Aplikasi Berita Smartphone

Dapat Update Cyanogen OS 12.1.1 Terbaru, Asisten Pribadi Cortana Resmi Hadir di OnePlus One

Cortana Cyanogen OnePlus One OK

OnePlus One merupakan smartphone yang memiliki spesifikasi hardware yang cukup tinggi dengan harga terjangkau. Sekilas smartphone ini ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 801 Quad-Core, RAM 3 GB, dan varian penyimpanan internal 16 atau 64 GB yang sayangnya tidak dapat ditambahkan microSD.

Selain itu, saya juga menggunakan OnePlus One sebagai smartphone utama untuk aktivitas sehari-hari. Bisa dibilang smartphone ini memiliki performa yang baik selama saya memakainya.

Nah, hari ini saya mendapatkan pesan notifikasi yang memberitahukan bahwa telah hadir update Cyanogen OS versi 12.1.1-YOG7DAS2K1 Incremental untuk smartphone ini.

Sebelum saya memulai update Cyanogen OS, saya membaca terlebih dahulu informasi mengenai update tersebut dan ternyata saya melihat bahwa Cyanogen akan menyertakan juga asisten pribadi besutan Microsot, Cortana, dalam update terbaru ini.

Hal tersebut cukup menyenangkan dan selanjutnya saya langsung menekan tombol Install Update. Proses update akan memakan waktu beberapa menit hingga smartphone kembali restart dan kembali ke tampilan utama Cyanogen OS 12.1.1.

Setelah update selesai, kemudian saya mencari aplikasi Cortana untuk memastikan benar-benar tersedia di update kali ini. Ternyata memang benar aplikasi Cortana telah tersedia.

Menariknya lagi, saya tidak perlu mengganti ke region negara yang mendukung Cortana ini seperti di smartphone Lumia. Sehingga bisa dibilang Cyanogen OS telah membuat Cortana dapat berjalan di region Indonesia walaupun memang masih menggunakan bahasa Inggris untuk interaksinya.

Untuk membuktikan bahwa kemampuan Cortana yang terdapat pada OnePlus One ini sama dengan smartphone Lumia maka saya mencoba memberikan perintah terhadap Cortana.┬áBeberapa contohnya adalah “sing a song” yang membuat Cortana langsung menyanyi dan “tell me a joke” yang membuat Cortana langsung melawak.

Cortana Cyanogen OnePlus One Sing

Cukup menarik karena Cortana ini lebih interaktif dibandingkan Google Voice dalam melakukan interaksinya terhadap pengguna smartphone. Nah, bagi pengguna OnePlus One yang ingin menggunakan Cortana dapat menunggu hingga notifikasi update Cyanogen OS versi 12.1.1-YOG7DAS2K1 muncul.

Sebagai tambahan, menurut kabar yang beredar bahwa Cortana yang terdapat di Cyanogen ini hanya dibuat untuk OnePlus One. Namun kita tunggu saja kabar selanjutnya, apakah Cyanogen akan melakukan bundling Cortana terhadap smartphone lain.

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Pengguna OnePlus yang suka dengan dunia Gadget dan IT. Sekarang jadi Lead Editor di Gadgetren. Instagram : @awpwebanimator

Leave a Comment