Smartphone Unik

Jolla – Smartphone Bersistem Operasi Sailfish OS akan Berlabuh di Hong Kong

jolla

Sailfish OS merupakan sistem operasi yang dikembangkan dari sistem operasi Meego dan Mer secara independen. Dalam hal ini Sailfish OS akan dibenamkan dalam smartphone sendiri tanpa tergantung vendor besar lainnya. Beberapa waktu lalu smartphone bersistem operasi Sailfish OS, Jolla, telah dirilis dan dijual di benua Eropa.

Bisa dibilang smartphone Jolla ini mengusung tampilan antarmuka yang menarik serta berbeda dengan sistem operasi kebanyakan dan memiliki desain casing yang cukup menarik dimana casing belakangnya dapat diganti-ganti dengan pilihan warna yang dapat dibeli di toko Jolla

Menariknya Jolla ini dapat menjalankan aplikasi bawaan untuk Sailfish OS dan aplikasi Android sehingga penggunanya nanti tidak perlu repot dalam mencari aplikasi yang dibutuhkan untuk sehari-hari.

Jolla ini dilengkapi Qualcomm SnapDragon 400 Dual Core 1.4GHz, RAM sebesar 1 GB, dan kapasitas penyimpanan internal 16 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 64 GB.

Untuk spesifikasi teknis lebih lengkap dari Jolla ini pembaca dapat melihat informasi yang disajikan sebagai berikut.

  • 4.5″ 540 x 960 layar sentuh kapasitif LCD IPS dilindungi Corning Gorilla Glass 2
  • prosesor Qualcomm SnapDragon 400 Dual Core 1.4GHz
  • RAM 1 GB
  • kapasitas penyimpanan internal 16 GB dapat ditambah microSD hingga 64 GB
  • kamera belakang 8 MP dan kamera depan 2 MP
  • konektivitas NFC, Wi-Fi, Bluetooth 4.0, dan microUSB 2.0
  • Sistem Operasi Sailfish OS v 1.0 yang dapat diperbarui hingga versi 1.5

Layar dari smartphone ini menggunakan teknologi IPS yang memungkinkan penggunanya dapat melihat gambar pada layar smartphone dengan jelas hingga sudut kemiringan 178 derajat. Selain itu, Smartphone ini memiliki pelindungi layar berteknologi Corning Gorilla Glass 2 yang membuat tahan terhadap goresan.

sailfish os

Untuk kapasitas penyimpanan internal dari smartphone ini mempunyai besar 16 GB yang terbilang cukup lega untuk menyimpan berbagai aplikasi dan data. Selain itu, smartphone ini memiliki teknologi NFC yang memungkinkan antar penggunanya dapat saling bertukar data hanya dengan saling menyentuhkan kedua perangkat secara bersamaan.

Smartphone ini sudah dijual di Eropa termasuk Finlandia, Swiss, dan Norwegia. Untuk harga yang dibanderol pada Jolla ini adalah sebesar 349 euro. Dalam informasi yang dilansir dari situs resmi Jolla dikabarkan smartphone ini akan memulai langkahnya di Asia dengan mengunjungi Hong Kong terlebih dahulu pada tanggal 12 Agustus 2014.

Bagi pembaca yang ingin membelinya di Indonesia harus sedikit bersabar karena belum diinformasikan secara resmi oleh pihak Jolla.


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Adhitya Wibawa Putra

Lead Editor di Gadgetren