Featured Review Smartphone

Review ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL : Smartphone dengan Baterai Jumbo 4100 mAh yang Tahan Lama

ASUS merupakan salah satu vendor yang sukses memasuki pasar Indonesia. Salah satu yang berhasil mendorong kesuksesan dari vendor ini, tak terlepas dari smartphone keluarga Zenfone yang hingga saat ini memasuki generasi ketiga.

Hari ini secara resmi ASUS akan meluncurkan smartphone barunya yang memiliki daya tahan baterai lama dan fitur kamera dengan dukungan laser autofocus yang bisa mengunci objek foto dengan cepat, yakni ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL.

Nah, kebetulan tim Gadgetren berkesempatan untuk mencicipi smartphone ini sebelum waktu peluncuran resminya. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan performa, fitur-fitur, dan daya tahan baterainya maka dapat melihat pada artikel review ini. Selain itu, Gadgeter berkesempatan loh mendapatkan 1 smartphone ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL yang cara ikutannya bisa dilihat pada bagian bawah artikel ini.

Desain

Desain Zenfone 3 Max ini terlihat premium dengan bodi yang dilapisi logam, ukuran layar yang mencapai 5,5 inci. Selain itu, garis horizontal yang berkilau di bagian atas dan bawah smartphone memberikan kesan yang menarik. Pada bagian belakangnya terdapat lampu LED Flash, kamera utama 16 MP, pemindai sidik jari, dan sensor infra merah.

Pada bagian depan smartphone, terdapat kamera depan 8 MP, sensor, LED notification, dan tombol navigasi.  Khusus tombol navigasinya berbentuk kapasitif dan tidak disematkan pada bagian dalam layar. Sayangnya tombol ini tidak dilengkapi dengan backlight, namun tombolnya masih lumayan terlihat ketika dalam keadaan gelap atau tak terlihat.

Untuk layarnya, sudah dilapisi kaca lengkung 2.5 glass. Sementari itu, pada bagian kiri smartphone terdapat slot hybrid untuk micro SIM, nano SIM, dan microSD. Pada bagian kanannya terdapat tombol volume dan power. Sedangkan pada bagian atas smartphone terdapat port jack audio dan mikrofon. Terakhir, pada bagian bawahnya terdapat mikrofon juga, port microUSB, dan speaker.

Layar 5,5 inci Full HD

ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL memiliki layar IPS LCD dengan lebar layar 5.5” yang beresolusi 1080×1920 piksel dan memiliki 16 juta warna. Untuk bezel yang dimilikinya bisa dibilang cukup baik dengan ukuran 2.25 mm sehingga menghasilkan body ratio yang mencapai 77,5%, sayangnya border hitam pada bagian pinggirnya cukup mengganggu. 

Dengan hadirnya teknologi IPS pada smartphone ini dapat memungkinkan penggunanya masih dapat melihat gambar dengan jelas pada smartphone hingga sudut kemiringan 178 derajat. Untuk sistem operasinya masih menggunakan Android Marshmallow dengan tampilan antar muka ZenUI 3.0.

Tampilan antar muka ini merupakan buatan ASUS sendiri, menariknya tampilan ini memungkinkan penggunanya dapat merubah tema smartphone atau merubah wallpaper sesuai dengan keinginannya. Untuk mengaksesnya, penggunya dapat membuka aplikasi Themes yang telah disediakan ASUS.

Fingerprint

Mengikuti tren saat ini, ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL telah dilengkapi dengan sensor fingerprint yang terletak pada bagian belakangnya. Bisa dibilang sensor ini memiliki keakuratan dan kecepatan yang bisa dibilang baik.

Dengan hadirnya sensor ini memungkinkan penggunanya dapat membuka kunci smartphone, mengaktifkan aplikasi, mengangkat telepon, menjalankan beberapa fungsi smartphone, dan menjadi tombol pengganti shutter virtual untuk mengambil foto dengan cepat.

Baterai

ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL memiliki fitur utama pada baterainya berkapasitas 4.100 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar ini bisa membuat smartphone dapat bertahan lama. Untuk pengujian ketahan baterainya, Saya membuka jejaring sosial, chatting, menonton Youtube, bermain game, dan terkadang mengedit video.

Hasilnya smartphone ini bisa bertahan sekitar 12 jam hingga baterai mencapai 0%. Sementara melalui pengujian aplikasi benchmark, PC Mark, Saya berhasil mendapatkan ketahanan baterai ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL yang mencapai 10 jam hingga 0%.

Meskipun memiliki fitur Fast Charging, namun pengisian daya baterainya memakan waktu sekitar 3 jam mulai dari kondisi baterai 0% hingga 100% berdasarkan pengalaman yang Saya lakukan. Hal bisa dibilang cukup cepat mengingat baterainya yang memiliki kapasitas sebesar 4.100 mAh.

Performa

Selain baterainya yang menarik, smartphone ini dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 430 Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53, prosesor grafis Adreno 505, RAM 3 GB dan penyimpanan internal berkapasitas 32 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 256 GB.

Untuk mengetahui performanya, Saya melakukan pengujian menggunakan aplikasi benchmark populer yang bernama AnTuTu Benchmark. Setelah melakukan benchmark selama beberapa menit,  skor yang berhasil didapatkan oleh ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL mencapai 44.242 poin.

Review Kamera

Untuk kamera belakangnya, ASUS telah membekali Zenfone 3 Max ZC553KL dengan resolusi 16 MP ditambah aperture f/2.0, Laser Autofocus yang dapat mengunci fokus objek dengan kecepatan 0,03 detik, dan dual-LED Flash. Sementara kamera depanya memiliki resolusi 8 MP.

Dengan kombinasi kamera ini dapat membuat Saya menghasilkan foto belakang maupun foto selfie atau wefie dengan hasil yang baik. Selain itu, kamera utamanya dapat merekam video dengan kualitas Full HD. Tak ketinggalan, kamera ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL ini dilengkapi juga dengan beberapa fitur, seperti HDR, beautify, panorama, time-lapse, dan beberapa efek foto lainnya.

Kamera belakang Zenfone 3 ZC553KL dengan pengaturan Auto

Kamera belakang Zenfone 3 Max ZC553KL dengan efek HDR

LAINNYA

Selain fitur – fitur yang telah saya sebutkan tadi, ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL juga mempunyai fitur menarik lainnya, seperti Tap to Wake, screenshot dengan cara menggoyangkan smartphone, mute telepon dengan membalikkan smartphone (flip), dan Gesture untuk bisa menjalankan beragam fungsi.

Hal yang tidak kalah menarik adalah fitur One Hand yang dapat membuat besar layarnya dapat diatur menjadi lebih kecil agar memungkinkan penggunanya dapat menggunakan smartphone ini dengan hanya menggunakan satu tangan karena beberapa penggunanya ada yang tangannya agak susah menjangkau tombol navigasi dengan satu tangan karena layarnya yang lebar.

Kesimpulan

Setelah Saya menggunakan smartphone ini selama seminggu, bisa dibilang ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL dapat berjalan dengan baik dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Untuk bermain game lama pun bisa dibilang lancar. Tentu saja hal yang paling diunggulkan dalam smartphone ini adalah ketahanan baterainya yang cukup lama.

Tak ketinggalan fitur-fitur menarik lainnya yang hadir dalam perangkat ini, seperti sensor fingerprint, laser autofocus, 3 axis image stabilizer, dan bodi yang dibalut logam dapat membuat smartphone yang satu ini menjadi salah satu pilihan Gadgeter dalam memilih smartphone pada harga Rp 3.099.000

Selain itu, tim Gadgetren punya kabar gembira buat Gadgeter karena Kita akan mengadakan giveaway ASUS Zenfone Max ZC553KL berprosesor Snapdragon 430 Untuk 1 orang yang beruntung. Gadgeter bisa langsung mengikuti caranya di bawah ini :

Gadgetren Giveaway: Asus Zenfone Max 3 (Versi Baru Snapdragon ZC553KL)

Spesifikasi Zenfone 3 Max

WarnaTitanium Gray, Glacier Silver, Rose Pink, Sand Gold
LayarIPS LCD 5,5 inci Full HD 1080 x 1920 pixels
PelindungOleophobic coating
Dimensi151,4mm x 76,2mm x 8,3mm (5.96 x 3.00 x 0.33 in)
Berat175 g
ProsesorQualcomm MSM8937 Snapdragon 430 Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 505
RAM2/3/4 GB
ROM32 GB
microSDYa, hinggga 256 BG
Baterai4100 mAh Non-removable Li-Ion
Kamera Utama16 MP, f/2.0, phase detection & laser autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Kamera Depan8 MP, f/2.2
Sistem OperasiAndroid OS, v6.0.1 (Marshmallow)
Antar MukaAsus ZenUI 3.0
SensorFingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
Kartu SIMmicro-SIM (4G) & nano-SIM (4G)
Jaringan/KonektivitasGSM / HSPA / LTE, Wi-Fi, microUSB v2.0, Bluetooth v4.1
Harga Rp 3.099.000
Summary
Review Date
Reviewed Item
ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL
Author Rating
41star1star1star1stargray

Leave a Comment

7 Comments