Smartphone

5 Smartphone Terbaik di Tahun 2015

5 Smartphone Terbaik di Tahun 2015Tahun 2015 sudah resmi berlalu dan tentunya di tahun tersebut terdapat smartphone mumpuni yang telah lahir. Tentunya smartphone mumpuni ini biasanya lahir di kelas flagship dari setiap vendor yang membuatnya.

Nah, bagi pembaca yang penasaran dengan smartphone terbaik di tahun 2015 ini maka saya akan memberikan informasinya sebagai berikut ini.

Apple iPhone 6s Plus

Apple merupakan salah satu vendor smartphone dan komputer besar di dunia. Smartphone kelas atas yang paling baru dari Apple adalah iPhone 6s Plus.

iPhone 6s Plus dinobatkan oleh Antutu Benchmark sebagai smartphone paling bertenaga di tahun 2015 yang terlihat dari skornya yang mencapai 132.620 mengalahkan smartphone lainnya seperti Samsung Galaxy Note 5, Huawei Mate 8, Samsung Galaxy S6 Edge+, dan masih banyak lagi.

Prosesor yang dimiliki oleh smartphone ini hanya Apple A9 Dual-core 1,84 GHz Twister. Ditambah RAM 2 GB dan penyimpanan internal dengan varian 16, 64, atau 128 GB.

Meskipun terlihat spesifikasi hardware yang ditawarkan lebih rendah dibandingkan semua smartphone yang ada di daftar ini. Namun Apple memiliki keunggulan terhadap ekosistem dari sistem operasi iOS dan aplikasinya.

Bisa dibilang sistem operasi dan aplikasi yang dimiliki oleh Apple sangat efisien sehingga dengan menggunakan hardware yang rendah saja mampu menghasilkan performa yang luar biasa. Berbeda dari Android yang membutuhkan hardware tinggi untuk dapat membuatnya lancar dan mulus ketika digunakan.

Kamera belakang yang diusung iPhone 6s Plus ini hanya 12 MP dengan aperture f/2,2, phase auto detection, autofocus, dan dual-LED, namun dapat menghasilkan kualitas foto yang bagus.

Sementara kamera depannya memiliki resolusi 5 MP dengan aperture f/2,2 yang cukup baik dalam menghasilkan foto selfie. Layar yang diusung oleh iPhone 6s Plus memiliki lebar 5,5 inci beresolusi 1920 x 1080 pixel dengna teknologi IPS LCD.

Sony Xperia Z5

Smartphone besutan Sony yang satu ini masuk dalam kategori kelas atas yang terlihat dengan penggunaan smartphone Qualcomm Snapdragon 810 Octa-core, RAM 3 GB, dan penyimpanan internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD 200 GB.

Meskipun menggunakan prosesor Snapdragon 810 yang memiliki rumor cepat panas, namun untuk Xperia Z5 dapat berjalan dengan lancar tanpa mengalami panas sangat tinggi.

Layar sentuh yang diusung smartphone ini memiliki lebar 5,2 inci beresolusi 1920 x 1080 pixel dengan teknologi IPS yang memungkinkan penggunanya masih dapat melihat dengan jelas gambar pada layar hingga sudut kemiringan 178 derajat.

Meskipun smartphone ini dapat bertahan di kedalaman air 1,5 meter dan waktu 30 menit, namun pihak Sony menyarankan agar Xperia Z5 hanya terkena percikan air karena bahannya tidak setangguh Xperia Z3.

Dari sisi kamera, Sony Xperia Z5 memiliki kamera utama terbaik di dunia yang didukung dengan resolusi 23 MP, aperture f/2.0, phase detection autofocus, dan LED Flash membuatnya dapat mengambil gambar dengan bagus.

Sedangkan kamera depannya masih menggunakan resolusi sebesar 5,1 MP dan aperture f/2.4. Kedua kamera ini didukung oleh aplikasi kamera bawaan Sony yang mendukung beragam kreativitas bagi penggunanya dalam menghasilkan foto berkualitas.

Smartphone yang satu ini telah mendukung teknologi 4G-LTE di Indonesia dan tersedia dalam varian dua kartu SIM.

LG G4

Berbeda dengan smartphone flagship lain yang banyak menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 810 Octa-core, LG G4 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 808 Hexa-Core.

Penggunaan prosesor ini tepat karena LG G4 tidak mudah panas. Sementara itu, LG G4 mengusung RAM 3 GB dan penyimpanan internal sebesar 32 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 128 GB.

Smartphone ini juga memiliki kamera terbaik di tahun 2015 yang berbekal kamera belakang 16 MP ditambah aperture yang luar biasa f/1.8, laser autofocus, OIS, dan LED Flash membuatnya dapat menghasil kualitas foto yang bagus.

Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 8 MP dengan aperture f/2.0 yang membuatnya juga dapat menghasilkan foto selfie maksimal. Kameranya sendiri didukung aplikasi kamera bawaan yang lebih dititikberatkan pada fitur manual yang kaya sehingga penggunanya dapat mengambil foto layaknya profesional.

Layar sentuh LG G4 memiliki lebar sebesar 5,5 inci beresousi 2560 x 1440 pixel yang menggunakan teknologi IPS LCD. Selain itu, smartphone ini mendukung dua kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE di Indonesia.

Samsung Galaxy Note 5

Smartphone yang satu ini memang dari generasi sebelumnya dititikberatkan pada penggunaan multitasking yang bertenaga. Hal ini dibuktikan dengan ditambahkannya S-Pen yang membantu fitur-fitur mencatat dengan cepat, menggambar, dan menjalankan aplikasi secara multitasking.

Prosesor Exynos 7420 yang dipercaya sebagai dapur pacunya pun memiliki performa yang bagus. Untuk mendukung prosesornya, Samsung menyematkan RAM 4 GB. Sementara penyimpanan internalnya memiliki varian antara 32, 64, atau 128 GB.

Kamera yang dimilikinya juga mumpuni sama dengan Samsung Galaxy S6 yang mengunakan kamera belakang 16 MP ditambah aperture f/1,9, OIS, autofocus, dan LED Flash yang mampu menghasilkan foto bagus.

Sedangkan kamera depannya beresolusi 5 MP dengan aperture f/1,9 yang dapat menghasilkan foto selfie yang baik. Berbeda dengan LG G4 yang menekankan pada fitur manual, Samsung lebih menekankan fitur auto yang beraneka ragam untuk dapat membuat penggunanya berkreasi terhadap foto.

Layar sentuh yang diusung pada Samsung Galaxy Note 5 ini memiliki lebar 5,7 inci beresolusi 2560 x 1440 pixel dengan teknologi Super AMOLED. Tak ketinggalan, jaringan 4G-LTE di Indonesia sudah didukung Galaxy Note 5.

Samsung Galaxy S6 Edge+

Smartphone yang satu ini merupakan versi jumbo dari Samsung Galaxy S6 Edge. Bagi yang belum mengetahuinya, perbedaan yang paling mencolok secara kasat mata antara Galaxy S6 dengan Galaxy S6 Edge adalah layarnya, dimana Galaxy S6 Edge memiliki pinggiran layar cekung sedangkan Galaxy S6 memiliki layar biasa.

Samsung Galaxy S6 Edge+ memiliki prosesor yang mumpuni yakni Exynos 7420 seperti Galaxy Note 5. Sementara RAM yang dimilikinya sebesar 4 GB dan penyimpanan internal dengan varian 32 atau 64 GB.

Untuk kamera, sama mumpuninya seperti Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 yang menggunakan kamera belakang 16 MP ditambah aperture f/1,9, OIS, autofocus, dan LED Flash yang mampu menghasilkan foto bagus.

Sedangkan kamera depannya beresolusi 5 MP ditambah aperture f/1,9 yang dapat menghasilkan foto di bagian depan dengan baik. Fitur otomatis dari smartphone ini sangat kaya sehingga penggunanya mudah berkreasi.

Samsung Galaxy S6 Edge+ ini memiliki layar sentuh berteknologi Super AMOLED dengan lebar 5,7 inci yang memiliki resolusi 2560 x 1440 pixel. Layarnya sendiri cukup unik karena cembung di bagian kiri dan kanannya.

Smartphone yang satu ini telah mendukung teknologi 4G-LTE di Indonesia.

Leave a Comment