Tips dan Trik Laptop / PC

Touchpad Laptop Tidak Berfungsi? Ini Penyebab dan Solusinya!

Touchpad Laptop Tidak Berfungsi - Header

Gadgetren – Touchpad laptop yang tidak berfungsi dapat dikarenakan oleh banyak faktor. Supaya bisa segera mengatasi masalah tersebut, kita pun perlu mencari tahu solusi yang tepat sesuai penyebabnya.

Touchpad memang menjadi salah satu bagian yang sangat penting pada sebuah laptop. Pergerakan kursor mulai dari memilih menu hingga menggunakan perlengkapan pada sebuah program secara mendasar akan bergantung pada komponen satu ini.

Jika tidak berfungsi dengan baik, kita akan sedikit kesulitan saat mengoperasikan laptop. Kita bakalan susah untuk memilih menu, menggulirkan layar, hingga memakai fitur drag and drop saat beraktivitas sehari-hari.

Kita sebenarnya bisa sedikit lebih tenang jika perangkat yang digunakan sudah mendukung teknologi layar sentuh yang mana dapat difungsikan sebagai pengganti touchpad. Hanya saja sebagian besar laptop masih belum memilikinya.

Mengatasi touchpad tidak berfungsi secara langsung makanya tetap menjadi prioritas utama yang perlu dilakukan saat masalah tersebut datang. Berikut beberapa penyebab dan solusi umum yang bisa dicoba untuk melakukannya.

Penyebab dan Solusi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

Fungsi Touchpad Nonaktif

Meskipun menjadi komponen yang sangat penting, beberapa laptop dilengkapi dengan fungsi untuk mematikan atau menghidupkan fitur touchpad. Jadi kita pun bisa menyesuaikan secara lebih mudah dengan kebutuhan.

Misalnya, kita bisa mematikan fungsi tersebut saat sudah memasang mouse atau memiliki dukungan layar sentuh. Bisa juga dipakai supaya kursor tidak berpindah-pindah meskipun touchpad tanpa sengaja tersentuh saat mengetik dengan keyboard.

Hanya saja perlu diingat bahwa touchpad pun tidak akan bisa digunakan saat fungsi tersebut dinonaktifkan. Maka dari itu, bisa menjadi masalah yang sedikit membingungkan jika kita ternyata mematikannya tanpa sengaja.

Untuk mengatasinya, kita perlu mencari tombol khusus yang berfungsi untuk mematikan dan menghidupkan fungsi tersebut di keyboard. Biasanya akan terletak pada salah satu di antara tombol F1 hingga F12 dengan ikon bergambar touchpad.

Namun tentu saja, kita umumnya tidak akan bisa langsung menggunakan tombol tersebut untuk mematikan atau menghidupkan fitur touchpad. Fungsi utama darinya secara mendasar akan mengikuti tombol terkait.

Supaya bisa mengakses fungsi mematikan atau menghidupkan touchpad, kita biasanya juga perlu mengetuk Function (Fn) dengan tombol tersebut. Jadi misalnya terletak di F5 maka kita nantinya perlu menekan Fn + F5.

Di sistem operasi Windows 10 atau yang lebih baru, kita kini juga bisa mengecek fungsi touchpad di halaman pengaturan. Kita dalam hal ini bisa mengakses Settings > Devices > Touchpad lalu memastikan tombol di dalamnya dalam keadaan menyala.

Driver Usang, Terhapus, atau Belum Terpasang

Touchpad laptop yang tidak berfungsi juga bisa diakibatkan oleh masalah driver. Seperti apa yang kita tahu bersama, sebuah komputer membutuhkan driver untuk menjembatani peranti keras dan sistem operasi.

Jika driver sudah usang, tidak sesuai dengan pembaruan sistem operasi, terhapus, atau sama sekali belum terpasang makanya fungsi dari komponen terkait tidak akan bisa digunakan. Hal ini pun juga berlaku untuk touchpad.

Kita pun perlu mengecek ketersediaan driver, memperbarui, atau memasangnya untuk menyelesaikan masalah ini. Sebagai langkah yang paling mudah, kita bisa memulainya dengan mengunduh berkas paling mutakhir dari laman dukungan dari laptop terkait kemudian langsung menginstalnya.

Konflik Dengan Driver atau Program Lain

Beberapa perangkat keras seperti mouse atau drawing pad memerlukan program dan driver tambahan supaya bisa digunakan. Sayangnya, salah satu dari peranti lunak ini kadang-kadang bisa memicu masalah pada fungsi touchpad bawaan laptop.

Bahkan dalam beberapa kasus, pemasangan driver atau program tambahan ini bisa membuat touchpad laptop menjadi tidak berguna sama sekali. Seolah-olah dinonaktifkan karena bertentangan dengan fungsi yang mereka tawarkan.

Apabila masalah touchpad laptop tidak berfungsi muncul setelah memasang driver atau program dari peranti keras tertentu maka sebaiknya kita segera menghapusnya dulu. Setelah itu, kita dapat menghubungi layanan konsumen dari perusahaan pengembangnya untuk mencari solusi pemasangannya.

Piranti Kerasnya Memang Rusak

Seiring pemakaian, peranti keras sebuah laptop bisa termakan usia sehingga tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Touchpad sendiri termasuk salah satu komponen yang sering mengalami hal ini dengan cepat.

Maka dari itu, kita pun bisa segera membawa laptop ke tempat perbaikan jika touchpad tetap tidak berfungsi setelah mencoba beberapa solusi sebelumnya. Ini untuk memastikan apakah masalah terjadi akibat kerusakan peranti keras atau bukan.

Mengganti komponen tentu diperlukan jika touchpad memang benar-benar rusak. Sebagai solusi lain, kita juga dapat menggunakan mouse tambahan di mana sebagian di antaranya bisa diperoleh dengan harga yang lebih terjangkau.

Tinggalkan Komentar