Berita

AMD Perkenalkan Radeon RX 500X untuk Laptop dan Pre-Built Desktop

Radeon RX500X Header
Gadgetren – AMD untuk beberapa waktu belakangan ini tengah mendatangkan angin segar mulai dari produk Ryzen mereka hingga kartu grafis Radeon Polaris.

AMD baru-baru ini telah memperkenalkan jejeran baru kartu grafis, yakni seri Radeon RX 500X yang diperuntukan bagi para OEM (Original Equipment Manufacturer) baik itu perangkat desktop maupun laptop. Dapat dipastikan kalau lini RX 500X nantinya tidak akan dijual secara bebas untuk konsumen tetapi kamu tidak perlu bingung kalau kamu menemukannya pada perankat sudah jadi.

Radeon RX 500X sendiri tidak terlihat ada perbedaan dari seri RX 500 biasa yang sudah bisa kamu beli. Bisa dikatakan kalau RX 500X ini hanyalah sebuah refresh atau penyegaran ulang terhadap lini yang ada. Pihak AMD sendiri mengatakan kalau RX 500X dihadirkan hanya untuk memastikan kalau kartu berasitektur Polaris ini mendapatkan revisi paling anyar.

Akan ada lima varian yang mendapatkan huruf X di belakangnya, yakni RX 540X, RX 550X, RX 560X, RX 570X, dan RX 580X. Seluruh varian tersebut memiliki spesifikasi yang sama dengan versi desktop RX 500 biasa mulai dari jumlah Compute Units, Clock Speed, Memory Type, hingga Stream Processor. Pastinya lini ini juga akan memanfaatkan Radeon Software Adrenalin Edition yang punya beragam fitur.

Radeon RX500X Table Anandtech[sumber: Anandtech]

Belum diketahui secara pasti kapan RX 500X akan mulai bisa ditemukan di produk-produk terbaru, namun seharunya tidak akan lama lagi. HP Pavilion merupakan salah satu yang pertama menggunakan RX 500X melihat dari bocoran yang didapat dari suatu situs jual beli online.

Dengan munculnya RX 500X ini tentu muncul pertanyaan apakah AMD akan turut menghadirkan generasi terbaru untuk lini kartu grafis bagi para gamer mengingat seri RX 500 hampir bisa dikatakan sebagai sebuah penyempurnaan dari lini RX 400 sebagai generasi awal yang menggunakan arsitektur Polaris.

Sepertinya tahun ini merupakan tahun di mana vendor termasuk AMD lebih berkompetisi untuk menghadirkan produk yang menunjang kebutuhan AI (Artificial Intelligence). Teknologi kecerdasan buatan bekalangan ini berkembang cukup pesat bahkan beberapa smartphone pun sudah mulai menyematkan AI sebagai salah satu fitur utama.

Leave a Comment