Berita

2 Aplikasi Chat Milik Facebook Menjadi yang Terpopuler dan Juara di Tahun 2015

Google Play Wajah Baru ok

3 hari yang lalu secara resmi Business Insider merilis infografis mengenai daftar 9 besar aplikasi chat terpopuler di dunia. Dalam grafik tersebut terlihat kisaran jumlah pengguna aktif setiap bulannya dalam angka jutaan.

Untuk itu, saya akan menyajikan grafik mengenai 9 besar aplikasi chat yang paling populer digunakan di dunia sebagai berikut :

Whatsapp dan Facebook

[sumber infografis : Akun Twitter Resmi Business Insider]

Terlihat pada grafik di atas bahwa WhatsApp masih menjadi jawara dengan pengguna aktif setiap bulannya yang mencapai lebih dari 900 juta di Quarter 3 tahun 2015 yang mengalami peningkatan dari Quarter 2 tahun 2015.

Menariknya, WhatsApp melakukan pertumbuhan yang sangat stabil dalam jumlah aktif setiap bulannya. Selain itu, WhatsApp juga berhasil mengalahkan WeChat pada Quarter 2 tahun 2013 dan tidak dapat dikejar lagi oleh WeChat yang memiliki jumlah pengguna aktif setiap bulannya yang secara perlahan.

Sementara, Facebook Messenger menempati posisi kedua dengan pengguna aktif setiap bulannya yang mencapai lebih dari 800 juta di Quarter 3 tahun 2015. Bisa dibilang Facebook memiliki pertumbuhan yang sangat fluktuatif dari Quarter 2 tahun 2014 yang memiliki jumlah pengguna aktif hanya 200 jutaan per bulannya menjadi 800 jutaan di Quarter 3 tahun 2015.

Facebook juga mampu mengalahkan WeChat pada Quarter 4 tahun 2014. Cuma menarik juga persaingan aplikasi chat di 3 besar dimana awalnya WeChat merupakan yang nomor 1 kini harus puas berada di urutan ketiga setelah pertumbuhan WhatsApp dan Facebook Messenger yang cukup pesat.

Satu hal yang membuat Facebook Messenger memiliki jumlah pengguna yang banyak adalah karena bagi pengguna aplikasi Facebook di smartphone wajib menggunakan Facebook Messenger untuk dapat melakukan chat ke sesama pengguna Facebook lainnya.

Sementara di posisi 4 hingga 9 secara berurutan ditempati oleh Viber, LINE, Snapchat, Tango, Kik, dan KakaoTalk.

Persaingan yang menarik. Untuk itu kita lihat saja di tahun depan, apakah yang lain mampu menggusur dua aplikasi chat milik Facebook yakni WhatsApp dan Facebook Messenger.

Leave a Comment