Smartphone

Perbandingan Smartphone Flagship Xiaomi : Mi Note vs Mi Note Pro

MiNote Pro

Dalam peluncuran smartphone Mi Note, ternyata Xiaomi memperkenalkan juga saudaranya yaitu Mi Note Pro. Bisa dibilang Mi Note Pro memiliki spesifikasi yang lebih mumpuni dibandingkan Mi Note.

Hal ini terbukti dari Mi Note Pro yang telah dibenamkan prosesor Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810 berinti delapan (Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2 GHz Cortex-A57) yang lebih cepat dan baru dibandingkan Mi Note yang dibenamkan prosesor Qualcomm Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801 Quad-core 2.5 GHz.

Untuk mengetahui spesifikasi hardware lengkap dari kedua smartphone ini pembaca dapat melihat informasi yang tim Gadgetren telah sajikan sebagai beria

Mi Note Pro vs

Terlihat lebar layar yang digunakan oleh Mi Note Pro dan Mi Note sama-sama menggunakan 5.7 inci. Namun resolusi yang Mi Note Pro gunakan adalah sebesar 2560×1440 pixel yang lebih tinggi daripada Mi Note yang hanya menggunakan resolusi 1920×1080 pixel.

Selain itu, kerapatan pixel dari Mi Note Pro adalah 515 ppi yang lebih tinggi juga dibandingkan Mi Note yang mempunyai kerapatan pixel sebesar 386 ppi. Tak ketinggalan, kedua smartphone ini menggunakan pelindung Corning Gorilla Glass 3 yang dapat meminimalisir terjadinya goresan pada layar.

MiNote all

Tentunya grafis yang digunakan Mi Note Pro adalah Adreno 430 yang lebih tinggi dan baru dibandingkan Mi Note yang menggunakan Adreno 330. Untuk RAM, Mi Note Pro menggunakan besar 4 GB yang lebih besar dibandingkan Mi Note yang memiliki besar RAM 3 GB.

Penyimpanan internal yang ditawarkan Mi Note Pro adalah 64 GB. Sedangkan Mi Note terdapat dua pilihan yang terdiri dari 16 atau 64 GB. Sayangnya kedua smartphone ini tidak dilengkapi dengan fitur untuk menambahkan penyimpanan menggunakan microSD sehingga sebaiknya pembaca memilih smartphone dengan kapasitas penyimpanan internal yang tinggi.

Kamera utama yang diusung pada Mi Note maupun Mi Note Pro sama-sama menggunakan sensor Sony yang memiliki resolusi sebesar 13 MP. Sedangkan kamera depannya sama-sama menggunakan resolusi 4 MP dengan teknologi 2-micron pixel.

Ternyata baterai yang digunakan kedua smartphone ini hanya memiliki kapasitas sebesar 3000 mAh. Namun kedua smartphone ini dilengkapi dengan teknologi Quick charge 2.o yang memungkinkan pengisian baterai hingga 60 persen hanya dalam waktu 30 menit saja.

Kedua smartphone ini juga telah dilengkapi dengan teknologi penggunaan dua kartu SIM bersamaan yang terdiri dari slot kartu SIM mikro dan kartu SIM nano. Untuk Mi Note Pro menggunakan teknologi 4G-LTE Cat9 yang mempunyai kecepatan unduh hingga 450 Mbps dan unggah hingga 50 Mbps. Sedangkan Mi Note menggunakan teknologi 4G-LTE Cat4 yang mempunyai kecepatan unduh hingga 150 Mbps dan unggah hingga 50 Mbps.

Dual SIM Minote

Sistem operasi yang disematkan pada Mi Note adalah MIUI 6 yang merupakan modifikasi dari Android 4.4.4 KitKat. Sedangkan Mi Note Pro menggunakan sistem operasi MIUI 6 yang merupakan modifikasi dari Android 5.0.1 Lollipop. Kedua smartphone ini akan mendapatkan dukungan peningkatan Android terbaru dari Xiaomi.

Secara keseluruhan, apabila dilihat dari perbandingan spesifikasi hardware kedua smartphone ini terlihat Mi Note Pro lebih unggul dibandingkan Mi Note. Sedangkan dilihat dari harga, tentunya Mi Note menawarkan harga yang lebih unggul dibandingkan Mi Note Pro.

Harga yang ditawarkan oleh Xiaomi ketika dijual di Tiongkok adalah sebesar 2299 Yuan atau sekitar 4.6 juta Rupiah untuk Mi Note dengan kapasitas 16 GB, 2799 Yuan atau sekitar 5.6 juta Rupiah untuk Mi Note dengan kapasitas 64 GB. Sedangkan Mi Note Pro akan dibanderol dengan harga 3299 Yuan atau sekitar 6.7 juta Rupiah.

Untuk kehadirannya di Indonesia sendiri belum dapat dipastikan karena belum ada pengumuman resmi dari pihak Xiaomi. Selain itu, harganya akan berbeda ketika memasuki pasar Indonesia.


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Adhitya Wibawa Putra

Lead Editor di Gadgetren