Tips dan Trik

Kenapa Kamera Laptop Tidak Berfungsi? Ini Alasan dan Solusinya!

Kenapa Kamera Laptop Tidak Berfungsi - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Apabila tidak berfungsi dengan baik, kamera laptop dapat menjadi sebuah hambatan serius bagi seseorang dalam menggelar berbagai macam pertemuan yang kini kebanyakan dilakukan secara daring.

Oleh karena itu selain bisa menggunakan alternatif seperti memanfaatkan handphone sebagai kamera tambahan, kita yang mengalami hal tersebut tentu tetap perlu mencoba berbagai macam cara untuk memperbaikinya.

Kamera laptop yang tidak berfungsi dengan baik untungnya bisa terjadi bukan hanya karena kesalahan peranti keras sehingga memerlukan pergantian komponen, melainkan juga akibat beberapa hal teknis di sisi peranti lunak.

Buat kamu yang sedang mengalaminya, berikut sejumlah alasan kenapa kamera laptop tidak bisa berfungsi dan berbagai macam cara untuk menangani hal tersebut.

Kenapa Kamera Laptop Tidak Berfungsi?

Tombol Belum Dinyalakan

Untuk memberikan tingkat keamanan tambahan agar tidak bisa diakses oleh sembarang orang, sejumlah produsen laptop tercatat menambahkan dukungan berupa tombol fisik untuk mematikan atau menghidupkan perangkat kamera.

Kamu tentu perlu memastikan agar tombol tersebut sudah menyala sebelum mengambil foto atau melakukan konferensi video karena laptop tidak mengenali instalasi kamera dalam kondisi mati.

Letak tombol fisik tersebut tentunya berbeda-beda untuk setiap perangkat. Kamu dapat mencari tahu secara lebih lanjut mengenai hal ini pada buku panduan pemakaian atau halaman bantuan dari situs perusahaan terkait.

Dukungan Kamera Berhenti

Berhentinya dukungan akibat penumpukan beban kerja, bug, hingga kesalahan sistem pun dapat membuat kamera tidak berfungsi dengan baik saat pengguna mencoba mengaksesnya dengan aplikasi tertentu.

Melakukan muat ulang perangkat dapat menjadi solusi pertama saat kamera tidak bisa berfungsi karena hal ini. Namun jika belum berhasil, kamu pun perlu menempuh upaya tambahan seperti memperbarui sistem operasi maupun aplikasi yang dipakai ke versi paling mutakhir.

Izin Aplikasi Nonaktif

Dalam sistem operasi generasi baru, semua jenis aplikasi dan layanan memerlukan izin khusus agar dapat memanfaatkan dukungan kamera untuk mengaktifkan salah satu fitur miliknya.

Pembaruan sistem operasi, pemasangan ulang aplikasi, atau tindakan tertentu sayangnya dapat mengembalikan pengaturan izin ini ke setelan awal sehingga tidak semua layanan akan memperoleh akses ke kamera secara mendasar.

Kamu tentu perlu mengecek setelan ini untuk memastikan bahwa aplikasi yang digunakan memperoleh izin kamera. Pada Windows 10, kamu bisa melakukannya melalui halaman Settings > Privacy  > Camera.

Kenapa Kamera Laptop Tidak Berfungsi - 1

Jika menggunakan aplikasi antivirus dari pihak ketiga, jangan lupa untuk mengecek setelan di dalamnya karena beberapa platform juga mempunyai kemampuan memblokir akses kamera untuk aplikasi demi keamanan privasi.

Driver Kamera Tidak Cocok

Permasalahan kamera tidak berfungsi dengan baik juga bisa muncul akibat ketidakcocokan driver yang menjadi jembatan antara peranti keras dengan sistem operasi maupun aplikasi di dalamnya. Namun seperti permasalahan akibat driver pada umumnya, kamu dapat menyelesaikan hal ini dengan mudah karena hanya memperbarui dukungan kamera ke versi anyar atau mengembalikannya ke versi lawas.

Kenapa Kamera Laptop Tidak Berfungsi - 2

Atau secara langsung, kamu pun bisa mencari dan mengunduh versi driver yang sesuai di mana biasanya tersedia melalui halaman dukungan perangkat dari situs perusahaan terkait.

Kamera Tidak Kompatibel

Tidak sedikit komponen yang dirancang untuk laptop lawas mempunyai dukungan secara terbatas. Beberapa di antaranya bahkan tidak mendukung sistem operasi generasi yang lebih baru. Kamu pun dapat mengecek hal ini meskipun metode yang diperlukan berbeda-beda sesuai jenis laptop dan sistem operasi di mana secara lebih rinci biasanya bisa dilihat di halaman bantuan perusahaan.

Untuk pengguna Windows 10, pengecekan bisa dilakukan dengan membuka Device Manager lalu mencari dukungan kamera terkait di Cameras & Imaging devices atau Sound, video and game controllers.

Kamu selanjutnya dapat menggunakan klik kanan pada dukungan kamera tersebut, memilih opsi Properties, masuk ke tab Driver, kemudian mengetuk Driver Details. Cari file bernama stream.sys.

Kenapa Kamera Laptop Tidak Berfungsi - 3

Jika ada file ini, maka bisa dipastikan bahwa komponen kamera di dalam laptop sebenarnya dirancang untuk Windows 7. Sebagai gantinya, kamu tentu perlu membeli webcam portable apabila masih ingin membuat konferensi video.

Kerusakan Komponen

Sama seperti komponen elektronik pada umumnya, peranti keras kamera di dalam sebuah laptop pun bisa mengalami kerusakan akibat kesalahan pengguna maupun usia pemakaian. Untuk mengatasi hal ini, kamu tentu tidak bisa menempuh jalur lain kecuali membawa laptop ke tempat servis agar komponen kamera diganti atau membeli perangkat tambahan seperti webcam portable.

Tinggalkan Komentar