Berita PC

AMD Radeon RX 6000 Series Dirilis! Dukung Performa Game AAA Hingga Resolusi 4K

Gadgetren – AMD secara resmi telah meluncurkan kartu grafis AMD Radeon RX 6000 Series di dunia. Produk yang satu ini diklaim AMD mampu menghadirkan performa luar biasa, visual yang terlihat nyata, dan beberapa fitur penting untuk menjalankan game kelas AAA sekalipun.

Dengan desain dan rancangan terbaru, AMD Radeon RX 6000 Series yang terdiri dari kartu grafis AMD Radeon RX 6800, Radeon RX 6800 XT, dan Radeon RX 6900XT diklaim menjadi kartu grafis gaming AMD tercepat untuk saat ini.

AMD Radeon RX 6000 Series dibangun berdasarkan arsitektur gaming AMD RDNA 2 yang inovatif, pondasi baru untuk konsol, PC, laptop, dan perangkat mobile generasi mendatang yang dirancang untuk menghadirkan kombinasi performa dan efisiensi daya yang optimal.

AMD Radeon RX 6000 Series All

AMD mengklaim bahwa arsitektur gaming AMD RDNA 2 memberikan performa hingga dua kali lipat lebih kencang dibandingkan kartu grafis yang dibangun di atas arsitektur AMD RDNA. Bahkan arsitektur terbaru ini memberikan performa per watt hingga 54 persen lebih tinggi daripada generasi sebelumnya dengan menggunakan teknologi proses 7nm yang sama.

Arsitektur AMD RDNA 2 menawarkan beberapa inovasi, termasuk menerapkan teknik hemat daya yang canggih ke unit komputasi performa tinggi untuk meningkatkan efisiensi energi hingga 30%.

Selain itu RDNA 2 memanfaatkan metodologi desain kecepatan tinggi untuk menghadirkan peningkatan frekuensi hingga 30% pada tingkatan daya yang sama, termasuk di dalamnya teknologi AMD Infinity Cache yang memberikan bandwidth per watt hingga 2,4 kali lebih besar dibandingkan dengan desain arsitektur berbasis GDDR6-AMD RDNA.

AMD Infinity Cache juga dapat memberikan performa tinggi dengan cache data last-level yang cocok untuk gaming 4K dan 1440p berlevel detail tertinggi. Ditambah lagi 128 MB cache on-die secara dramatis mengurangi waktu latensi dan konsumsi daya sehingga memberikan performa gaming keseluruhan yang lebih tinggi dan desain arsitektur tradisional.

AMD Radeon RX 6000 Series Design

Kartu grafis AMD Radeon RX 6000 Series telah mendukung teknologi PCIe 4.0 dengan bandwidth tinggi dan dibekali dengan memori GDDR6 16 GB untuk memberikan daya pada beban kerja 4K yang sudah mulai berkembang saat ini dan di masa mendatang.

Produk seri ini telah dilengkapi dengan AMD Smart Access Memory sehingga dapat memberikan prosesor AMD Ryzen akses yang lebih besar ke memori grafis GDDR6 kecepatan tinggi, mempercepat pemrosesan CPU, dan memberikan peningkatan performa hingga 13% pada game tertentu bila dikombinasikan dengan pengaturan overclocking satu klik Rage Mode.

Dibuat untuk chassis standar, kartu grafis seri ini hadir dengan panjang 267mm, 2 x 8-pin konektor daya, dan dirancang untuk beroperasi dengan PSU berkisar dari 650 Watt hingga 750 Watt.

Kartu grafis seri ini memiliki engine Ray Accelerator dengan fungsi tetap berperforma tinggi ke setiap unit komputasi. AMD Radeon RX 6000 Series berbasis AMD RDNA 2 dioptimalkan untuk memberikan pencahayaan real-time, bayangan, dan refleksi nyata dengan DXR.

AMD Radeon RX 6000 Series Game

Pada saat dipasangkan dengan AMD FidelityFX, developer game dapat menggabungkan efek raster dan ray-tracing untuk memastikan kombinasi kualitas dan performa gambar yang lebih optimal. AMD FidelityFX sendiri merupakan sebuah toolkit berbasis open source untuk pengembang game tersedia di AMD GPU Open.

Dengan banyaknya fitur yang ditawarkan, AMD Radeon RX 6800 seharga US$579 atau sekitar Rp 8,2 juta dan Radeon RX 6800 XT seharga US$649 atau sekitar Rp 9,2 juta akan tersedia di retailer global dan AMD.com mulai 18 November 2020. Sementara AMD Radeon RX 6900 XT akan tersedia pada tanggal 8 Desember 2020 dengan harga US$ 999 atau sekitar Rp 14,1 juta.

Tinggalkan Komentar