Huawei P9 dan P9 Lite dari Gadgetren.

Kamera

Huawei P9 Camera Leica

Perbedaan paling mendasar antara kedua smartphone ini terletak pada bagian kamera belakangnya. Seperti yang sudah diketahui, Huawei P9 menawarkan konfigurasi dual-sensor kamera 12MP sedangkan P9 Lite hanya memiliki satu buah kamera 13MP saja. Walaupun begitu, dari segi aplikasi kamera keduanya tidak jauh berbeda. Kualitas foto dari P9 Lite memang tidak sebagus saudaranya, namun tetap tergolong sangat baik.

Absennya konfigurasi dual kamera pada Huawei P9 Lite digantikan dengan fitur LED Flash pada kamera depan 8MP. Lampu LED Flash ini dipercaya dapat memberikan pencahayaan yang baik saat mengambil foto selfie di kondisi minim cahaya.

Spesifikasi

Huawei P9 Performa

Huawei P9 Lite dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan P9 tentu akan memiliki perbedaan dari segi spesifikasi. Huawei P9 dipersenjatai dengan chipset HiSilicon Kirin 955 Octa-core berkecepatan 2,5GHz sedangkan P9 Lite menggunakan chipset HiSilicon Kirin 650 Octa-core berkecepatan 2GHz.

Selain itu, Huawei P9 menawarkan RAM 3GB atau 4GB dan P9 Lite menawarkan RAM 2GB atau 3GB sesuai dengan tipe yang dijual. Walaupun di atas kertas performa P9 Lite di bawah P9, namun dalam penggunaan secara nyata P9 Lite tergolong sangat lancar untuk digunakan dalam keseharian.

Keduanya sudah menjalankan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow dengan tampilan antar muka EMUI 4.1. Oleh karena itu kalau melihat dari sisi perangkat lunak tidak ada yang jauh berbeda dan kamu dapat menjalankan aplikasi maupun game terbaru secara lancar.

Desain

Huawei P9 Port

Huawei P9 dan P9 Lite secara sekilas dapat langsung terlihat perbedaan yang sangat mencolok antar keduanya di sisi desain. P9 mempunyai area yang berbeda dari keseluruhan bodi pada bagian belakang atas sebagai tempat terletaknya dual-sensor kamera dengan label Leica kebanggaan mereka sedangkan untuk P9 Lite tidak memiliki hal tersebut.

Penempatan 3.5mm audio jack port untuk menggunakan headset merupakan perbedaan lainnya. Huawei P9 memiliki port audio di bagian bawah dan pada P9 Lite dapat ditemukan di bagian atas. Bukan suatu hal yang terlalu penting, tetapi beberapa pengguna ada yang tidak suka letak port di atas.

Salah satu perbedaan desain lainnya yang sangat mempengaruhi terletak di bagian data port untuk memindahkan data atau melakukan isi daya. Untuk P9 Lite masih menggunakan penghubung microUSB yang merupakan standar sebagian besar smartphone sedangkan P9 sudah menggunakan USB Type-C yang lebih baru.

Penggunaan USB Type-C untuk Huawei P9 tentu akan membuatnya memiliki masa “hidup” lebih lama ketimbang P9 Lite. USB Type-C akan menjadi pilihan utama para vendor kedepannya karena memiliki berbagai kelebihan yang sangat menguntungkan dibandingkan microUSB.


Secara keseluruhan Huawei P9 yang seharga Rp 6.999.000 tentu saja lebih baik dari adiknya, yakni P9 Lite yang seharga Rp 3.299.000. Walaupun begitu kehadiran P9 Lite tidak boleh dihiraukan begitu saja. Buat kamu yang tidak mampu untuk mendapatkan Huawei P9, maka tidak ada salahnya untuk melirik P9 Lite.

Leave a Comment