Berita Featured Smartphone

Zenfone AR, Smartphone Pertama ASUS dengan RAM 8 GB dan Teknologi Augmented Reality

Mendekati akhir tahun 2016 banyak beredar bocoran yang mengatakan bahwa ASUS akan mengembangkan smartphone proyek Tango yang bekerja sama dengan Google. Ternyata bocoran tersebut menjadi kenyataan karena pasalnya smartphone Tango besutan ASUS yang bernama Zenfone AR baru saja diperkenalkan dalam ajang CES 2017 di Las Vegas tadi malam.

Fitur yang paling ditonjolkan dalam smartphone ini kemampuan kameranya yang mampu menampilkan proyeksi Augmented Reality (AR) dengan teknologi Tango. Hal ini dapat tersaji berkat kehadiran kamera utama beresolusi tinggi 23 MP dengan sensor Sony IMX318, kamera Motion Tracking, dan kamera Depth Sensing yang mampu membuat diproyeksi dengan lebih bagus dibandingkan Lenovo Phab2 Pro.

Selain itu, smartphone ini juga sudah mendukung Daydream VR Headset buatan Google yang dikenal membutuhkan spesifikasi hardware mumpuni dan sistem operasi Android Nougat. Meskipun telah mendukungan Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR), sayangnya kedua teknologi ini tidak dapat dipadukan secara bersamaan pada Zenfone AR dan hanya bisa ditampilkan salah satu bergantian.

Kamera utama yang beresolusi 23 MP ini telah dibekali dengan aperture f/2.0, OIS (Optical Image Stabilization), EIS (Electronic Image Stabilization), TriTech Autofocus, dan Dual-LED Real Tone Flash yang dapat menghasilkan foto dengan bagus.

Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 8 MP dengan aperture f/2.0, sudut pandang 85 derajat, Autofocus, dan Dual-LED Real Tone Flash yang sudah dapat mengakomodasi foto selfie dan wefie dengan baik.

Dari sektor hardware bisa dibilang sangat mumpuni yang terlihat dengan penggunaan prosesor Qualcomm Snapdragon 821 Quad-core berkecepatan 2,35 GHz, RAM dengan pilihan 6 GB atau 8 GB, dan penyimpanan internal dengan pilihan 32 GB, 64 GB, 128 GB, atau 256 GB yang masih dapat ditambahkan microSD hingga 2 TB. Hal ini membuat Zenfone AR menjadi smartphone pertama di dunia yang menggunakan RAM 8 GB.

Untuk layarnya memiliki lebar 5,7 inci yang berteknologi Super AMOLED dan beresolusi WQHD (2.560 x 1.440 piksel). Dalam meminimalisir terjadinya goresan pada layar, ASUS telah menyematkan kaca anti gores Corning Gorilla Glass 4 pada Zenfone AR. Smartphone ini telah menggunakan baterai berkapasitas 3.300 mAh yang didukung Quick Charge 3.0 sehingga daya baterai dapat diisi hingga 60% hanya dalam waktu sangat singkat 39 menit saja.

Tak ketinggalan, bodi yang dibalut metal, dukungan dua kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE, sensor fingerprint yang disematkan pada bagian depan, sistem operasi Android 7.0 Nougat dengan tampilan antar muka ZenUI 3.0, NFC, jack audio 3,5mm, Audio SonicMaster 3.0 DTS-HD 5-Magnet, dan port USB Type-C 2.0 telah hadir dalam Zenfone AR. Dikabarkan smartphone ini akan hadir pada Q2 tahun 2017. Sayangnya ASUS belum mengumumkan harga resminya.

[Sumber : GSMArena]


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Adhitya Wibawa Putra

Pengguna OnePlus yang suka dengan dunia Gadget dan IT. Sekarang jadi Lead Editor di Gadgetren. Instagram : @awpwebanimator