Advertorial Tips dan Trik

Cara Mengambil Foto Format RAW dengan Kamera Huawei P9

Huawei P9 RAW Header
GADGETREN – Kamu yang para penggemar foto grafi pasti selalu menginginkan hasil foto yang selalu bagus dan indah. Namun, tahukah kamu kalau smartphone juga bisa mengambil foto berformat RAW?

Tidak semua smartphone memiliki kemampuan untuk mengambil foto RAW. Biasanya hanya smartphone yang difokuskan untuk fotografi saja yang disematkan fitur satu ini. Huawei P9 merupakan salah satu smartphone yang bisa mengambil foto dalam format RAW yang sering digunakan oleh para fotografer profesional.

Seperti yang sudah diketahui, Huawei P9 merupakan smartphone pertama yang menawarkan konfigurasi dual sensor kamera belakang yakni, sensor RGB dan Monochrome. Kombinasi kedua sensor tersebut membuat hasil foto dari Huawei P9 lebih detil dan bisa menghasilkan berbagai efek menarik seperti bokeh dan light painting.

Salah satu kelebihan lainnya dari Huawei P9 yang membuat para penggemar fotografi jatuh hati itu terletak di kemampuannya untuk mengambil foto berformat RAW. Dikombinasikan dengan kecanggihan dual kamera Huawei P9 tentunya dapat menghasilkan suatu foto yang benar-benar menakjubkan asal benar menggunakannya.

Huawei P9 RAW Format Setting

Untuk bisa mengambil foto dengan format RAW di Huawei P9 cukup mudah kok, pertama kamu harus mengaktifkan Pro Mode terlebih dahulu di aplikasi kamera dan kemudian geser layar ke kiri untuk menampilkan pengaturan. Selanjutnya kamu tinggal mengaktifkan pilihan RAW Format pada kategori General.

Huawei P9 akan langsung mengambil gambar dalam dua format sekaligus, yakni RAW dan JPEG. Kedua format tersebut akan langsung tersimpan ke dalam penyimpanan internal untuk kamu gunakan nantinya.

Selanjutnya kamu bisa kembali mengambil foto sesuka hati seperti biasanya. Berikut contoh foto yang diambil dalam format RAW menggunakan kamera Huawei P9.

Huawei P9 Contoh Foto RAW

Mungkin kamu bertanya, kenapa harus mengambil foto dengan format RAW? Kalau kamu melihat foto berformat RAW secara kasat mata atau masih awam mungkin tidak akan bisa terlalu membedakannya. Apalagi kamu melihatnya di layar smartphone yang jauh lebih kecil dibandingkan monitor komputer atau laptop.

Kelebihan paling utama dari mengambil foto dengan format RAW terletak dari jumlah informasi yang tersimpan lebih banyak dibandingkan format yang telah melewati tahap kompresi. Hasilnya kamu dapat melakukan penyuntingan lebih leluasa lagi melalui aplikasi edit foto seperti Adobe Photoshop atau GIMP.

Leave a Comment