Advertorial Tips dan Trik

Cara Membuat Foto Dengan Efek Bokeh Secara Instan dan Berkualitas dengan Huawei P9

Cara Membuat Foto Dengan Efek Bokeh

Kini tren foto bokeh di kalangan pengguna smartphone meningkat dengan pesat. Hal ini karena kemampuan kamera smartphone yang semakin canggih, terutama pada aperture yang memiliki nilai semakin kecil yang berarti bukaan semakin lebar.

Misalnya saja Gadgeter memiliki smartphone dengan kamera yang memiliki aperture f/1.8, tentunya akan bisa menghasilkan gambar bokeh lebih dramatis dibandingkan dengan smartphone yang memiliki aperture hanya f/2.2.

Efek bokeh sendiri kian digemari karena hasilnya yang bisa dibilang menarik, dimana bagian latar atau background pada foto akan tampak blur dan objek foto akan terlihat dengan jelas. Selain hasilnya cantik, tentunya bagi orang yang melihat hasil foto bokeh akan fokus terhadap objeknya.

Sekilas, istilah efek bokeh sendiri berasal dari Jepang yang berarti suatu area yang tidak fokus dalam foto atau bisa disebut blur yang biasanya terdapat pada bagian background. Meskipun hasil background menjadi blur, namun hal ini yang membuat suatu foto menjadi unik dan bisa membuat objek menjadi terlihat dengan jelas.

Salah satu smartphone di dunia yang memiliki kemampuan untuk mengambil foto bokeh dengan sangat mudah dan hasilnya bagus adalah Huawei P9. Smartphone yang satu ini memiliki dual-camera beresolusi 12 MP dengan lensa Summarit Leica dengan aperture f/2.2.

Meskipun aperture yang dimiliki kamera Huawei P9 bukanlah yang terkecil, namun aplikasi kamera bawaan dari smartphone ini memiliki algoritma yang mampu merekayasa aperture mulai dari nilai yang terbesar f/16 hingga terkecil f/0.95. Dengan kemampuan algoritma yang tersemat dalam smartphone ini, penggunanya secara instan bisa langsung menghasilkan foto bokeh yang dramatis.

Untuk dapat membuat foto efek bokeh secara instan dengan menggunakan Huawei P9, penggunanya cukup mengaktifkan fitur dua kamera yang berlambang shutter pada aplikasi kamera bawaan smartphone ini.

Cara Membuat Foto Dengan Efek Bokeh Tes 1

Dua Kamera Huawei P9 Telah Aktif

Selanjutnya, smartphone akan memberikan sugesti kepada penggunanya untuk menentukan titik fokus objek dan jarak terbaik antara smartphone dengan objek mencapai 2 meter. Setelah itu, akan muncul menu berlambang shutter di bagian tengah layar yang dapat mengizinkan penggunanya untuk memilih besarnya aperture yang diinginkan dengan pilihan f/16 hingga f/0.95.

Pengguna cukup menggeser garis yang ada di sebelah lambang shutter yang muncul di bagian tengah layar. Setiap garis digeser maka nilai aperture akan berubah dan pada layar akan muncul efek blur yang semakin dramatis apabila memilih nilai yang paling kecil.

Cara Membuat Foto Dengan Efek Bokeh Tes 2

Setelah penggunanya merasa efek bokehnya cukup, maka foto dapat langsung diambil dan hasilnya secara otomatis akan disimpan di aplikasi Gallery. Meskipun hasil fotonya telah jadi, namun penggunanya masih bisa mengedit fotonya dengan menentukan titik fokus dan besarnya nilai aperture.

Cara Membuat Foto Dengan Efek Bokeh Hasil

Hasil Foto Bokeh Dual-Camera Huawei P9 (Klik Untuk Perbesar)

Selamat mencoba. Bagi Gadgeter yang telah mengabadikan momen – momen foto bokehnya dengan Huawei P9 maka dapat menceritakan pengalamannya pada kolom komentar di bawah ini. Namun kamu juga bisa menanyakan hal terkait foto bokeh di sini.

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Pengguna OnePlus yang suka dengan dunia Gadget dan IT. Sekarang jadi Lead Editor di Gadgetren. Instagram : @awpwebanimator

Leave a Comment