Aplikasi Berita

Opera Max Bisa Pangkas Penggunaan Kuota Smartphone Hingga 50%

Opera-Max

Ingin nonton Youtube tapi takut kuota cepat habis? Atau mungkin lambat saat membuka konten Instagram? Tenang saja kini aplikasi Opera Max dapat membantu para pengguna Android.

Aplikasi ini bukan sebuah web browser melainkan aplikasi pengaturan data. Aplikasi ini bekerja dengan cara saat pengguna membuka sebuah situ, konten yang dituju diambil dan dikompress terlebih dahulu pada server Opera sebelum dikirimkan ke pengguna.

Melalui versi terbarunya kini Opera Max dapat melakukan kompresi untuk video pada Youtube atau Netflix. Kompresi yang dilakukan juga dikatakan tanpa penurunan kualitas yang besar dan juga dapat mengurangi proses buffering saat menonton video apalagi saat jaringan sedang digunakan beramai-ramai.

Pihak Opera mengatakan seberapa besar data yang dikompresi berebeda-beda tergantung apakah pengguna menggunakan jaringan WiFi atau 3G. Besar data yang diterima pengguna dapat terpotong hingga 50%.

Untuk membuktikannya maka saya mencoba Opera Max pada smartphone Android Nexus. Saya coba menonton video Youtube berdurasi 3 menit sebesar 19mb dan hasilnya dikatakan hanya menghabiskan kuota 9mb.

Tentu saya tidak percaya begitu saja, sehingga saya coba langsung cek kuota melalui provider dan ternyata benar hanya menghabiskan 9mb. Jadi dapat disimpulkan memang benar Opera Max dapat menghemat kuota hingga 50%.

Selain itu, aplikasi ini dapat mengatur aplikasi apa saja yang dapat terhubung ke WiFi, 3G, atau yang diberikan penghematan. Aplikasi ini juga bisa melihat berapa besar data yang dihabiskan secara terperinci.

Bagi pembaca yang tertari, Opera Max sudah tersedia untuk di-download pada Google PlayStore.

Leave a Comment