Smartphone Tips dan Trik

Tips : Cara Ampuh Menghapus Data Android Secara Permanen Sebelum Dijual

Cara menghapus data android secara permanen sebelum dijual

Ketika kita ingin menjual smartphone berbasis Android yang telah tersimpan banyak sekali data pribadi baik itu yang penting sekali atau sekedar data umum, maka sebaiknya kita menghapus seluruh data tersebut sebelum berpindah tangan ke orang lain.

Salah satu cara menghapus data Android sebelum dijual dengan melakukan factory reset, namun hal tersebut tidak menjamin data benar-benar terhapus sepenuhnya. Data pribadi kemungkinan masih dapat dikembalikan seseorang tanpa sepengetahuan.

Seperti yang diketahui, cukup banyak aplikasi atau program yang dapat memulihkan data yang hilang atau terhapus secara gratis, seperti Recuva dengan cukup beberapa langkah saja. Seseorang yang tidak terlalu ahli tentang teknologi bisa dengan mudah melakukannya.

Baca Juga :

Nah pada tips kali ini Gadgetren ingin memberikan cara menghapus data Android secara permanen sebelum dijual agar lebih sulit untuk dipulihkan. Ada baiknya kamu melakukan dua tahap berikut ini sekaligus supaya semakin aman.

Penuhi ponsel dengan data tidak penting

Hal yang paling mudah bisa kamu lakukan yakni dengan mengisi smartphone dengan data “sampah”. Kamu tinggal mengisi penyimpanan internal smartphone dengan data seperti musik, film, atau sejenisnya sehingga data penting kamu sebelumnya telah tertimpa dengan data baru tersebut.

Ketika ada seseorang yang ingin mengembalikan atau memulikan data pribadi kamu, maka hanya data “sampah” tersebut yang ada. Walaupun jika ditemukan data pribadi sebelumnya, data tersebut sudah dalam keadaan rusak atau sepotong dan tidak bisa dibaca.

menghapus data android permanen sebelum dijual sampah

Enkripsi Ponsel

Seperti yang sudah dikatakan, belum tentu semua data yang telah tersimpan di dalam smartphone akan benar – benar terhapus termasuk setelah melakukan factory reset. Oleh karena itu, ada baiknya gunakan fitur enkripsi yang tersedia di Android dan barulah melakukan factory reset.

Hal ini membuat data yang dipulihkan tanpa sepengetahuan kita menjadi berantakan dan orang lain tidak akan bisa melakukan apapun tentang itu. Dengan fitur enkripsi ini kamu jadi memiliki kunci tambahan setiap kali menyalakan smartphone untuk bisa dekripsi sebelum digunakan.

Berikut langkah untuk enkripsi smartphone di Android Marshmallow 6.0.

menghapus data android permanen sebelum dijual enkripsi


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Fauzi Rasyad

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga selalu memantau perkembangan teknologi terbaru terutama yang berhubungan dengan gaming

Writer di Gadgetren