Berita Tips dan Trik

Begini Cara Menggunakan Cortana Di Windows 10

cortana

Windows 10 yang telah resmi meluncur pada tanggal 27 Juli 2015 datang bersamaan dengan seorang asisten virtual. Asisten yang bernama Cortana ini hadir sebagai untuk membantu kita dalam kegiatan sehari-hari.

Sebenarnya di Indonesia sendiri Cortana belum hadir, dikarenakan Microsoft ingin Cortana disesuaikan dengan kebutuhan setiap negara. Namun, bukan berarti kita tidak bisa mencicipi keahlian Cortana.

Kali ini Gadgetren berbagi tips dan trik untuk bisa menggunakan Cortana, pastikan terlebih dahulu region, bahasa, dan lokasi lokal sama semua. Saya mencobanya menggunakan bahasa Inggris dengan lokasi negara United States.

Setelah Cortana dihubungkan dengan sebuah akun Microsoft, barulah bisa diajak berkenalan. Awal digunakan Cortana akan menanyakan nama panggilan dan ketertarikan kita. Nantinya, semua hal tersebut dapat diatur pada bagian Notebook.

Sang asisten virtual dapat diberikan perintah melalui suara maupun diketik pada box yang telah disediakan. Walaupun kita berbicara dengan artikulasi bahasa Inggris yang kurang tepat, secara otomatis Cortana akan menyesuaikannya asal tidak terlalu nyasar jauh.

Cortana dapat membantu kita dalam memberikan informasi mengenai keadaan cuaca, berita, membuat pengingat, membuka program, dan masih banyak lagi. Hasil pencaharian Cortana nantinya akan disesuaikan dengan riwayat penggunaan kita, mulai dari riwayat penelusuran Internet hingga kegiatan perjalanan.

Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur “Hey, Cortana”, sehingga kita dapat memberikan perintah tanpa perlu menekan tombol input suara terlebih dahulu. Sebagai pembuka coba tanyakan umur Cortana dengan perintah “How Old Are You?” atau suruh bernyanyi dengan perintah “Sing For Me”.

About the author

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga selalu memantau perkembangan teknologi terbaru terutama yang berhubungan dengan gaming

Writer di Gadgetren

Leave a Comment