ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Unik Wearable

Asus Zenwatch – Smartwatch Pertama Asus

asus zenwatch

Maraknya smartwatch di dunia membuat vendor asal Taiwan, Asus, juga ikut meramaikan. Dalam acara IFA 2014 yang berlangsung di Berlin secara resmi Asus memperkenalkan smartwatch terbarunya, Asus Zenwatch. Bisa dibilang ini merupakan produk smartwatch pertama yang diperkenalkan oleh Asus.

Asus Zenwatch ini menggunakan sistem operasi Android Wear milik Google. Untuk sistem operasinya sendiri telah banyak digunakan oleh vendor-vendor dunia seperti Samsung, Motorola,  dan LG.  Tentunya dengan adanya smartwatch ini dapat menunjang smartphone, dan memantau aktivitas sehari-hari yang dilakukan penggunanya.

Untuk mengetahui spesifikasi teknis lengkap dari Asus Zenwatch ini pembaca dapat melihat informasi yang saya sajikan sebagai berikut.

  • 1.63″ 320×320 Layar Sentuh Amoled yang dilinfungi Corning Gorilla Glass 3
  • Prosesor Qualcomm Snapdragon 400 1,2 GHz
  • RAM 512 MB
  • Kapasitas penyimpanan internal 4GB
  • Konektivitas MicroUSB dan Bluetooth 4.0
  • Sistem operasi Android Wear

Untuk ketahanan dari layar dari Asus Zenwatch ini sendiri telah dilindungi Corning Gorilla Glass 3 yang akan membuat penggunanya tidak perlu khawatir dengan goresan yang terjadi apabila bersentuhan dengan benda keras secara tidak sengaja. Selain itu, smartwatch ini sendiri tahan terhadap air yang telah teruji dengan memiliki sertifikat IP55.

Untuk menghubungkan Asus Zenwatch dengan smartphone menggunakan teknologi Bluetooth.  Setelah penggunanya telah berhasil menghubungkan antara Zenwatch dengan smartphone, maka akan mendapatkan beberapa manfaat yang menarik.

Zenwatch ini dapat berfungsi sebagai jam tangan gaya baik itu menjadi digital maupun analog. Smartwatch ini pun dapat menerima notifikasi SMS, sosial media, maupun telepon yang diterima oleh smartphone.

Apabila penggunanya merasa terganggu dengan adanya panggilan telepon masuk, maka Zenwatch memiliki fitur yang dapat langsung mematikan suara panggilan telepon. Selain itu, smartwatch ini dapat menjadi pengendali jarak jauh untuk kamera smarptohne, atau presentasi. Selain itu, Zenwatch memiliki fitur yang dapat mencari smartphone ketika tertinggal.

Untuk melihat tingkat kesehatan penggunanya, smartwatch ini memiliki fitur yang dapat menampilkan statistika mengenai kesehatan ketika beraktivitas mulai dari kalori yang terbakar, durasi aktivitas, detak jantung, intensitas olahraga, dan tingkat relaksasi.

Dari segi bentuk fisik bisa dibilang Asus Zenwatch ini mirip dengan desain jam analog klasik sehingga membuatnya tampak elegan. Selain itu, tali dari jam Asus Zenwatch ini terbuat dari kulit. Untuk warnanya sendiri terdiri dari perak serta mawar emas pada bagian jam, dan coklat pada bagian tali.

Harga yang dibanderol untuk Asus Zenwatch saat peluncuran di IFA 2014 ini senilai 199 euro atau Sekitar Rp 3.100.000

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar