ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Sony Xperia Z3+ – Smartphone Sony Bertenaga Super yang Tahan 2 Hari

Sony Xperia Z3+

Baru-baru ini Sony mengumumkan smartphone kelas atas terbarunya, Sony Xperia Z3+. Sebenarnya smartphone ini awalnya bernama Sony Xperia Z4, namun sayangnya tidak ada perubahan yang signifikan dari Sony Xperia Z3 sehingga pihak Sony memutuskan untuk mengganti namanya.

Casing dari smartphone ini lebih ramping dan ringan dibandingkan Sony Xperia Z3. Hal ini terlihat dari dimensi yang dimiliki Xperia Z3+ adalah 146 x 72 x 6.9 mm dan bobot sebesar 144 gram. Sedangkan Xperia Z3 terdahulu memiliki dimensi 146 x 72 x 7.3 mm dan bobot 152 gram.

Untuk urusan dapur pacu, Xperia Z3+ ini dibekali dengan prosesor Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810 Octa-core (Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2 GHz Cortex-A57). Dalam mengimbangi kemampuan prosesor dari Xperia Z3+, Sony menyematkan RAM sebesar 3 GB. Bagi pembaca yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai spesifikasi lengkap dari Xperia Z3+ ini dapat melihat informasi yang tim saya sajikan sebagai berikut :

  • Layar sentuh kapasitif IPS LCD 5,2″ 1080 x 1920 pixel dengan Scratch-resistant glass dan oleophobic coating for mobile
  • Prosesor Snapdragon 810 Octa-core (Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2 GHz Cortex-A57)
    RAM 3 GB
  • Penyimpanan internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 128 GB
  • Kamera belakang 20,7 MP dan kamera depan 5 MP
  • Konektivitas Wi-Fi, microUSB, NFC, DLNA, Miracast, dan Bluetooth
  • Sistem operasi Android 5.0 Lollipop

Layar yang diusung oleh Xperia Z3+ ini berukuran 5,2 inci dengan resolusi 1080×1920 pixel yang memiliki kerapatan pixel hingga 424 ppi. Untuk teknologi layarnya menggunakan IPS LCD yang memungkinkan penggunanya masih dapat melihat gambar pada layar dengan jelas.

Selain itu, layar dari Xperia Z3+ juga disematkan teknologi X-Reality for Mobile dan TRILUMINOS sehingga menghasilkan warna yang jernih dan nyaman dipandang mata. Untuk pelindungnya, Sony menyematkan Scratch-resistant glass dan oleophobic coating for mobile.

sony xperia z3+ ok

Dalam urusan kamera, Sony menyematkan kamera belakang beresolusi 20,7 MP dengan sensor Sony Exmor RS, aperture f/2.0 dan lensa Sony G 25mm yang dapat menghasilkan hasil foto dengan bagus. Selain itu, untuk kamera depannya menggunakan resolusi sebesar 5 MP yang dapat membuat penggunanya menghasilkan foto selfie dengan menarik. Smartphone ini juga dapat mengambil video beresolusi 4K dengan kamera belakangnya.

Untuk baterainya, Sony hanya menyematkan baterai berkapasitas 2.930 mAh yang lebih kecil daripada baterai Sony Xperia Z3 yang sebesar 3.100 mAh. Namun Sony menjanjikan bahwa daya tahan yang dimiliki Xperia Z3+ ini setara dengan Xperia Z3 selama 2 hari pemakaian biasa, 91 jam mendengarkan musik, atau 580 menit menonton video beresolusi HD.

Sony Xperia Z3+ ini telah mendukung teknologi 4G-LTE Cat 6 yang memiliki kecepatan unduh hingga 300 Mbps dan unggah hingga 50 Mbps. Selain itu, smartphone ini memiliki teknologi NFC yang memungkinkan penggunanya dapat bertukar data hanya dengan saling menyentuhkan kedua Xperia Z3+ secara bersamaan.

Sama dengan semua smartphone kelas atas Sony, Xperia Z3+ ini juga memiliki sertifikat IP68 yang membuktikan bahwa tahan terhadap air hingga kedalaman 1,5 meter dalam waktu maksimal 30 menit. Selain itu, Xperia Z3+ juga memiliki sertifikat IP 65 yang membuktikan bahwa tahan terhadap debu.

Xperia Z3 ini memiliki 4 pilihan warna yang terdiri dari copper, aqua green, hitam, dan putih. Untuk kehadirannya sendiri dikabarkan akan meluncur secara global pada bulan Juni 2015 dan kehadirannya di Indonesia nanti dengan varian yang mendukung dua kartu SIM. Sayangnya pihak Sony belum mengumumkan harga resmi dari smartphone ini.

Bagi pembaca yang tertarik harus bersabar hingga kehadirannya nanti di Indonesia.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar