Advertorial Tips dan Trik

Cara Membuat Foto Makro dengan Mudah Menggunakan Huawei P9

Selain teknik fotografi bokeh dan light painting, kini makro juga menjadi tren bagi pengguna smartphone di Indonesia. Dengan teknik fotografi makro, pengguna smartphone bisa mendapatkan hasil detail dari sebuah objek dengan mengambilnya secara jarak dekat.

Dengan foto makro ini dapat membuat detail objek terlihat dengan jelas, sementara area sekitarnya menjadi blur. Hal ini mirip seperti bokeh, namun makro lebih unggul dalam detail objek foto yang terlihat sangat jelas. Smartphone masa kini telah menawarkan fitur untuk mengambil foto makro dengan menggunakan aplikasi kamera bawaannya.

Salah satu smartphone yang telah mendukung fitur ini adalah Huawei P9. Produk yang satu ini telah mendukung untuk mengambil foto makro dari jarak dekat, baik menggunakan dua kamera maupun satu kamera utamanya. Berkat kerja sama dengan Leica, hasil foto yang dihasilkan oleh kameranya bisa dibilang bagus.

Foto makro menggunakan satu kamera

Untuk mengambil foto makro dengan menggunakan satu kamera utama, penggunanya cukup membuka aplikasi kamera bawaan dari Huawei P9. Selanjutnya, penggunanya dapat langsung mengarahkan kamera smartphone ke objek secara dekat dan memilih fokusnya langsung pada objek.

Hasilnya, objek akan terlihat detail dan area sekitarnya akan terlihat blur. Bisa dibilang hasil foto dengan menggunakan teknik ini akan terlihat menarik karena detail objek yang difoto akan terlihat sangat jelas.

Foto makro menggunakan mode Pro

Selain itu, penggunanya dapat juga menggunakan mode Pro dengan menggeser tanda panah yang terdapat pada bagian atas tombol shutter dan akan muncul menu-menu manual yang biasanya digunakan para profesional, seperti pengaturan ISO, kecepatan shutter, EV (Exposure Value), fokus, white balance, dan lainnya.

Pada mode ini, hal terpenting yang dilakukan penggunanya adalah mengatur fokusnya agar menjadi manual dengan memiliki fitur bertuliskan MF dan langsung menggeser titik fokusnya agar objek terlihat detail. Selain itu, jangan lupa kalau jarak pengambilan fotonya harus dekat antara objek dengan smartphone.

Foto makro menggunakan dua kamera

Terakhir, penggunanya dapat juga menggunakan dua kamera Huawei P9 untuk mengambil foto dengan teknik makro. Pertama, penggunanya dapat memilih terlebih dahulu logo berlambang shutter yang terdapat pada bagian atas aplikasi kamera bawaan. Apabila logo shutter sudah menyala berwarna oranye maka dua kamera telah aktif.

Selanjutnya, pengguna smartphone ini cukup mendekatkan smartphone dengan objek hingga detail objeknya terlihat dengan jelas dan bisa langsung diambil fotonya. Selain itu, dengan dua kamera ini tingkat blur pada background bisa diatur hingga aperture f/0,95 secara software. Hasil foto makro dengan menggunakan dua kamera ini pun dapat terlihat bagus.

Hasil foto makro mode Pro

Hasil foto makro satu kamera

Hasil foto makro dua kamera

Leave a Comment