Berita Featured Gadget

Membedah Infinix House di Indonesia : From Zero to Hero

Infinix House

Infinix Mobility merupakan salah satu vendor smartphone asal Hong Kong yang awalnya sukses di negara kawasan Afrika, yang salah satunya Nigeria. Vendor yang satu ini memulai debutnya di Indonesia pada tanggal 9 Juni 2015.

Infinix Hot Note X551 dipilih menjadi smartphone pertama Infinix Mobility di Indonesia. Salah satu alasannya karena spesifikasi hardware smartphone yang satu ini menarik dengan harga yang terjangkau.

Produk yang satu ini dibekali dengan prosesor MediaTek Octa-core berkecepatan 1,4 GHz, RAM 2 GB, penyimpanan internal 16 GB, dan baterai jumbo berkapasitas 4.000 mAh. Bahkan untuk pasar Indonesia, Infinix melakukan perombakan pada RAM Hot Note X551 yang awalnya 1 GB menjadi 2 GB.

Smartphone Infinix

Smartphone Infinix yang sudah hadir di Indonesia

Bisa dibilang debut smartphone Infinix Mobility yang satu ini mendapat respon positif dari masyarakat Indonesia dan hingga akhirnya Infinix membawa beragam smartphone besutannya, mulai dari keluarga Hot, Note, Hot S, hingga Zero.

Semua keluarga smartphone tersebut dapat diterima masyarakat Indonesia dengan baik. Bahkan Infinix sendiri telah memiliki komunitas pengguna yang bernama X Fans di tanah air.

Demi meningkatkan layanan purna jual dan memberikan pengalaman smartphone terhadap calon pembelinya, pada tanggal 18 Januari 2016 secara resmi meluncurkan Infinix House yang berlokasi di Ruko Roxy Mas Blok E1 No. 5A, Jakarta Barat. Selain itu, Infinix House juga digagas karena menjadi bentuk keseriusan Infinix Mobility dalam melakukan ekspansi pasar di Indonesia yang menjadi target negara Asia pertamanya.

Infinix House Lantai 1

Showroom Infinix House

Nah, karena saya penasaran dengan isi yang ada di dalam Infinix House maka Saya beberapa minggu lalu berkesempatan untuk mengunjungi bangunan ini. Pada lantai pertama, Saya disuguhkan dengan showroom atau ruang pamer berbagai produk Infinix, baik smartphone hingga aksesoris yang telah dijual di Indonesia.

Pada ruang pamer ini pengunjungnya boleh mencoba-coba smartphone maupun aksesoris buatan dari Infinix Mobility sebelum membelinya. Selain itu, pengunjung pun bebas untuk bertanya-tanya mengenai keunggulan, kemampuan, dan harga dari produk Infinix kepada penjaganya. Meskipun begitu, terkadang banyak yang mengira bahwa pada lantai pertama ini merupakan toko penjualan smartphone maupun aksesorisnya.

Infinix House Lantai 2

Service Center Infinix House

Selanjutnya sebelum memasuki lantai kedua, Saya bertemu dengan salah satu tim Marketing dari Infinix Mobility di Indonesia yang bernama Alit Aryadiputra. Bisa dibilang mas Alit ini yang membawa saya tur di Infinix House ini.

Ketika Kita memasuki lantai kedua, CarlCare Service Center dari Infinix yang bekerja sama dengan M-Care. Di sini, pengguna Infinix dapat membetulkan smartphone yang rusak atau memberikan keluhannya seputar permasalahan yang terjadi pada smartphone Infinix miliknya.

Selain itu, Alit juga menjelaskan mengenai layanan purna jual baru Infinix yang telah hadir sejak 28 Oktober 2016, yakni “Pick Me Up Service”. Layanan yang satu ini ditujukan untuk menjangkau pengguna perangkat Infinix yang memiliki jarak cukup jauh mencapai 120 kilometer atau memiliki waktu tempuh lebih dari 2 jam antara tempat tinggal pengguan dengan service center Infinix yang paling dekat.

Nantinya, rincian masalah produk Infinix yang dimiliki pengguna dapat dikirimkan melalui email ke [email protected] Selanjutnya, kurir Infinix aakan langsung menjemput produk yang bermasalah setelah tim Infinix-Carlcare melakukan email konfirmasi balasan kepada pengguna tersebut.

Infinix House Lantai 3

Infinix Office & Meeting Room

Setelah melihat-lihat Service Center di lantai dua yang lengkap dengan tenaga ahli. Akhirnya, Saya memasuki lantai ketiga yang terdapat kantor tim Infinix Indonesia lengkap dengan ruang meeting. Sebenarnya Infinix Mobility sendiri sedang menyiapkan kantor barunya di daerah strategis, seperti Sudirman. Namun sebelum kantor barunya selesai, tim Infinix Indonesia masih akan berkantor di Infinix House ini.

Kemudian, Saya diajak Alit untuk berbincang-bincang di ruang meeting mengenai sejarah Infinix hingga penjelasan produk-produknya yang telah hadir di Indonesia maupun dunia. Perbincangan ini diawali dengan awal sejarah terciptanya produk smartphone Infinx pada awal tahun 2013 dan secara sukses melakukan penjualan di tahun tersebut. Selanjutnya, mulai dari tahun 2014 hingga 2016 telah tercipta produk inovatif dari Infinix yang terdiri dari keluarga Zero, Note, dan Hot S.

Menurut Alit, Brand Infinix sendiri memadukan teknologi dengan fashion sehingga menciptakan sebuah produk yang stylish dan dapat diterima semua orang, namun dengan inovasi teknologi yang selalu baru sehingga memberikan perpaduan yang menarik pada setiap produk Infinix yang diluncurkan ke pasaran.

Smartphone Infinix 2

Contoh Kotak Smartphone Infinix

Dalam beberapa tahun ini, Infinix sendiri telah berhasil merangkul berbagai partner global, seperti Qualcomm, Google, Sony, Sharp, Samsung, Lazada, Facebook, MediaTek, Jumia, Twitter, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, Infinix telah menjadi salah satu smartphone favorit pilihan masyarakat di hampir 21 negara dari 3 benua. Sekilas, Infinix Mobility memantau perkembangannya dari markas besar di Hong Kong dan dikembangkan langsung di Shenzen dengan divisi riset & pengembangan di Shanghai.

Infinix sendiri melakukan penjualan ke konsumen langsung melalui toko online agar bisa terdistribusi kepada berbagai orang dengan efisien. Selain itu, kini Infinix juga bekerja sama dengan mitra toko offline di Indonesia untuk melakukan penjualan produknya agar masyarakat dapat mencoba dan memiliki pengalaman terlebih dahulu terhadap produk Infinix.

Beberapa target konsumer dari Infinix terdiri dari Fashion People, Geek Crowd, High-end Crowd, dan Digital Enthusiasts yang menginginkan produk-produk menarik. Sementara itu, 4 keluarga smartphone Infinix yang telah hadir di Indonesia pun memiliki kategori-kategori segmen yang diincar, seperti :

  • Hot yang ditujukan untuk penggunanya yang menginginkan smartphone dengan spesifikasi baik dengan dana terbatas
  • Note yang ditujukan untuk penggunanya yang menginginkan smartphone layar jumbo ditambah baterai yang tahan lama
  • Hot S yang ditujukan untuk penggunanya yang menginginkan smartphone stylish dengan kemampuan kamera selfie yang bagus
  • Zero yang ditujukan untuk penggunanya yang menyukai smartphone dengan performa bertenaga, kamera yang bagus, serta desain yang menarik

Demi memenuhi TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) Indonesia yang mencapai 30%, Infinix Mobility telah bekerja sama dengan Haier untuk mengembangkan smartphone 4G-LTE yang resmi di Indonesia. Selain itu, Infinix juga sempat membawa perangkat wearable buatannya, Xearphone dan Xband, pada ulang tahun pertamanya di Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 9 Juni 2016.

Infinix House 4

Infinix House

Selain telah mendapatkan publikasi media yang banyak dan memiliki beberapa service center di Indonesia, Infinix juga telah melakukan berbagai aktivitas komunitas, kampus, dan sekolah di tanah air. Bahkan telah mendapatkan berbagai penghargaan di Indonesia.

Melihat perkembangannya yang positif di Indonesia, Infinix Mobility akan terus mengembangkan inovasinya dan melebarkan sayapnya dalam menghadirkan produk-produk yang baru di tanah air.

Leave a Comment

4 Comments