Berita PC

AMD Radeon RX 480 Resmi Hadir di Indonesia, Kartu Grafis Bandel Harga Sangat Terjangkau

AMD Radeon RX 480 Header

Siapa bilang untuk bisa main game dengan VR (Virtual Reality) harus merakit komputer mahal – mahal?

Dalam dunia kartu grafis, saat ini sedang masanya perpindahan dari generasi lama ke generasi baru. Begitu juga untuk AMD yang telah menyiapkan kartu grafis dengan arsitektur Polaris. Oleh karena itu, AMD secara resmi meluncurkan AMD Radeon RX 480 sebagai kartu grafis terbaik yang pernah dibuat oleh AMD di Indonesia.

AMD Radeon RX 480 digadang sebagai kartu grafis dengan harga terjangkau yang sudah bisa menjalankan dan memberikan pengalaman VR sangat baik. Melalui kampanye  “JoinTheRadeonRebellion”, AMD ingin tidak hanya 1% pemilik PC saja yang dapat menikmati pengalaman VR.

AMD berkeinginan untuk mendobrak persepsi bahwa untuk bisa menikmati game dengan kualitas gambar tinggi harus mengeluarkan dana yang cukup besar. Melihat beberapa tahun belakangan ini kartu grafis lini teratas semakin mahal.

Sebagian besar gamer hanya bisa “ngiler” setiap kali kartu grafis baru muncul dan mengharapkan agar harga cepat turun, namun kartu grafis yang lebih baik juga akan dikenalkan. Dengan adanya kartu grafis ini tentu menjadi kabar bahagia dan semoga saja harga kartu grafis akan menjadi lebih kompetitif.

AMD Radeon RX 480 Launching

AMD Radeon RX 480 dari MSI

Di Indonesia sendiri AMD Radeon RX 480 dijual oleh vendor – vendor ternama seperti ASUS, MSI, Gigabyte, Digital Alliance, Sapphire, Power Color, dan HIS. Tentu dengan beberapa modifikasi ciri khas sang vendor, terutama bagian kipas pendingin yang cukup berbeda.

Apa yang membuat AMD Radeon RX 480 lebih spesial?

AMD Radeon RX 480 ini dibuat dengan pabrikan 14nm FinFET yang mampu memberikan berbagai kelebihan dalam hal performa hingga efisiensi. Dibandingkan arsitektur kartu grafis AMD sebelumnya seperti seri Radeon R9 200, kartu grafis ini memberikan performa lebih dari 15% dan efisiensi hingga 2,8x untuk rasio performa/watt.

Belum cukup berhenti di situ dengan semakin banyaknya game yang mengadopsi DirectX 12 dan mungkin Vulkan membuat kinerja AMD Radeon RX 480 jauh lebih baik dari generasi sebelumnya dengan peningkatan mencapai 20-40%.

AMD Radeon RX 480 Performa

Perbandingan RX 480 VS GTX 970

Lihat saja salah satu game terbaru yang dijalankan dalam resolusi 1440p, Hitman, yang mendapatkan peningkatan FPS (Frame-per-Second) lebih dari 40%. Begitu juga dengan Gears of War atau Ashes of Singularity yang bekerja lebih baik hingga 20%.

Dengan menggunakan arsitektur terbaru dari AMD, Polaris, memungkinkan AMD Radeon RX 480 mendukung komputasi asynchronous yang dapat lebih cepat dalam menyelesaikan perhitungan komputasi dalam jumlah sangat banyak.

Seberapa cost efficient sebenarnya AMD Radeon RX 480 ?

Harga AMD Radeon RX 480 sendiri di Indonesia dijual pada kisaran Rp 3.700.000. Dengan harga segitu dia mampu memberikan performa lebih baik dari kartu grafis kelas atas sebelumnya, sebut saja dari kompetitor NVIDIA GTX 970 yang harganya hampir 2x lipat.

AMD Radeon RX 480 Harga

Kartu grafis bandel satu ini memperlihatkan seberapa hebatnya AMD dalam hal memeras performa dengan daya yang tidak terlalu banyak hingga titik terakhir. Ditambah lagi generasi ini masih terbilang sangat baru sehingga tidak menutup kemungkinan AMD Radeon RX 480 akan lebih tangguh dari sekarang nantinya.

Kamu sebagai gamer dapat menikmati game terbaru dan yang akan keluar nanti dengan kualitas gambar tinggi secara lancar. Ditambah kamu juga sudah dapat menikmati teknologi terbaru yang tersedia pada era ini, seperti dukungan Liquid VR hingga teknologi HEVC yang menampilkan gambar video lebih tajam.

Nah bagi kamu yang mempunyai dana terbatas, namun ingin mendapatkan kualitas grafis terbaik dengan tingkat FPS sangat lancar, saat ini tidak ada pertimbangan lagi selain AMD Radeon RX 480.


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Fauzi Rasyad

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut yang suka memantau perkembangan teknologi

Writer di Gadgetren