Berita

OnePlus One akan Mendapatkan Update Oxygen OS 2.1.4

oneplus one

OnePlus One merupakan salah satu smartphone flagship bertenaga dan harga terjangkau pada saat tahun diluncurkannya. Smartphone yang satu ini memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 801 Quad-core, RAM 3 GB, dan penyimpanan internal dengan pilihan 16 GB atau 64 GB.

Awalnya, ketika OnePlus One pertama kali hadir di dunia telah menggunakan CyanogenMod 11. Namun sayangnya, kerja sama OnePlus dengan Cyanogen harus resmi berakhir ketika Cyanogen secara resmi melakukan kontrak ekslusif di India dengan vendor yang bernama MicroMax.

Kontrak ekslusif ini membuat OnePlus One yang bersistem operasi CyanogenMod 11 tidak bisa masuk ke India karena hanya MicroMax yang boleh menggunakan sistem operasi buatan Cyanogen di India.

Demi mendapatkan pasar yang besar di India, secara resmi OnePlus menghentikan kerja sama yang telah dibangun dengan Cyanogen. Hal ini membuat pihak OnePlus mengembangkan sistem operasi sendiri yang bernama Oxygen OS.

Meskipun sistem operasi Oxygen OS dapat menjalankan smartphone OnePlus dengan baik, namun kemampuannya tidak setangguh sistem operasi besutan Cyanogen seperti CyanogenMod ataupun Cyanogen OS.

Nah, agar pengguna OnePlus One masih mendapatkan dukungan sistem operasi dari OnePlus, maka harus menginstal manual Oxygen OS terhadap OnePlus One. Meskipun begitu, Cyanogen juga masih mendukung sistem operasi untuk OnePlus One walaupun telah tidak bekerja sama lagi dengan OnePlus.

Baru-baru ini OnePlus baru saja mengumumkan bahwa telah memberikan update sistem operasi resmi OnePlus, Oxygen OS, terhadap OnePlus One dengan sistem operasi Oxygen OS 2.1.4.

Jika pembaca sudah menginstal Oxygen OS pada OnePlus maka akan langsung mendapatkan notifikasi update melalui OTA (Over-The-Air). Sementara yang belum, dapat menginstal terlebih dahulu Oxygen OS di OnePlus One.

Tentunya, OnePlus 2 dan OnePlus X telah langsung menggunakan Oxygen OS ketika pertama kali dijual sehingga penggunanya tidak perlu lagi menginstal Oxygen OS.

Namun saya sendiri lebih menyukai Cyanogen OS tersemat dalam OnePlus dibandingkan Oxygen OS karena Cyanogen menawarkan beberapa fitur menarik dan kecepatan dalam sistem operasinya.

[via GSMArena]

Leave a Comment